Cara menggunakan fitur wordpress khusus untuk pemula lengkap ( Update )

Cara menggunakan fitur Wordpress khusus untuk pemula lengkap 

( Update )


Kangkomar.net - Cara menggunakan fitur wordpress khusus untuk pemula lengkap (Update), salam dan selamat berjumpa kembali bersama kangkomar tentunya di blog kesayangan kita semua di kangkomar.net, bagi sahabat yang sedang mencari inspirasi atau sumber ilmu yang berkaitan tentang wordpress tepat sekali sahabat datang ke blog www.kangkomar.net, karena pada  kesempatan yang berbahagia ini kangkomar.net akan membahas tentang wordpress khusus untuk pemula bisa di bilang juga tips wordpress pemula. 



Kenapa kangkomar memberikan judul cara menggunakan fitur wordpress khusus untuk pemula lengkap (Update), karena kangkomar akan mensharing ilmu yang kangkomar peroleh karena kangkomar menggunkan dua platform yaitu blogspot dan wordpress dalam dunia ngeblog, jadi kangkomar ingin memberikan atau membagikan kepada sahabat yang baru mengenal dunia wordpress agar tidak kebingungan dan tidak asing ketika berhadapan dengan dunia wordpress bagi pemula.

Berikut adalah fitur wordpress khusus untuk pemula ( Update ) yang kangkomar pelajari

1. Cara mudah embed tweet, media sosial dan video youtube dengan mudah

Dari sekian banyak fitur yang tertanam di dalam wordpress banyak pengguna wordpress pemula yang tidak tahu akan fitur menambahkan konten dari situs media sosial terbanyak di akses oleh pengguna internet yaitu contohnya Youtube, Flickr, Twitter, Facebook, Hulu dan banyak situs-situs lainnya Caranya adalah cukup mudah sahabat.

  • Pertama tempatkan kursor sahabat di mana saja sahabat ingin memasukan video, tweet, gambar, atau jenis media lainnya.
  • Kedua Pergi ke situs dari sumber data video, gambar, atau apapun yang akan sahabat masukan dan copy URL untuk media yang sahabat inginkan.
  • Ketiga, kembali ke menu editor wordpress dan paste url tadi ke dalam area konten  halaman utama, dan pastikan bahwa ini di baris sendiri tidak mengikuti baris paragraf yang sudah ada.
  • Keempat, Jika Url sahabat di masukan muncul di area konten utama editor sebagai link yang berwarna biru, sahabat harus menghapus link itu, klik dalam teks url kemudian klik icon link yang rusak di bagian atas area konten utama tadi.
  •  Kelima, klik tombol preview perubahan, tombol di kanan atas halaman  untuk memastikan media yang sahabat masukan benar-benar masuk dengan benar dan baik.
  • Keenam, jika media sahabat muncul dengan benar selama di preview atau pratinjau, kembalilah ke menu editor dan klik "Update" atau "Publish" untuk membuat media hidup di website atau blog sahabat, jika ukuran media yang di masukan terlihat off, sahabat mungkin harus menyesuaikan pengaturan media.


2. Ubah page sahabat dan blog post Url

Wordpress umumnya melakukan pekerjaan yang baik membaut url untuk halaman atau postinga, tetapi terkadang sahabat harus menyesuaikan diri, berikut adalah contoh paling umum yang akan sahabat ubah url-nya

  • Pertama halaman atau postingan Url sahabat yang berisi karakter khusus seperti @,#,%,&,* karakter ini membuat sulit terbaca oleh mesin pencari untuk itu ini akan menjadi masalah sendiri agi browser dan sahabat harus mengubah ini.
  • Kedua, Posting sahabat atau judul halaman yang sangat panjang dan berisi kata-kata tidak di optimlakan untuk pencarian, sebagai contoh jika sahabat menulis posting yang di sebut "Membantu anak cari rumah atau hunian di st louis, missouri", wordpress dapat secara otomatis menghasilkan url sperti contoh ini "Membantu anak menemkukan rumah atau tempat tinggal-in-louis-missouri". Karena mesin pencari atau search engine lebih memilih url yang pendek dan simple.
Apabila sahabat meihat bahwa halaman atau psoting url baru sahabat tidak cocok dengan salah satu daru dua kasus yang kangkomar ceritakan di atas, berikut adalah cara mengatasi masalah ini.

  • Pada Backend wordpres, pergilah ke layar edit untuk posting atau halaman yang akan di edit.
  • Tepat di bawah judul, klik abu-abu kemudian "Edit" tombol di sebelah permalink, jika buka edit sahabat melihat tombol yang mengatakan "Perubahan permalink". kemudian "Klik tombol tersebut dan klik "Nama post" tombol berbentuk radio pada permalink settings halaman, kemudian klik warna biru "Simpan perubahan" tombol, kembali ke posting atau halaman yang akan di edit dan sahabat akan meliaht tombol "Edit".
  • Ketika sahabat mengklik menu "Edit". Url akan berubah menjadi kotak teks, dan siap untuk sahabat ubah, hapus karakter khusus dan setiap kata-kata yang bisa memberi pukulan neatif ke pada mesin pencari sehingga mesin pencari enggan mengcrawl situs sahabat, itu berati kata-kata umum seperti "a", atau "dalam" dan "." seperti yang sudah kangkomar sebutkan di atas, sahabat mungkin bisa merubah "membantu anak cari rumah atau tempat tinggal in st louis missouri "Untuk" anak-anak cari tumah st louis". Pastikan sahabat memisahkan setiap kata dengan tanda minus {-}.
  • Kik tombol Ok
  • Kemudian klik "Publish" atau update untuk menyimpan perubahan sahabat.

3. Jadwal Blog wordpress untuk mengefisienkan waktu 

Kebanyakan dari blogger wordpress pemula mengikuti jadwal penerbitan post konten secra otomatis, dan terkadang mereka psoting sebulan sekali, seminggu sekali atau sekali sehari, di wordpress, sahabat dapat menjadwalkan psoting pada waktu dan tanggal yang sahabat inginkan, sehingga hal ini dapat membantu  sahabat dan tidak peerlu melulu di depan komputer sahabat ( atau bahkan terjaga ) ketika pos di tayangkan bagaimana caranya kangkomar akan memberikan caranya khusus untuk pembaca kangkomar.net verikut ini adalah caranya.

  • Di kanan atas halaman wordpress, carilah kontak berjudul "Publish", di mana sahbaat akan menemukan pilihan yang bertuliskan "Publsh segera".
  • Klik "Edit" teks di sampung "Publikasikan segera", dan pilih bula, tanggal, tahun dan waktu sahabat yang ingin kapan waktu posting konten itu akan di terbitkan, ingatlah untuk menggunakan format waktu.
  • Dan Klik tombol OK
  • "Publikasikan segera", text sekarang harus berubah ke "Jadwal", dengan tanggal dan waktu apa pun yang sahabat telah pilih tadi.
  • Kemduian, klik "Jadwal" tombol  (Sebelumnya "publish").


4. Ubah blog post Authors ( Pengarang Konten )

Sahabat pasti pernah melihat artikel yang sama dan nama pengaran atau penulis yang berbeda hal ini dapat terjadi karena sahabat akan kangkomar beritahukan caranya  bagaimana caranya berikut adalah caranya.

  • Pergi ke layar edit untuk posting blog yang memerlukan perubahan pengaran tulisan
  • Di kanan halaman wordpress, klik "Screen options" tab dan daftar pilihan drop down
  • Centang kotak yang bertuliskan "Penulis, pengarang" sebuah kotak baru pada halaman harus menampilkan, berjudul 'Penulis  / Pengarang" dan berisi kotak drop down untuk memilih penulis postingan artikel.
  • Pilih penulis dari daftar drop down, jika sahabat tidak terdaftar, sahabat mungkin perlu menambahkan sahabat sebaggai pengguna,
  • Klik "Publish" atau "Update" tomboll  untuk menyimpan posting di bawah penulis baru.
  • Dan selesai.
Demikian lah cara menggunakan atau memanfaatkan fitur wordpress khusus untuk pengguna wordpress pemula yang dapat kangkomar bagikan kepada sahabat pembaca kangkomar.net semoga dapat memberikan manfaat kepada pembaca kangkomar.net, jika ada kritik dan saran silahkan sahabat dapat memberikan kritik dan saran kepada kangkomar melalui kolom komentar berikut ini, atau juga dapat memberikan pertanyaan yang bersifat privasi di halaman kontak hubungi kami, salam sukses dari kangkomar dan jangan lupa untuk berbahagia.

1 comments:

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon