Cara mudah Backup Semua Konten di Wordpress Terbaru

Cara Mudah Backup semua file Konten di Wordpress Terbaru


Cara mudah backup semua file konten di wordpress - Rajin backup data bukan hanya data yang tersimpan di komputer saja, namun semua konten blogpun sahabat di wajibkan untuk selalu backup data secara berkala. Backup di wordpress di lakukan untuk mengantisipasi sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap Wordpress sahabat, seperti blog atau website kena suspend dan lain-lain, tentunya sahabat tidak menginginkan semua konten blog Wordpress yang sudah sahabat bangun bertahun-tahun mendaak hilang begitu saja.


Cara Backup semua file konten di Wordpress secara gratis


Wordpress gratis yang saya maksud adalah blog yang masih memanfaatkan cms Wordpress.com, kenapa di pisahkan antara cara backup konten Wordpress gratis dengan wordpress.org (berbayar)? karena mempunyai perbedaan cara backupnya, sehingga saya harus membuat dua tutorial sekaligus agar memudahkan sahabat setia kangkomar.net dalam mencari jalan keluar.

Baiklah cara backup semua konten di Wordpress.com ini sangatlah mudah, setelah sahabat login di Dasbor wordpress-admin untuk melakukan backup blog wordpress.com klik menu Tool atau perkakas. Di dalam menu Toll atau perkakas tersedia sub menu Import (untuk mengambil data dari blog lain) dan Export (untuk backup seluruh konten blog).

Tentunya untuk melakukan backup, sahabt harus memilih submenu Export atau ekspor, setelah tampil kotak dialog Export atau Ekspor, sekarang sahabat di hadapkan ke berbagai pilihan untuk backup konten blog wordpress. All content, tulisan, halaman  dan feedback, silahkan pilih sesuai kebutuhan backup yang sahabat pilih. lalu klik Download Export file atau unduh berkas Ekspor untuk melakukan proses backup, tunggu beberapa saat sampai proses unduh atau download selesia.



Nanti setelah sahabat selesai mengunduh keseluruhan berkas konten Wordpress, file hasil unduhan adalah dalam format XML Document, sampai langkah ini, selesailah proses backup konten blog wordpress sahabat tinggal menunggu proses download selesai dan simpan di dalam drive yang sahabat inginkan.


Cara Backup semua file Konten di Wordpress.org (Berbayar)


Banyak cara yang di tempuh dalam hal backup semua file konten di wordpress berbayar atau wordpress self hosting (domain TLD), di antaranya sahabat bisa menggunakan plugin, dan lewat cpanel hosting, di sini saya akan menjelaskan cara backup semua file konten di wordpress.org (berbayar lewat cpnael hosting.

Oh iya, cara diataspun (cara backup wordpress.com) harus sahabat lakukan juga di wordpress.org, ini untuk backup seluruh artikel , komentar, dan halaman Wordpress dalam format XML.

Cara Backup file konten Wordpress melalui Cpanel

  • Silahkan login ke CPnael tempat sahabat sewa hosting, lalu klik file manager
  • Selanjutnya sahabat pilih web Root (public_htmal/www.).
  • Di root public-html data penting wordpress yang harus sahabat backup adalah semua konten ypang ada dalam format wordpress-content yang ada di deretang public_html.
  • Setelah semua konten yang ada di dalam folder Wordpres-content(wp-content) terbuka, blok semua konten tersebut dengan cara klik file yang paling atas lalu klik juga file yang paling bawah secara bersamaan dengna menekan Ctrl pada keyboard, selanjutya kalua semua konten sudah terpilih, maka klik compress.

  • Tentukan file format isi semua konten yang ada di Wordpress-content(wpcontent) yang selanjutnya akan sahabt Compress, contoh di sini saya memilih format ZIP Archive, lakukan Compress file dan tunggu sampai prosesnya selesai.

  • Lama dalam Compress file tergantung isi konten blog Wordpress sahabat jika memang banyak data yang harus di Compress maka akan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Setelah selsai Compress file semua konten yang ada di dalam folder (wp-conten) akan muncul sebuah file baru (file dari hasil compress), maka klik file tersebut lalu klik juga donwload untuk mengundh atau melakukan backup wp-conten wordpress sahabat, simpan baik-baik data penting sahabat tersebut di komputer atau media penyimpanan Google Drive.



Cara Backup MysQL Database Wordpress Melalui Cpanel


Sekarang sahabat sudah mempunyai satu data penting Wordpress sahabat, yakni semua konten yang ada di dalam wp-contetn, ini belum selesai, sahabat harus backup atau download juga satu data penting lagi, yaitu data MySQL Databases, caranya dari Cpanel tempat sahabat sewa hosting.

  •  klik file Bckup Wizard.

  • Selanjutnya pada opsi Backup Wizard pilih atau klik Backup.

  • Pada opsi select partial backup silahkan pilih atau klik MySQL Databases.

  • Disini sahabat pilih domain database yang akan di download atau backup, setelah memilih domain database, otomatis akan melakukan download semua file MySQL Databases Wordpress sahabat.

Selesai sudah sahabat backup data penting Wordpress domain TLD sahabat, simpan dan amankan juga file MySQL Databases dan satukan dengan file wp-content di komputer sebagai antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diiginkan di wordpress sahabat seperti yang sudah saya terangkan di atas, lakukan backup semua konten Wordpress secara berkala semoga bermanfaat dan selamat mencoba, kritik dan saran sangat saya harapkan untuk memajukan kualitas blog saya terima kasih.

1 comments:

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon