Cara Membuat Ukuran Kertas F4 Di Komputer Terbaru

Cara Mudah Membuat Ukuran Kertas F4 Di Komputer Windows Terbaru


Cara membuat ukuran kertas f4- Entah kenapa sebabnya secara default komputer windows tidak tersedia ukuran kertas f4, semua ukurna kertas standar seperti A3,A4,A6 Letter dan lain-lain jenisnya. Kecuali hanya satu ukuran jenis kertas saja, yaitu ukuran kertas F4, ukuran kertas ini masalahnya entah di operasi sistem, program, atau mungkin printer, namun yang jelas ketika kita membutuhkan ukuran jenis kertas f4 kita harus membuatnya secara manual, padahal ukuran kertas f4 ini bagi yang terbiasa membuata dokumen di sekolah sangat sering di gunakan.

Seperti yang sudah saya singgung di atas, bahwa jenis kertas f4 ini sangat sering kita gunakan ketika sedang mengeprint dokumen, bagi yang bekerja sebagai operator Madrasah, mungkin sudah tidak asing lagi penggunaan kertas f4 ini, karena biasanya ketika membuat surat keputusan (SK) kertas yang di gunakan adlaah kertas f4.

Mungkin sekilas kita mengira kalau jenis kertas f4 sama dengan ukuran jenis kertas legal, padahal kenyataanya kedua ukuran kertas ini berbeda jauh, ukuran kertas f4 mempunyai ukuran sendiri dan tidak bisa di gantikan dengan ukuran kertas legal. Maka dari itu agar tidak salah lagi dan untuk menghemat waktu dalam pengerjaan print dokumen, maka kita harus menyimpan secara permanen ukuran kertas f4, nanti setelah membuat ukuran kertas f4 dan kita simpan di dalam komputer, maka akan bertambahlah koleksi ukuran kertas yang kita miliki kemudian jika kita membutuhkannya tinggal memanggil saja.

Dalam membuat ukuran kertas f4 di  komputer Windows, saya membagikannya ke dalam 4 cara membuat ukuran kertas f4 di mrcrosoft office world  atau excel, di corelDraw di adobe photoshop, dan di printer.


Cara membuat ukuran kertas f4 di microsoft office (word&excel)


Untuk membuat ukuran kertas f4 di microsoft office seperti world dan excel caranya sangat mudah, namun sebelum kita mulai sebaiknya shabat  harus tahu dulu ukuran jenis kertas f4? kertas f4 memiliki ukuran dalam satuan mili meteer (mm) 215 kali 330. Jika dalam satuan centi metere (cm) adalah 21,5 kali 33 dan dalam satuan inchi adalah 8.268"x12.992".

Jika sudah paham ukuran jenis kertas f4 dalam berbagai satuan mari kita praktekan dalam tutorial yang akan saya bahas, ketika sahabat sedang mengerjakan pengetikan di microsoft word, sebaiknya sahabat tentukan terlebih dahulu jenis kertasnya, untuk menentukan jenis kertas did microsoft word sahabat bisa pergi ke menu page layout dalam praktek di sini saya menggunakan microsft word 2010.



Nanti akan tampil kotak dialog page setup, di sini sahabat bisa mengatur apapun yang hubunganya dengan ukuran dan jenis kertas, klik paper dan perhatikan pada submenu paper size, di sana ka terdapat kolo isian untuk menentukan lebar ukuran kertas width dan tinggi height dalam kasus ini kita akan membuat ukuran kertas f4, maka pada kolom width kita isikan 21.5 cm dan kolom heigth 33 cm terakhir sahabat klik ok sekarang layar kerja microsoft word sudah berubah menajdai jenis kertas f4.

Menentukan ukuran kertas f4 di microsoft excel langkahnya masih sama dengna langkah di mrcrosoft word silakan sahabat coba dan praktekan sendiri dan semoga berhasil.


Cara membuat ukuran kertas f4 di coreldraw


Tidak sulit juga membuat jenis kertas f4 di program coreldraw jika kita dasarnya sudah mengetahui ukuran dari jenis kertasnya itu sendiri, silahkan sahabat buka program coreldraw yang sudah terpasang di komputer windows sahabat di sini saya menggunakan coreldraw x4.

Perhatikan property Bar corelDRAW, jika sahabat mengaktifkan pick tool (gambar panah pada toolbox) maka akan tampil pengaturan untuk membuat ukuran kertas, di sini pertama sahabat harus menentukan dulu units atau satuan yang akan di gunakan contoh saya menggunakan satuan centimeter saja, maka pada kolom width saya beri nilai 21,5 cm dan height 33.0 cm dan selesai sudah membuat ukuran kertas f4 di coreldraw ini bagaimana mudah bukan sahabat?.


Cara Membuat ukuran Kertas F4 di Adobe photoshop


Kita sampai ketahap ketiga, yaitu membuat ukuran kertas f4 di program Adobe photoshop setelah Photoshop sahabat aktif, silakan sahabat klik  menu file => new, nanti akan tampil kotak dialog seperti di pengaturan setup pages pada microsoft word. Silahkan sahabat isi pada kolom Width Height dengan ukuran dan jenis kertas yang akan sahabat buat, prosesnya masih sama dengan kedua cara di atas, dan saya tidak perlu berbicara panjang lebar lagi, oh iya jika koleksi ukuran kertas di photoshop sahabat yang sudah terinstal di komputer sahabat sendiri.

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 Di Semua Jenis Printer


Berikut ini adalah langkah terakhir dalam membuat ukuran kertas f4 di komputer windows, sebetulnya jika shabat melakukan keempat atau membuat ukuran kertas f4 di printer maka ketiga langkah di atas tidak perlu di lakukan lagi, kenapa? Karena setelah menyimpan ukuran kertas F4 settingan printer maka koleksi ukuran kertas semua program di komputer sahabat akan bertambah secara otomatis.

Penasaran ingin segera mencobanya? Baiklah kita mulai saja dan tidak perlu berbicara panjang kali lebar lagi, pertama sialakan sahabat buka Device printer yang terpasag di komputer Windows sahabat dari start => Device and printers, di pengaturan karena saya menggunakan operasi sistem windwos 10 kemudian pilih printer dan scaner, maka sekarang yang tampil adalah daftar driver printer yang sudah terhubung dengan komputere windows sahabat, di sini saya membuat atau menyimpan  permanen ukuran jenis kertas f4 melalui printer HP Laserjet Profesional P1102, klik kanan pada gamabr printer yang sahabat pilih lalu pilih printer properties. Dari tab General sahabat klik Preferences dalam hal ini kita akan masuk kedalam device printer yang telah kita pilih dari awal tadi.



Klik Tab Paper atau QUality dan sahabat pilih Custom karena di sini ceritanya kita akan membuat ukuran jenis kertas lain tidak ada di dalam deretan atau list jenis kertas default, setelah kotak dialog custom paper size tampil silakan sahabat buat ukuran jenis kertas F4 yang terdiri dari Width dan Height.

Baisanya satuan yang di gunakan adalah satu mili meter (mm), namun jika ingin menggunakan jenis satuan inchi, maka sahabt klik Use Inches, sahabt tentukan pada kolom Width 215,0 mm dan kolom Height 330,0 mm kemudian sahabt bisa menentukan nama jenis kertasnya, isi kolom name dengan f4 dan klik save untuk menyimpan.

Sekarang daftar atau list jenis kertas komputer windows sahabat sudah bertambah dengan jenis kertas f4 jika tidak percaya silahkan buktikan saja dengan mengecek salah satu program, misal di program Microsoft Word, Mungkin hanya itu saja artikel cara membuat ukuran kertas f4 khusus untuk komputere windows semoga tulisan ini ada manfaatnya dan selamat mencoba kritik dan saran silahkan ketik di kolom komentar di bawah ini terima kasih telah berkunjung ke dalam blog kangkomar.net sampai jumpa di lain kesempatan sahabat.










1 comments:

avatar

terbantu sekali min, makasih sudah posting.
solder uap

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon