Macam-macam Plugin Wordpress Ter-aman dan SEO friendly

Macam-Macam Plugin Wordpress yang Wajib ada di Blog Wordpress


Plugin Wordpress yang wajib sahabat instal di dalam website atau blog wordpress sahabat jangan sampai sahabat salah memasang plugin karena akan mempengaruhi SEO website sahabat berikut adalah koleksi beberapa plugin wordpress yang selama pengalaman saya mengelola beberapa blog wordpress selama bertahun-tahun di blog saya yang satu lagi dan selalu saya pakai. Saya merasa nyaman menggunakan plugin Wordpress dalam daftar lugin berikut ini secara terus menerus di beberapa blog saya untuk memudahkan beberapa hal seperti meningkatkan SEO, mengatasi komentar spam, melihat statistik situs dan sharing artikel, memasukan banner iklan dan juga backup file dan database blog saya secara otomatis.




1. Plugin Wordpress Wajib Instal -SEO


SEO adalah usaha kita untuk memeperbaiki posisi kita di halaman pencarian (SERP) mesin pencari internet, Google orientasinya ada banyak plugin SEO yang bisa kita pakai namun optimasi ini, dua di antaranya ada di bawah ini, jadi simak dan baca secara lengkap dan sampai akhir agar sahabat mengetahui mana plugin yang benar-benar berguna bagi website wordpress sahabat selamat membaca.


  • Wordpress SEO oleh Yoast
Kalau bicara tentang plugin SEO wordpress, rekomendasi yang paling utama saya adalah Wordpress SEO oleh Yoast, ini adalah sebuah plugin yang memberikan improvement yang sangat berarti baig optimasi on page SEO saya selama ini, saya sangat terbantu unutk selalu fokus menulis dengan tanpa kehilangan fokus pada kata kunci tujuan saya dan kualitas artikel berkat bantuan Yoast SEO plugin ini.

Selain itu, plugin ini juga memeberikan integrasi dengna media sosial seperti Facebook dan Twitter dengan menambahkan mark up Facebook open Graph meta data, Twitter card juga Google plus authoship mark up. Plug in ini juga memeiliki XML sitemap generaator, permalink improvement, dan juga breadcrumb yang sangat membantu boot search engine dan pembaca blog seperti yang ada di atas judul posting ini.

  • SEO Ultimate

Satu plugin yang sudah memiliki banyak fungsi, itu saya sukai dari Yoast SEO plugin SEO yang serupa dengan Yoast SEO menurut saya adalah SEO Ultimate, saya memakainya di situs blog saya yang satu lagi karena tidak ingin bergantung penuh dengan plugin Yoast, kelebihan plugin ini dari plugin Yoast adalah tampilan dashboard yang lebih sederhana dan kemudahan dalam menampilkan Schema creator.

Apa itu Schema ? itu adalah sebuah mark up HTML yang memeberi tahu mesin pencari tentang artikel kita, misalkan artikel kita tentanf review, kita bisa memberikan rangking atau rating yang akan di tunjukan dengan jumlah bintang di SERP, kalau tentang sebuah acara, kita juga bisa memberi tahu mesin pencari tentang kapan dan dimana acara tersebut berlangsung bisa dilihat di Scherma.org untuk info lengkapnya.

Selain itu masih ada code inserter yang memudahkan dalam memsaukan script-script pada bagian tertentu blog kita, tidak perlu repot jika kita ganti themes, deeplink juggernaut juga membantu memasukan link pada frase tertentu dalam posting sehingga kita bisa lebih optimal dalam membuat artikel review dengan link affiliasi misalnya, mirip dengan SEO SmartLinks dan yang tidak kalah ada fitur tombol sharing ke social media juga.


2. Plugin Wordpress wajib Instal- Statistik dan Sharing


Setelah tulisan kita teroptimalisasi dengan beberapa Wordpress SEO plugin wajib instal tadi, sekarang waktunya kita melihat perkembangan blog kita dengan melihat statistik yang ada Jetpack adalah plugin kita pada kategori ini

  • Jet Pack by Wordpress

Jet pack adalah sebuah bundling plugins dari developer Wordpress yang berisikan beberapa plugin yang sangat membantu dalam dunia blogging, dalam settingannya setiap plugin bisa di hidupkan dan di matikan sendiri-sendiri. Wprdpress Stats adalah sebuah plugin yang ada di dalamnya yang sangat berguna untuk melihat statistik blog, mulai dari jumlah pengunjung, website referal, artikel yang di baca, kata kunci dari mesin pencari dan link yang di klik pembaca blog bisa kita ketahui dari plugin ini.

Selain statistik, dengan jetpack kita juga bisa dengan mudha menambahkan tombol-tombol sharing ke media sosial dan membagikan tulisan begitu di publish, membuat langanan blog, mobile theme, koreksi granmar, dan masih banyak lagi.

  • WP SlimStat dan Google Analyticator

Salah satu blog saya menggunakan plugin ini untuk menampilkan statistik blog, WP SlimStat memiliki bebrapa data yang lebih lengkap dari worpress stat seperti negara pengunjung, ip dan banyak lagi, tapi saya kadang merasa terlalu lengkap dan mengarah pada membingungkan, makannya saya juga menggunakan Google Anlyticator, dan plugin khusu sharing tidak ada, saya memaki moduke dari SEO Ultimate tadi saja.

3. Plugin Wordpress Wajib Instal - Komentar


Kita juga perlu menginstal plugin yang berkaitan dengan komentar, hal ini terkati dengan melindungi blog dari spam dan membangun komunitas blog atau website yang lebih besar denngan mendorong user berkomentar.

  • Growmap Anti Spambot Plugin

Growmap anti spambot plugin adalah plugin yang akan memeberikan sebuah chek box tambahan di bawah kolom komentar untuk verifikasi bahwa user tersebut benar-benar orang, spam bot cenderung melawatkan chek box ini sehingga blog jadi lebih aman. Saya lebih suka plugin ini dari pad plugin lain yang menngunaka chaptca karena kaang chaptca memberikan penglaman menyusahkan bagi pembaca dengan smartphone, plugin lainnya yang sangat populer adalah Askimet yang sudah termasuk ke dalam tiap instal Wordpress.

  • ComentLuv

Dibuat oleh developer yang sama dengan GASP, jika berkomentar pada blog yang memilik ComentLuv, postingan terkahir blogger lain akan secara otomatis di muncukan dalam komentarnya, ii adalah seuah trigger yang efektif untuk mendorong blog lebih ramai dengan komentar.

Jetpack juga memiliki sebuah module tentang komentar ini yang menjadikan kolom komentar blog kita menjadi seperti kolom komentar blog gratis di wordpress.com, ini juga bisa di pakai karena memudahkan user-user plugin lain yang juga populer adlaah Disqus, tapi saya rasa untuk blog personal dan berpengunjung sedikit hingga sedang kurang sesuai.


4. Plugin Wordpress Wajib Instal - Periklanan


Setelah SEO sudah siap, statistik terlihat jelas dan kita tidak di bayang-bayangi komentar spam di blog, mungkin waktunya kita mencoba untuk memasang iklan, satu plugin yang saya sangat senangi adalah 


  • Ad Injection

Dengan plugin Ad Injection ini kita bisa menambahkan iklan pada hampir semua bagian penting website atau blog kita yang berpotenasi diklik, bahkan pada bagian yang tidak ada widget di themes yang kita pakai bisa di tambahkan iklan dengna plugin ini.

Terlebih posisi iklan bisa kita rubah-rubah sesuai dengan keinginanan kita semisal di bawah judul tulisan bisa di kanan, di tengah, atau kanan dari paragraf. Masih kurang mantap bisa juga iklan tersebut kita buat random (acak) iklan dari penyedia yang berbeda bisa kita taruh di tempat yang sama dan akan muncul secara bergantian (bisa di atur perbandingannya).



5. Plugin Wordpres Wajib Install- Backup


Bad thing happen, walau kita tidak pernah menghrapakan hal ini terjadi tapi sering kali hal buruk terjadi pada website atau blog kita, maka di sinilah pentinggya kita memiliki backup dari blog atau website kita sendiri.

  • Google Drive for Wordpress

Google Drive for Wordpress adalah sebuah plugin yang akan secara rutin membackup home di rektori dan database kita ke Google Drive, jadi sewaktu-waktu ada masalah kita sudah ada dta yang di cadangkan tentang blog atau website kita sendiri dana kalau daa plugin Wordpress untuk backup lain yang menraik dan banyak di pakai oleh blogger adalah Wordpress Backup to Drpobox, inline backup for wordpress, dan simple backup plugin for wordpress.

Demikianlah itu beberpa plugin yang dapat saya sarankan untuk sahabat yang sedang mencar-cari plugin wordpress, plugin wajib instal ini memang sangat membantu dalam hal blogging, saya sangat menyarankan sahabat unutk mencoba salah satu dari plugin yang saya sarnakan di atas. Namun dalam mengisntal plugin pelru juga di perhatikan tentang performa server, semakin banyak plugin tertinstal maka akan semakin lambat loading website atau blog wordpress itu sendiri, oleh karenanaya saya memilih beberapa plugin wordpress wajib di instal yang memiliki berbagai fungsi sekaligus seperti Yoast SEO, SEO Ultimate dan Jetpack selamat mencoba dan sampai berjumpa di lain kesempatan.

1 comments:

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon