Cara menulis di Blogger ( Blogspot ) untuk Pemula

Cara Menulis yang Baik  di Blogger ( Blog spot ) untuk Yang Baru Mengenal dunia Blog


Kangkomar.net - Setelah sahabt membuat blog di Blogger ( Blogspot ), mungkin pelru juga di jelaskan bagaimana cara menulis artikel di blog yang di mulai dari mengenal fitur-fitur yang tersedia di menu ediotr blogger.com dan akan di lanjutkan dengan tips cara menulis artikel di menu blog yang baik khusu untuk pemula yang sedang kebingungan dan kesulitan dalam memulai langkah untuk menulis sebuah blog yang baik dan benar.

Tujuan dari mengetahui teknik penulisan di blog kali ini adalaha terkati dengan menata tampilasn tulisan dengan mengetahui fungsi atau kegunaan masing-maisng fitur di editor dasboard Blogger.com (Blogspot). Di sini saya akan menjelaskan beberapa fitur dengan singkat karena tentu sahabat sudah mengenal fungsi dari gambar icon-icon tersebut sebagaimana di Microsoft Word kalau bisa ketika mengikuti panduan ini sahabat langsung saja di praktekan agar tidak ada dusta di antara kita. 

Pertama sahabat silahkan buka blog sahabat di Blogger.com setelah itu klik gambar pensil yang jika di arahkan kursor di atasnya akan muncul tulisan "Buat entri baru" sahabat akan masuk ke halaman post ediotr blogspot. lalu lihat gambar berikut yang penomorannya di sesuaikan dengan penjelasan di bawahnya.

  • Pertama tulislah judul artikel yang akan sahabat buat di kotak Entri ini, coba sekarang tulis judul, misal "Kangkomar.net memang terbaik".
  • Kedua, ini adalah kotak penulisan artikel, di sinilah sahabat nantinya menulis hal-hal yang ingin sahabat bagikan di dunia maya, silahkan ketik satu paragraf atau beberapa kalimat saja contoh, "Kangkomar.net adalah blog yang membagikan pengalaman terhadapa semua pembaca blog kangkomar dan memberikan wawasan baru".
  • Ketiga, simbol F ini berfungsi untuk memilih jenis huruf (font) dari tulisan sahabat, caranya coba blok menggunakan kursor (Klik, tahan, lalu seret mouse untuk menutupi paragraf yang tadi sahabat tulis atau CTRL + A ) lalu klik icon F dan pilih jenis font yang sahabt inginkan.
  • Keempat, simbol T ini berfungsi untuk mengatur ukuran huruf terdiri dari smallest, small, normal, large, dan largest, dan untuk normal atau default bisa menggunakan 12px, 13 px, 14 px sesuai dengan keinginan sahabat ketika mengatur ukuran huruf blog agar enak di baca.
  • Kelima, kotak bertuliskan "Normal" ini, berfungsi untuk mengatur tingkat kepentingan Heading (h2) yang biasanya di gunakan pada judul artikel, Subheading (h3) di gunakan pada sub judul, Minor heading (h4) di gunakan pada bagian dari sub judul, jika memilih normal berati tidak ada bagian yang lebih penting dari bagian yang lain.
  • Keenam HTML
Coba sahabat sekarang klik pada bagian ini, maka akan terlihat kode HTML untuk mengedit jika ada susunan artikel yang kurang rapi misal jarak antar paragraf yang terlalu lebar, tampilan ketika mengetik di ediotr blog berbeda dengan PRATINJAU atau jika sahabat ingin menambahkan kode-kode tertentu untuk hiasan pada artikel sekarang silahkan kembalikan ke setelan COMPOSE lagi.

  • Ketujuh, Empat icon ini fungsinya sama dengan di microsoft Word, silahkan blok atau highlight (klik tahan geser ke ) salah satu kalimat lalu klik salah satu dari icon tersebut Bold, italic, Underline, strikehrugh.
  • Kedelapan Untuk mengatur warna tulisan menjadi merah, kuning, biru dan lain-lain.
  • Kesembilan, untuk memberi background warna pada tulisan contohnya "Tehnik menulis artikel kangkomar.net".
  • Kesepuluh, untuk memasukan link pada tulisan misal, saya memasukan link pada sebuah tulisan ini "Cara membuat Blog" yang mengarah ke salah satu url artikel di dalam blog saya, cara memasukan link pada tulisan ini sama dengan cara sebelumnya, tinggal sahabat blok dan tekan icon Link.
  • Sebelas, Icon ini di gunakan ketika sahabat ingin memasukan gambar ke dalam artikel sebagaiman yang sahabat bisa lihat pada artikel ini, terdapat beberapa gambar sebagi penjelas keterangan dan yang paling atas adalah gambar penghias.
  • Duabelas, di gunakan untuk memasukan video ke dalam artikel postinga.
  • Tigabelas, berfungsi untuk memotong artikel agar artikel yang tampil di homepage (Beranda atau halaman depan blog ) tidak terlalu panjang, tapi jarang blogger yang menggunaakn tool ini, kebanyakan menggunakan "Read more" otomatis agar tampilan home page blog lebih rapih dan lebih menarik.
  • Empatbelas, Berfungsi untuk mengatur perataan huruf rata kiri, rata tengah, rata kanan, rata kanan-kiri.
  • Lima belas, untuk memberi penomoran secara otomatis, silahkan di coba contohnya di lihat pad penejelasan Setelan Entri.
  • Enam belas untuk memberi tanda bullet pada list atau daftar contoh nya bisa sahabat lihat di bawah, ketika membahas penggunaaan Publikasikan dan simpan.
  • Tujuh belas, Qoute di gunakan untuk membuat petikan kalimat yang akan menjorok ke tengah, biasa di gunakan pada kalimat kesimpulan.
  • Delapan belas untuk menghilangkan format tulisan, menghapus bullet atau penomoran sehingga semua tulisan yang sahabat beri.
  • Sembilanbelas, Untuk mengecek spelling apa da tulisan yang salah ketik atau bahasa tidak baku.

Setelan Entri

  1. Label, berfungsi untuk memberi label atau kategori pada artikel misalnya dengan judul "cara menulis artikel di blog" di beri label "Blog" sebuah artikel bisa di beri lebih dari satu label caranya, pisahkan label satu dan yang lain dengan koma, cara menggunakannya Klik tulisan "Label", masukan nama label yang di inginkan pada kotak yang tersedia, lalu klik "Selesai".
  2. Jadwal Berfungsi untuk mengatur waktu penerbitan artikel yang di inginkan.
  3. Lokasi berfungsi untuk menetukan lokasi sahabat, cara menggunakannya klik tulisan "Lokasi" masukan nama kota atau negara pada kotak putih lalu klik "Telusuri" jika sudah di tentukan " Lihat gambar petanya), klik tombol "Selesai".
  4. Link di gunakan untuk melampirkan Link pada artikel.
  5. Deskripsi penulusuran berfungsi untuk memasukan deskripsi atau penjelasan isi artikel aahabt.
  6. Pilihan berfungsi untuk mengatur artikel diizinkan atau tidak di penafsiran kode HTML dan perintah Enter.


Tombol publikasi, simpan, pratinjau, dan tutup

  • Publikasikan berfungsi untuk menerbitkan atau mempublikasikan artikel yang telah selesai di tulis dan memasukan atau menyimpan artikel kedalam blog sekaligus menampilkannya di internet.
  • Simpan berfungsi untuk menyimpan artikel di draft kadang untuk menulis artikelkita membutuhkan waktu beberapa jam karnea pada penulisan artikel ada perluan tapi artikel belum selesai di ketik, gunakan tombol ini untuk menyimpan artikel yang telah di ketik gunakan tombol ini untuk menyimpan artikel yang telah di ketiksebelumnya agar bisa melanjutkan menulis artikelnya di lain waktu.
  • Pratinjau berfungsi untuk melihat tampilan artikel di blog sebelum di publikasikan jadi gunakan apakah ada tampilan yang tidak sesuai dengan tampilan di post editor.
  • Tutup berfungsi untuk menutup halaman "Post editor" blogspot dan akan di arahkan ke halaman "Semua post" (termasuk artikel yang ada di draft / konsep).
Cukup ini dulu tutorial cara menulis artikel di blog untuk pemula, sebenarnya masih ada yang perlu di jelaskan lagi tentang penggunana lebih mendalam pada masing-masing fitur nya tapi menulis sampai di sini juga sudah lumayan kuras tenaga jadi selamat menulis kangkomar pamit sampai jumpa.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon