Cara membuat dofollow dan nofollow link di blog

Kangkomar.net - Cara membuat dofollow dan nofoloowe link pada blog wordpress, sebenarnya sudah sangat banyak diskuis yang membahas tentang link "Dofollow" dan "nofollow" pada sebuah blog, dan sebagian besar blogger atau internet markete sudah mengetahu dan memahami tentang perbedaan kedua link ini, dofollow link adalah tag pada link yang mengarahkan untuk mengunjungi halaman yang di-link. Baik itu halaman pada domain yang sama ataupun pada domain yang lain. Sedangkan nofollow link adalah tag pada sebuah link yang memerintahkan bot untuk tidak mengunjungi halaman yang di-link tersebut kalau kurang paham kangkomar sudah pernah membahasnya pada artikel kangkomar kemarin.


Untuk web atau blog di wordpress, link yang ada pada blog post, misalnya link ke artikel di blog oranga lian akan dofollow secara default, dofollow link pada sebuah artikel di blog sahabat akan memberikan link juice dari blog sahabat ke blog orang lain, yang artinya sahabat memberitahukan ke pada Googlebot atau bot search engine lainnya bahwa shabat merekomendasikan halaman di blog orang lain itu dan layak mendapat credit dari blog sahabat, tentu saja ini akan berpengarug pada sebuah SEO.

Ada baiknya kita tidak memberikan tag dofollow pada link baner sponsor, link iklan, dan link ke web lain yang memiliki reputasi buruk (judi, casino, porn, adult, healt dan lain-lain) karena mungkin saja sahabat akan kehilangan credit di mata search engine dan mengurangi score SEO blog shaabat. Terus terang, link dari kangkomar.net menuju URL lain pada bagian blog kangkomar setting nofollow. Hal ini kangkomar lakukan untuk menjaga kredibilitas blog ini di mata search engine apabila link di bagian blog kangkomar ternyata berasl dari blog yang mempunyai reputasi kurang baik di mata search engine, dengan memberikan tag nofollow pada link tersebut maka googlebot akan mengerti bahwa blog kangkomat tidak memberikan kredit pada halaman web lain maupun link mereka ada di blog saya.


Cara memasang tag dofollow pada link

Ada dua cara untuk membuat dofollow dan nofollow link pada blog wordpress kangkomar akan memberikan semua cara yang kangkomar ketahui kepada sahabat setia kangkomar.net selamat membaca dan selamat mencoba.

A. Dengan cara manual

Cara manual tentunya sedikit lebih rumit di banding dengan menggunakan sebuah plugins, sahabat harus sedikit mengerti tentang kode html agar tidak terjadi error paad link yang di buat nantinya, tenang saja kangkomar akan membimbing sampai sahabat mahir. Pada cara manual, setelah sahabat membuat sebuah link, langkah selanjutnya adalah menambahkan rel="nofollow" pad akode html nya. Link pada postingan bisa di edit dengan cara mengubah halaman menjadi tampilan text terlebih dahulu, cari kode html link yang di buat, lalu tambahkan re="nofollow". contoh kode html yang kangkomar ketahuia

Sebelum <a href="https://wordpress.com/"wordpress</a>

Sesudah <a href="https://wordpress.com/" rel="nofollow">wordpress</a>

Setelah menambahkan rel nofolow, sahabat bisa mengubah lagi halaman dalam tampilan visual, dan nanti akan kelihatan link nya. Dan jika sahabat bingung silahkan tanyakan pada kangkomar.

B. Dengan bantuan plugins

Plugins yang kangkomar rekomendasikan untuk membuat link nofollow adalah plugins follow nofollow control (free), dengan plugins ini sahabat bisa memilih domain mana saja yang ingin sahabat masukan tag nofollow dan dofollow, sangat mudah. Lnagkah pertam adlaah instal dulu pluginsnya dari dasbord akun wordpress sahabat, lalu setting plugins sesuai dengan keinginann sahabat, kangkomar saranka untuk mebuat settingan plugins nofollow secara default, dan memasukan list domain yang akan sahababt jadikan dofollow pada kolom yang di sediakan oleh plugins tersebut, kemudian klik save changes. Dengan plugins ini, link dofollow dan nofollow pada blog dapat kita atur dengan sangat mudah sesuai dengan keingan kita.


Setelah sahabat dapat menambahkan rel dofollow dan nofollow pada setiap link di postingan artikel, sahabat tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan kredit di mata search egnine karena memberika link dofollow menuju web atau blog orang lain yang tidak sahabat inginkan semoga artikel ini bisa membantu sahabat setia kangkomar.net selamaat membaca dan selamat mencoba apabila sahabat menemukan kendala dan maslaah silahkan sahabat menghubungi kangkomar.net kangkomar pamit dan sampai jumpa.

3 comments

avatar

Sip gan artikel nya mantap.. kunbal nyo dong kali aja nambah wawasan :d http://bangsharing.blogspot.co.id/

avatar

hehe terima kasih bos syahrul sudah berkunjung ke blog sederhana saya

avatar
Anonymous 2:59 PM

bermanfaat sekali min infonyaa.. thanks udah share
power supply 15v 2a

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon