penjelasan lengkap tentang sistem operasi

Jenis-jenis sistem operasi yang ada di seluruh dunia

Kangkomar.net - Penjelasan lengkap tentang sistem operasi, bagi sahabat yang sedang mencari artikel apa itu sistem operasi dan pengertian sistem operasi tepat sekali sahabat berkunjung ke blog kangkomar.net, karena kangkomar kali ini akan membahas tentang apa itu sistem operasi, dan jenis-jenis sistem operasi yang ada di seluruh dunia agar dapat menambah pengeahuan sahabat, dan bisa membantu sahabat dalam memecahkan pengertian apa itu sistem operasi.


Pengertian sistem operasi


Pengertian sistem operasi komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kntrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa di gunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem operasi dalam bahasa inggrisnya di sebut operating system, atau biaa di singkat dengan OS.

Sistem operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang di letakan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada hardisk, bukan memory RAM) pada saat komputer di nyalakan, sedangkan software-software lainnya di jalankan setelah sistem operasi komputer berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut sperti akses ke hardisk, manajemen memori, skedulling task, dan antar muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat di layani dan di lakukan oleh sitem operasi, bagian kode yang melakkan tugas-tugas inti dan umum tersebut di namakan dengan kernel suatu sistem operasi.

Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software, sleain itu, sistem operasi komputer juga melakukan semua perintah - perintah penitng dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. SIstem operasi komputer menjamin aplikasi perangkat lunak bisa memakai memori, melakukan inout serta output terhadap peralatan lain, dan mempunyai akses kepada sistem file, jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka sistem operasi komputer akan mengatur sistem jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses komputer yang berjalan mendapatkan waktu yagn  cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.


Jenis - jenis sistem operasi


Jenis-jenis sistem operasi yang ada di seluruh dunia kangkomar rangkum dalam satu tempat yaitu di blog kangkomar.net agar memudahkan sahabat dalam mencari tahu tenang apa saja jenis-jenis sitem operasi yang ada di dunia ini, maka kangkomar akan menjelaskan semuanya dengan gamblang agar tidak menjadi hutang di kemudian hari, karena di subheading kangkomar sudah menuliskan judul jenis-jenis sistem operasi yang ada di dunia maka kang komar akan menepatinya ini dia jenis-jenis sistem operasi yang ada di dunia ini.

  1. DOS adalah singkatan dari disk operating system, ada beberapa versi dari sistem DOS yaitu MS_DOS yang di buat oleh perusahaan Microsoft, Pc DOS buatan dari IBM dan DR-DOS buatan DIgital Research.
  2. OS/2 adalah sistem operasi yang di buat oleh IBM, yang awal mulanya hanya di tujukan untuk pemakain komputer sendiri namun kini telah di sebarluaskan untuk umum
  3. Windows NT sistem yang di kembangkan Windows
  4. Windows
  5. Linux
  6. MacOS
  7. dan masih banyak lagi sistem operasi yang ada di dunia ini.
Berikut ini adalah beberapa tampilan sistem operasi yang kangkomar tahu dan kangkomar akan memberikannya kepada khusu pembaca kangkomar.net

  • Tampilan antar muka windows 7
  • Tampilan antar muka linux ubuntu
  • Tampilan antar muka sistem operasi mac OS X.


Demikianlah penjelasan kangkomar mengenai penjelasan lengkap sistem operasi yang ada di seluruh dunia, semoga bermanfaat bagi sahabat yang sedang membutuhkan informasi dan sedang mencari tahu apa itu informasi, semoga artikel kangkomar ini dapat bermanfaat bagi sahabat selamat mencoba sistem operasi sesuai dengan kebutuhan sahabat, kritik dan saran silahkan sahabat berikan kepada kangkomar melalui kolom komentar di bawah ini salam sukses dari saya sampai jumpa dan selamat berakhir pekan untuk semua sahabat kangkomar.net


Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon