Cara Meningkatkan indeks Di Google secara cepat

Cara meningkatkan / menambah Index blog di Google webmaster Tools

Kangkomar.net - Salah satu faktor SEO blog sahabat yang paling penting adalah banyaknya halaman web blog sahabat yang terindex oleh mesin pencari Google. Semakin banyak halaman yang terindex, semakin bagus SERP blog atau web sahabat di Google. Halaman yang terindex itu nantinya akan muncul saat ada orang yang mencari dengan kata kunci yang relevan.

Perlu di ketahui, bahwa Googleboot (Robot perayap Google) melakukan crawling (perayapan) pada situs sahaabat setiap harinya. Sahabat bisa melihat perayapan website atau blog sahabat di Google webmaster Tools => Crawl => Crawl Stats.



 Perayapan ini adalah cara Google untuk mengetahui halaman-halman yang ada di website atau blog sahabat, lalu mengindeksnya (menambahkan ke hasil pencarian). Namun, tidak semua halaman yang terayap akan diindeks atau di tampilkan ke hasil pencarian. Hanya halaman-halman tertentu yang memebuhi syarat Google yang akan diindeks ke mesin pencarinya.

Sahabat dapat melihat status pengindeksan sahabat di mesin pencari Google webmaster tool lewat Google webmaster tools => Google index => index status.



Total indexed yang di tujukan oleh garis biru adalah jumlah total halaman website sahabat yang sudah ada di data pencarian Google, sedangkan Blocked by robots adalah halaman yang di blokir oleh file robots.txt sahabat supaya tidak terindeks Google. Halaman yang terindeks ini berubah-rubah tiap waktu, tergantung pada performansi dan konten yang ada di website atau blog kita. Ketika da update algoritma biasanya akan ada perbuahan yang tidak biasanya pada jumlah pengindeksan. Terkadang menurun, atau bahkan naik secara signifikan, hal ini tergantung pada teknik SEO yang sahabat pakai, jika sahabat memakai Black hat SEO, bersiaplah untuk menereima tendangan berupa penurunana drastis jumlah indeks sahabat, bahkan bisa jadi website sahabat tidak diindeks lagi.


Supaya total indeks web atau blog sahabat menignkat secara signifikan dan tahan terhadap update yang terjadi, ada beberapa hal yang bisa sahabat lakukan untuk mencegah hal itu di antarnya:

  • Perbanyak Konten Berkualitas
Tentu saja, yang pertama kali adalah perbanyak dulu konten website atau blog sahabat namun, konten sahabat juga harus berkualitas, ingat, tidak semua yang di rayapi Google akan diindeks, selain itu konten yang berkualitas juga akan menjadi pemikat pengunjung untuk mengunjungi situs sahabat.

  • Sitemap
Website sahabat harus memiliki sitemap yang di submit ke Google webmaster (Google webmaster tools ) => crawl => sitemaps). Sitemaps ini akan mempermudah Google u ntuk melakukan perayapan dan menunjukan bahwa sahabat serius, jenis sitemap yang bagus adalah XML sitemap.

  • Tingkatkan Internal - Linking
Internal Linking yang efektif akan memudahkan Googleboot untuk merayapai situs sahabat. Internal Link ini bisa diibaratkan sebagai pintu-pintu masuk ke halaman yang akan di indeks Google, jadi, semakin banyak internal Link, semakin cepat perayapan Googlebot dan itu bisa menjadi nilai tambah untuk pengindeksan.

  • Bersihkan Duplikat konten yang terdeteksi di Google Webmaster
Di Google webmaster tools, fitur HTML improverment atau pengembangan HTML (GWT => search appearance => HTML improvment ) yang mendeteksi ada atau tidaknya konten duplikat di website atu blog sahabat. Konten duplikat terjadi apabila halaman yang berbeda di website sahaabt memiliki meta deskripsi yang sama atau bahkan title yang sama tanpa sahabat sadaari, unutk memperbaikinya, sahbat harus menghapusnya.

  • Gunakan data terstruktur (structure data )
Google webmaster tools ada fitur data terstruktur untuk membantu googlebot mengenali konten di website atau blog sahabat. Data terstruktur ini akan memberitahu sahabat jika mesin pencari tidak dapat mendeteksi informasi dari konten sahabat seperti siapa penulisnya, tanggalnya, deskripsnya, judul dan sebagainya untuk memperbaiki erorrnya sahabat dapat menggunakan Google webmaster tools ini untuk lebih jelasnya sahabat bisa melihat ini.
  • Submit halamn secara manula dengan fitur fetch as Google (ambil sebagai Google)
Fitur lain dari Google webmaster tools adalah sahabat dapat menyuruh Googlebot unutk merayapi halaman website atau blog sahabat sesuai dengan url yang sahabat masukan. Hal ini dapat memperbanyak indeks blog sahabat jika halaman tersebut tidka secara otomatis di rayapi oleh Google. Fitur fetch as Google ini bisa sahabat gunakan melalui Google webmaster tools => Cawl => fetch as Google.

Demikian artikel yang dapat saya buat semoga dapat membantu sahabat dalam memahami dan memperbaiki kesalahan indeks yang masih 0 di Google webmaster terus belajar dan selamat membaca cara meningkatkan indeks di Google secara cepat dan mudah ini semoga apa yang saya sampaikan dapat bemranfaat bagi sahabat selamat mencoba dan semoga berhasil sampai jumpa

7 comments

avatar

very nice blogs!!! i have to learning for lot of information for this sites...Sharing for wonderful information.Thanks for sharing this valuable information to our vision. You have posted a trust worthy blog keep sharing. explore digital marketing openings in hyderabad for freshers.

avatar

Hehe thank you for visiting the blog kangkomar thank you also for the support given to the blog kangkomar greeting success always from blogger beginner kangkomar

avatar

Nambahin kang komar, jgn block wp-include pada robots.txt untuk yang pake wordpress. Pengalaman pribadi. Hehe

avatar

mantep mas yayak terima kasih atas sharingnya salam sukses selalu mas dari kangkomar

avatar
Anonymous 11:08 AM

Terimakasih atas informasinyda dan semoga kedepannya makin sukses dan sehat selalu

avatar
Anonymous 8:06 AM

Jadi ngerti makasi mbah

avatar

mengganti template pada blogger pengaruh ga c dengan jumlah index ini? soalnya sejak ganti template PV jadi turun ;(

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon