Tools Google Yang Wajib di Gunakan Untuk Blogspot

Tools Google ini wajib sahabat gunakan untuk blog sahabat

Halo selamat malam sahabat apa kabar sahabat di malam hari ini semoga sahabat selalu dalam keadaan yang sehat dan selalu dalam keadaan sehat, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang tool google yang wajib sahabat gunakan untuk blog sahabat agar blog sahabat lebih baik lagi dari waktu kewaktu menyimpan ilmu itu bukan perbuatan yang baik sehingga saya berniat untuk membagikannya kepada seluruh pembaca indo blog, semoga bermanfaat sahabat artikel yang akan saya bagikan ini berdasarkan dengan pengalaman saya.



Seorang blogger saat ini memang sangat beruntung, karena sudah banyak seklai di beri kemudahan dengan di sediakanya layanan berupa tool-tool online secara gratis yang dapat membantu mereka untuk mengelola blognya, tool tersebut sengaja di sediakan oleh Google sebagai pemilik mesin pencari terpopuler di dunia untuk membantu para pemilik blog agar blognya lebih mudah di temukan oleh mesin pencari sehingga blognya lebih cepat berkembang dan lebih cepat populer.

Jika sahabat seorang blogger berpengalaman sahabat tentu mengetahui tool-tool yang wajib sahabat gunakan untuk membantu mengelola blog sahabat, dan saya yakin sahabat sudah menggunakan tool-tool tersebut, namun untuk blogger pemula yang benar-benar masih baru, saya yakin masih banyak yang belum mengetahui tool-toll tersebut, padahal tool tersebut benar-benar sangat bermanfaat yang dapat di gunakan untuk membantu mengelola blog mereka, sehingga blog lebih cepat berkembang dan lebih cepat populer.

Di artikel saya kali ini ingin berbagi pengalaman mengenai informasi tool Google yang harus di gunakan oleh para Blogger, terutama untuk blogger pemula yang kebetulan mengetahui tentang tool-tool yang sangat di anjurkan yang dapat mereka gunakan untuk blog sahabat.


1. Google Keyword planner (GKP)


Google keyword planner atau di kenal juga dengan sebutan GKP, adalah sebuah tool gratis yang saaat ini sudah menjadi bagian dari tool google adwords yang sengaja di sediakan oleh pihak google untuk membantu para advertiser (pengiklan google) dan juga para blogger untuk mencari dan menemukan kata kunci yang paling banyak di cari atau kata kunci populer.


Sahabat mungkin saja pernah berfikir untuk mencari judul yang banyak di cari untuk artikel sahabat? ya karena sahabat tau bahwa jika sahabat membuat artikel dengan judulyang paling banyak di cari, maka artikel sahabat akan banyak di cari orang sehingga akan memberikan peluang pada blog sahabat untuk mendapatkan banyak sekali pengunjung atau visitor, ada banyak cara untuk mendapatkan judul seperti itu, salah satunya toll yang bisa sahabat gunakan adalah google keyword planner.

Dengan google keyword planner sahabat bisa melakukan riset kata kunci untuk melihat informasi penting dari sebuah kata kunci yang akan sahabat kembangkan menjadi judul artikel blog, misalkan saja data mengenai jumlah pencarian tiap bulan untuk kata kunci tersebut, dan data lainnya yang bisa sahabat manfaatkan untuk blog sahabat.

Dengan melakukan riset kata kunci menggunakan google keyword planner maka judul artikel yang shabaat buat akan memiliki kesempatan untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Untuk menggunakan fasilitas google keyword planner sahabat tinggal login menggunakan email gmail yang sudah sahabat miliki sebelumnya.

2. Google Webmaster tool ( Google Search Console )



Google search console (GSC) kalau dulu lebih di kenal dengan google webmaster tool (GWT), adalah sebuah tool gratis yang di sediakan oleh pihak Google untuk membantu para pemilik atau pengelola situs (webmaster) agar blognya lebih mudah untuk di telusuri oleh robot mesin pencari sehingga blog lebih mudah di temukan oleh mesin pencari.

Selain menyediakan fasilitas khusus yang dapat membantu robot mesin pencari menelusuri setiap bagian penting pada blog sahabat untu di index, tool ini juga menyediakan banyak sekali informasi yang bermanfaat kepada para pemilik situs mengenai interaksi robot mesin pencari terhadap blog miliknya.

Ada banyak sekali informasi yang bisa kita peroleh menggunakan google keyword planner ini, misalkan saja, index mesin pencari terhadap blog kita miliki, jumlah backlink yang berhasil di claim, informasi kata kunci yang mampu mendatangkan trafik, mengetahui kata kunci yang di gunakan oleh pencari atau pengguna google untuk menemukan blog kita dan informasi lainnya yang bermanfaat untuk blog kita.

Dengan informasi yang di sediakan oleh google keyword planner sahabat akan mampu menganalisa performa blog sahabat sehinga shabat neniliki data acuan untuk memperoleh blog sahbat menjadi lebih bermanfaat untuk blog sahabat.

Dengan informasi yang di sediakan oleh google keyword planner sahabat akan mampu menganalsa performa blog sahabat sehingga sahabat memiliki data acuan untuk memperbaiki blog sahabat menjadi lebih baik.

3. Google Analytics


Pertama kali saya mengenal google analytic dulu sekali ketika saya mulai mengenal blog, ada teman saya yang memberikan informasi, jika ingin mengetahui sumber trafik pengunjung yang mengunjungi blog kita misalnya asal negara, darimana dia menemukan dan masuk ke blog kita maka silahkan integrasikan blog sahabat dengan google analytic.

Dan memang benar google analytic adalah tool gratis yang di sediakn oleh google untuk memonitor dan mendapatkan informasi interaksi pengunjung blog terhadap blog kita. Dan hebatnya lagi informasi yang di sediakan oleh google analytic benar- benar sangat detail dan sangat lengkap.

Apakah blog wajib di integrasikan dengan google analytic?

Tentu saja, jika sahabat ingin mengembangkan blog sahabat menjadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu sahabat harus mengintegrasikan blog sahabat dengan google analytic, sehingga sahabat bisa terus memonitor perkembangan blog sahabat dan sahabat akan memiliki data refrensi mengenai blog sahabat untuk sahabat analisa guna meningkatkan blog sahabat menjadi lebih baik lagi.

Sama seperti webmaster tool, untuk menggunakan google analytic sahabat harus login ke akun google analytic menggunakan email google (gmail) yang sudah sahabat miliki sebelumnya.

4. Google Plus (Google+)


Sahabat mungkin atau barangkal masih asing dengan apa itu google plus?


Jika sahabat sebelumnya sudah mengenal facebook, maka google plus sama halnya seperti facebook, tool ini sebenarnya adalah tool gratis yang di sediakan oleh google semacam media sosial seperti facebook, twitter dan media sosial pada umumnya yang dapat sahabt gunakan sebagai seorang blogger untuk mempromosikan blog sahabat secara lebih mudah.

Agar blog sahabat lebih mudah untuk melakukan promosi di google plus maka sahabat harus mengintegrasikan blog sahabat ke google plus, dengan mengintegrasikan blog sahabat ke google plus maka setiap artikel yang sahabat buat atau terbitkan akan muncul sebagai setatus di google plus sahabat. Dengan demikian artikel tersebut akan cepat sampai ke teman atau follower sahabat sehingga bisa meningkatkan kunjungan pada blog sahabat.

Untuk blog yang di buat menggunakan paltfrom blogspot google plus dapat di gunakan secara mudah karena pada umumnya blog platform blogspot secara otomatis akan terintegrasi dengan google plus ketika blog tersebut di buat.

Google plus banyak sekali menyediakan widget yang bisa di gunakan pada blog, misalnya widget circle kalio di facebook adalah kotak suka, widget ini bisa sahabat pasang di halaman blog sahabat, sehingga setiap pengunjung  yang tertarik dengan blog sahabat bisa follow google plush sahabat untu k mendapatkan informasi terbaru dari blog sahabat, G+, sama halnya seperti tombol suka di facebook share G+, membantu blog sahabat untuk di share di google + pengunjung blog sahabat, sehingga blog sahabat akan lebih mudah di baca oleh siapapun.

Untuk meningkatkan pengunjung blog sahabat selain dapat mengintegrasikan log sahabat ke berbagai media sosial, jangan lupa juga untuk, mengintegrasikan blog sahabat dengan google plus, apalagi sekarang google sudah melibatkan faktor sosial media sebagai salah satu google rangking faktor, itu artinya jika blog sahabat populer di g+ atau media sosial lainnya bisa jadi ikut meningkatkan tangking halaman sahabat di mesin pecari google.

5. Google Alert


Apa itu Google Alert?

Google alert adalah tool buatan google yang dapat di gunakan untuk memberitahukan via email yang kita pasang setiap kali ada artikel baru yang berhasil di temukan oleh mesin pencari yang sesuai dengan kata kunci pencarian yang kita pasang di google alert.

Saya pertama kali mengenal google alert ketika ingin mempromosikan blog dengan cara berkomentar pada setiap artikel yang sesuai dengan blog yang saya milikki, tujuan saya pada waktu itu ingin menjadi komentar pertama, artinya jika ingin menjadi komentator pertama maka saya harus menemukan setidaknya pertama kali setiap artikel yang seusai dengan kata kunci tertentu yang saya tentukan.

Akhirnya saya mendapatkan informasi bahwa untuk memantau web kita bisa menggunakan google alert, dengan cara memasang kata kunci tertentu di google alert, ketika mesin pencari google menemukan web yang membahas artikel yang relevan dengan kata kunci yang saya pasang di google alert, maka google akan memberitahukan via email bahwa ada artikel baru pada web tertentu yang sesuai dengan kata kunci yang sedang sahabat pantau yang sahabat pasang pada google alert.

Untuk menggunakan google alert sangat mudah sekali, sahaabat bisa login menggunakan email gmail sahabat dan juga passwornya, kemudian pasang kata kunci pada kotak yang di sediakan misal "mobil terbaik keluaran terbaru" atau kata kunci lainnya yang sahabat inginkan, dan atur pilihan "How Often" menjadi "As it hapens", google akan memberitahukan melalui email ketika ada artikel terbaru yang relevan dengan kata kunci yang sahabat pasang di google alert.

6. Google Trends



Google sebagai mesin pencari yang sudah malang melintang di internet, saat ini menyediakan tool khusus yang bermanfaat untuk siapapun yaitu google trens. Tool ini mampu memberikan informasi yang sedang populer yang bersumber dari pencarian internet.

Jika sebuah kata kunci penulusuran di anggap sering di gunakan oleh pencari internet maka kata kunci tersebut akan tampil di google trends, dan hebatnya lagi sahabat bisa mendapatkan informasi kata unci populer sesuai dengan negara tertentu dan sesuai dengan kategori tertentu.

Untuk seorang blogger keberadaan google trends tentu benar-benar sangat bermanfaat untuk meenmukan kata kunci yang sedang populer untuk di kembangkan menjadi artikel, dengan cara mengunjungi google trends, menentukan region atau negara tertentu, juga menentukan kategori tertentu, dengan sekali klik google trends mampu menampilkan informasi topik - topik yang sedang populer sesuai negara dan kategori yang sahabat tentutkan untuk sahabat kembangkan menjadi judul artikel sahabat.


7. Google Adsense


Tentu untuk sebagian besara blogger dunia akan sangat kenal dengan namanya google adsense, sebuah layanan iklan milik google yang dapat di gunakan untuk mengelola iklan para advertiser para pengiklan seluruh dunia untuk di promosikan.


Google adsense membuka kerjasama dengan para pemilik blog seluruh dunai untuk ikut menjadi partner google, dengan cara menjadi publisher google adsense sehingga mereka bisa memasang iklan dari google adsense pada blog miliknya dan para pemilik blog akan mendapatkan komisi dengan jumlah tertentu dari google adsense ketika iklan yang mereka pasang berhasil di klik oleh pengunjung blog miliknya.

Google adsense adalah salah satu alternatif yang seirng di gunakan oleh blogger dunia untuk mendapatkan penghasilan secar online dari internet, mungkin ini adalah media periklanan yang cukup populer untuk meraup keuntungan dari internet karena google adsense boleh di bilang salah satu yang membayar cukup besar untuk para publishernya, oleh karna itu bagi siapapun sahabat kebetulan ingin mendapatkan penghasilan dari internet sahabat bisa bergabung menjadi publisher google adsense.

Untuk dapat bergabung menjadi publisher google adsense tidaklah mudah, sahabat harus menajukan pendaftaran dengan syarat sahabat memiliki blog yang sesuai dengan kebijakan mereka. Oleh karena itu jika sahabat seorang blogger yang kebetulan ingin mendapatkan penghasilan dari internet silahkan bergabung dengan google adsense.



Demikian tool yang saya ketahui sebenarnya bukan hanya itu saja sahabat tool google, ada banyak sekali tool google yang memang banyak sekali manfaatnya untuk mendukung aktivitas online terutama untuk aktifitas blogging, sehingga bisa membantu para blogger mempermudah mengembangkan dan menggali potensi blog menjadi lebih baik dan lebih cepat populer. Itulah barangkali artikel sederhana saya dapat bermanfaat bagi  sahabat di manapun seluruh pecinta indo blog, selamat malam untuk seseorang yang ada di malaysia dan yang saya sayangi sampai bertemu di indonesia lima bulan lagi. Selamat dan terima kasih sahabat telah berkunjung ke dalam blog saaya.

1 comments:

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon