Cara membuat daftar isi rapih dan urut dengan menggunakan microsoft word

Cara membuat daftar isi secara otomatis dan rapih dengan menggunakan microsoft word


Kangkomar.net - Cara membuat daftar isi secara otomatis dan rapih dengan menggunakan microsoft word, selamat berjumpa kembali di blog kangkomar.net bersama kangkomar, kali ini kangkomar akan memberikan atau membagikan ilmu yang kangkomar ketahui mengenai cara membuat daftar isi secara otomatis di microsoft word.


Siapa yang tidak kenal aplikasi buatan microsoft ini, hampir di setiap sekolah atau saat kita masuk mengenai pembelajaran di sekolah-sekolah kejuruan setelah kita mengenal apa itu komputer pastilah kita akan di ajari tentang microsoft word, karena saya basiknya adalah sekolah kejuruan teknik komputer dan jaringan jadi kangkomar masih ingat betul apa yang di ajarkan oleh beliu bapak dan ibu guru kepada kangkomar, dan kangkomar ingin membagikan sedikit ilmu yang kangkomar peroleh dari bapak ibu guru kangkomar kepada seluruh pembaca www.kangkomar.net tentang cara membuat daftar isi secara otomatis di microsoft word.


Sekilas tentang pengertian daftar isi adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah makalah, skripsi, atau buku yang akan di buat atau sedang di buata, daftar isi ini sangat berarti dan penting keberadaanya untuk mengetahui secara pasti dan tepat keberadaaan sebuah topik di halaman yang jumlahnya lebih dari satu atau sangat banyak sehingga sulit untuk di cari satu-persatu sehingga kita membutuhkan sebuah daftar isi untuk memudahkan pembaca mencari sesuatu yang kita cari. Dan microsoft word mempunyai fitur dalam membuat sebuah daftar isi secara otomatis dan bagaimana cara menggunakanya kangkomar akan menjelaskannya tenang saja.

Hampir di semua pekerjaan yang memerlukan bantuan aplikasi microsoft word pasti sudah tahu teknik-teknik yang di punyai oleh microsoft word ini, tetapi ada dari beberapa pengguna microsoft word yang belum tahu cara membuat daftar isi secara otomatis dan rapih di microsoft word, oleh karena itu kangkomar akan membagikannya khusus untuk pembaca kangkomar.net selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Cara membuat daftar isi rapih dan urut menggunakan microsoft word

1. Membuat Heading

Secara umum, orang akan menggunakan heading sebagaia judul dan subjudul dokumen, heading berguna untuk mengelompokan lebih dari banyak ragam ropik yang jumlahnya lebih dari satu atau banyak sekali, heading juga berguna untuk membuat daftar isi secara otomatis di microsoft word.

Untuk menggunakan heading, cukup blok suatu teks sebagai judul atau subjudul dengan heading 1, heading 2, dan seterusnya, semakin turun heading, semakin lemah level judul tersebut. Jika sahabat tidak suka dengan tampilan dari heading tersebut, tinggal klik kanan pada styles dan kemudian sahabat dapat memilih modify. Nantinya heading ini yang sahabat terapkan akan menentukan dari pembuatan daftar isi yang akan kita buat nantinya.


2. Cara membaut daftar isi secara otomatis

Pernahkah sahabat meliaht sebuah buku, jurnal, makalah  atau skripsi yang telah di ketik, maka sahabat tinggal membaut daftar isi secara otomatis, daftar isi otomatis ini mengandung judul dan subjudul yang di bungkus dengan heading yang sudah sahabat buat tadi caranya adalah Buka tab references => Pilih table of contents.

 Di sini terdapat bebrapa daftar isi yang bisa sahabat pilih, di antaranya terdapat daftar isi yang otomatis, dan di bawahnya terdapat daftar isi yang manula alias bukan otomatis, pilih daftar isi yang otomatis saja ya sahabat. Setelah sahabat memilih daftar isi akan muncul dengan sendirinya atau otomatis, dan menuliskan judul dan subjudul dalam sebuah heading secara otomatis, daftar isi otomatis tersebut juga memuat titik-titik dan nomor halamanya secra tepat dan jelas. Perlu sahabat ketahui daftar ini bersifat otomatis sehingga heading yang sahabat edit akan mempengaruhi daftar isi otomatis yang shaabat buat ini, ketika sahabat mengklik update table.


Demikian itulah cara membuat daftar isi secara otomatis dan rapih menggunakan microsoft word yang mudah dan simpel, bagaimana apakah sahabat sudah paham ataukah masih bingung jika masih bingung silahkan sahabat bertanya jangan malu bertanya, karena malu bertanya sesat di jalan, selamat mencoba dan semoga berhasil kritik dan saran silahkan ketikan di kolom komentar, atau jika sahabat ingin menanyakan sesutau yang bersifat privasi silahkan tanyakan melalui kotak hubungi kami yang ada di bawah ini kangkomar pamit dan jangan lupa untuk berbahagia sampai jumpa. 

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon