Kisah Pendiri Alibaba dari Guru Miskin Kini Menjadi Orang Terkaya di Tiongkok

Kisah pendiri Alibaba dari Guru Miskin Kini Menjadi Orang Terkaya di Tiongkok



From zero to hero mungkin hanya ungkapan itu yang tepat di berikan unutk jack ma karena hanya butuh waktu semalam, ia di takdirkan menjadi orang terkaya nomor satu di china atau negri Tiongkok.

Jack ma dahulu adalah seorang guru bahasa inggris di negri tiongkok ini kemudian berubah menjadi seorang miyarder nomor satu di negara tersebut dan masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia urutan ke 26 berikut usahanya yaitu Alibaba.com yang sukses dalam penawaran saham perdana atau IPO (initial public Offering) pertama yang kemudian membawanya menadi orang kaya baru. sebelum mendirikan bisnisnya yaitu Alibaba.com founder atau CEO dari alibaba.com ini dahulunya hanya seorang guru bahasa Inggris dimana sebelum menjadi guru dia sudah puluhan kali mendaftar pekerjaan namun selalu di tolak, ia mendaftar menjadi karyawan di KFC, namun dari 27 yang mendaftar hanya 26 yang di terima, dimana hanya dia satu-satunya yang tidak di terima. Bahkan 30 perushaan yang dia lamar namun semua perusahaan tersebut menolak lamarannya hal itulah yang membuat dia berubah haluan menjadi guru bahasa inggris di karenakan ia fasih daam berbahasa Inggris selain bahasa mandarin.



Kehidupan Jack ma pendiri Alibaba.com


Jack Ma atau Ma Yun lahir di Hangzhou, provinsi Zhejing, China pada tanggal 15 oktober 1964, Jack Ma tumbuh di lingkungan penduduk yang sederhana di Hangzhou pada 1980-an saat itu, China baru membuka diri terhadap bangsa barat semasa hidupnya dia harus berhadapan dengan berbagai masalah.

Ma di tolak di setiap sekolah, tempat di ingin belajar, bahkan sejak sekolah dasar dai sudah menerima penolakan karena ujian matematikanya yang tidak begitu baik. Tapi Ma bertahan dan melaluinya sejak usia 12 tahun hingga 20 tahun dia mengendarai sepedanya selama 40 menit ke hotel di mana di dapat belajar bahasa inggris.

Delapan tahun bergaul bersam banyak turis asing benar-benar mengubah cara pandangnya mengenai hidup. Ma merasa dirinya berfikir lebih global di bandingkan kebanyakan penduduk China lainnya, apa yang  di ceritakan para turis sangat berbeda dengna semua yang di pelajari Ma dari para guru dan buku di sekolah.

Ma pertama kali menggunakan internet pada 1995 saat dia mencari kata "Beer" dan China tapi saat itu, Ma tidak menemukan hasil pencarian yang di harapkan melalui internet, berbekal rasa penasaran dia lantas mencipatkan laman website untuk jasa terjemahan bahasa China dengan seorang teman hanya dalam beberapa jam saja, dia menerima banyak surat elektronik (email) yang cukup membantunya membangun situs website tersebut.


Mendirikan Alibaba.com


Kejadian itulah yang kemudian menjadi faktor pemicu dirinya membangun sebuah alibab Group empat tahun kemudian, kini Alibaba merupakan retailer online terbesar di China dan berada di posisi kedua dunia setelah wal-mart, dai bahkan mengawali karirnya hanya sebagai guru bahasa inggris meski demikian perannya di alibabab selalu menempati posisi strategiss utama.

Situs pertamnya, Alibaba.com merupakan tempat pertama yang menghubungkan para eksportir China dengan para pembeli di luar negeri, perusahaanya juga mampu dengan cepat menarik para investor saat ini Alibaba tenagah berniat mengalahkan eBay, situs jual beli online yang bermarkas di Amerika Serikat (AS), Berkat kegigihannya dua situs Alibaba, Taobao Marketplace dan Tmail.com kini mendominasi sistem portal pengiriman China.

Tanpa berbekal pengetahuan sedikitpun di bidang teknologi dan komputerisasi, jack ma ternyata mampu menjadi pendiri retailer online terbesar di China, Alibaba Group, berkat bisnisnya itulah mantan guru bahsa inggris ini sukkses menjadi salah satu miliarder trekaya di dunia.

Banyak pengusaha yang menjuluknya sebagai Crazy jack karena ide-ide bisnis super gila dan fantastis yang di lontarkannya, tak ada satupun yang yakin, jack dapat mewujudkan seluruh ide bisnisnya tersebut, di bandingkan berbicara soal kehebatan perusahaan dia lebih senang membahas bagaimana Alibaba dapat membantu banyak konsumen menciptakan lapangan kerja dan melayani masyarakat.

Di Amerika Serikat ma menemukan mimpinya dia berkunjung ke Silicon Valley melihat banyak mobil lalu lalang dan bangunana super megah, di situlah dia menemukan semangat juagnnya utnuk menjadi seorang pria sukses.

IPO alibaba.com dan menjadi milyarder nomor satu di China


Pada Agustus 2014, Jack Ma sebenarnya telah menyandang gelar sebagai miliarder terkaya di China, kal itu harta Ma di prediksi akan meroket saat Alibaba melepas saham perdananya di Amerika Serikat, benar saja IPO yang di gelar Alibabab di bursa saham New York akhir ekan lalu mencetak angka fantastis dan mencetak rekor dunia.

Berkat nilai saham yang melonjak hingga 38 persen, harta kekayaan Ma kini bertambah hingga US$ 26,5 miliar, dia menjadi orang terkaya di China dan menempati posisi ke 23 jajajran miliarder dunia, beberapa miliarder lain mengatakan itu baru permulaan, harga saham Alibaba masih akan terus melesat dan mengucurkan pundi-pundi uang lebih banyak ke kantong Ma, semangat di diri Ma telah mengubah pria muda di tolak sekolah dan puluhan perusahaan menjadi salah satu miliarder terkaya dunia.

1 comments:

avatar

informasi yang menarik sekali min...
power supply 30v 5a

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon