Cara membuat kotak Text area di blogspot

Cara membuat Text area dengan mudah 


Kangkomar.net - Cara membuat text area dengan mudah dan cepat, sebelum kangkomar berlari menjelaskan semua tentang cara membuat text area di postingan blog, kali kangkomar akan menjelaskan sedikit tentang apati itu Text area ? Text area adalah area tempat unutk menyimpan text atau tulisan barum atau bisa di katakan sebuah komponen HTML yang di gunakan untuk menampilkan kode script dalam bentuk dan format text.

Biasanya text area di pakai untuk menyimpan kode HTML yang tidak bisa di tulis langsung ke dalama sebuah postingan di blog atau web, dari text area ini kurang lebih untuk 
memudahkan pengunjung mengcopy seluruh isi text atau kode html yang di inginkan.

Baca juga"Kriteria blog / web yang di sukai Google"


Cara membuat Text are dipostingan

1. Tipe text area Standar
  • Pertama yang sahabat lakukan adalah harus Login ke blogspot terlebih dahulu.
  • Setelah login sahabat membuat postingan artikel baru dengan cara kli Entri baru.
  • Kemudian buat judul sesuai keinganan sahabat dan tuliskan kode html berikut ini.
  • <p align="center"><textarea name="code" rows="6" cols="20"> Tulis text ataupun kode-kode yang sahabat inginkan di sini, maka nanti tulisan sahabat akan tampil di dalam text area ini </textarea></p>
Sebagai contoh hasilnya akan seperti ini




Keterangan : rows="6", menunjukan tinggi dari text area. jadi jika sahabat menginginkan text area yang yang tinggi maka silahkan ganti angka "6" dengan angka yang lebih tinggi nilainya contohnya 8,9,10, dan seterusnya sesuai denga kebutuhan sahabat.

Cols="20", menunjukan lebar dari text area, jika sahabat mengigninkan text area yang lebih lebar maka silahkan ganti angka "20" tadi dengan angka yang lebih tinggi nilainya contohnya 23,24,25,26 dan seterusnya.

2. Tipe text area dengan memakai Highlight all

Ada variasi lain dari membuat text area ini, yaitu dengan text area menggunakan tombol highlight dengan adanya tombol highlight ini akan memudahkan bagi para pengunjung untuk meng-copy seluruh isi dari text ataupun kode-kode yang di berikan oleh sahabat, karena dengan hanya sekali tekan saja pada tombol highlight tadi, mak seluruh text ataupun kode-kode yang ada di dalamnya akan di highlight dan tinggal di copy saja. Fasulitas ini sangat  berguna tatkala text ataupun kode-kode yang di berikan di dalma jumlah yang sangat banyak dan ini akan mengurangi resiko tertinggalanya suatu text ataupun kode-kde untuk di copy paste oleh sahabat, untuk membuat text area dengan menggunakan hightlight ini silahkan sahabat copy kode HTML di bawah ini.

<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button"value="Highlight All"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="WIDTH:300px; HEIGHT: 144px" name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols ="55">simpan tulisan sahabat di sini, mak tulisan yang sahabat tulis akan muncul di sini dan siap di copy oleh para pengunjung </textarea></p></div></form>

sebagai contoh hasilnya akan seperti di bawah ini







Agar sahabat lebih memahami kode di atas, sedikit kangkomar akan menguraikan kode di atas mempunyai dua elemn yaitu elemen kode untuk membuat tombol yang bertuliskan HIGlight ALL, dan yang kedua adalah elemen kode untuk membuat text area.

Elemen-elemen tombol Hightlight All

  • <div align="center">..> kata center menunjukan bahwa posisi tombol akan berada di tengah, jadi jika sahabat menginginkan posisi tombol berada di tepi sebelah kiri, tinggil ganti dengan kata left, an jika ingin berada di tepi sebelah kanan, sahabat tinggal mengganti dengan kata rigt.
  • <input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.select()">...> kode ini artinya ketika tombol highlight di klik, mak seluruh text yang ada di dalamnya akan di higlight (di tandai atau di block), jadi sahabat jangan merubah tulisan ini sedikit pun.
  • Value="Highlight All"> kata Higlight All adalah kata yang akan muncul di dalam tombol, jadi jika sahabat ingin merubah ini silahkan ganti dengan kata yang sahabat inginkan.
Elemen-elemen text area

  • <p align="center">..> Ini menunjukan bahwa text area akan berada di tengah, nah jika sahabat ingin text area sahabat berad di tepi kiri, ganti kata center dengan kata left, bila ingin di tepi kanan, maka ganti dengan kata right.
  • <text style="WIDTH: 300px">..> kata WIDTH:300px menunjukan lebar dari text area tersebut sebanyak 300 pixel, jadi jika sahabat ingin memperpendek atau memperpanjang lebar text area, sahabat tinggal menggantinya dengan angka yang sahabat inginkan, misal WIDTH:700PX"

Contoh text area yang memakai tombol highlight di atas, memuat script untuk melindungi dari right click para pengunjung, script ini di pakai apabila sahabat tidak ingin tulisan-tulisan sahabat di copy paste oleh pengunjung, bagi yang berminat silahkan copy lalu pasang kode HTML sahabat di antara kode <HEAD> dan </HEAD> selamat mencoba kangkomar pamit dan apabila ada pertanyaan silahkan tinggal menghubungi kangkomar melalui kolom komentar di bawah ini sampa jumpa.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon