Sejarah Google Berdiri Yang Wajib Kamu Tahu

Sejarah Google Inc ( NASDAQ GOOGLE ) Yang Wajib kamu Tahu


Halo selamat pagi sahabat dan bertemu kembali di blog saya ini semoga sahabat tidak pernah bosan untuk berkunjung ke blog saya ini kali  ini saya akan membahas mengenai sejarah berdirinya perusahaan Google Inc. Ketika sahabat berbicara teknologi tidak lengkap rasanya kalau sahabat tidak tahu sejarah beridirnya mesin pencari internet terbesar yang berasal dari Amerika serikat ini. 

Google adalah sebuah perusahaan Amerika serikat yang paling terkenal melalui mesin pencarinya yanag juga bernama Google. 

Perusahaan

Google Inc. ( Nasdaq : Goog ) di dirikan pada 7 september 1998 di ruang garasi rumah teman mereka di menlo park, California pada Februari 1999, Perusahaan tersebut pindah ke kantor di 165 University. Palo Alto, California sebelum akhirnya pindah ke " Googleplex" pada akhir tahun tersebut.

Mesin Pencari



Google adalah mesin pencari di internet yang berbasis di Amerika Serikat. Google merupakan salah satu mesin pencari paling populer di web dan menerima setidaknya 200 juta permintaan pencarian setiap hari melalui situsnya dan situ-situs web kliennya seperti American Online ( AOL ). Kantor pusat Google berada di " Googleplex" di mountain view, California.


Sejarah


Google berawal dari proyek penelitian dua mahasiswa Ph.D. Universitas Standford, Larry page dan sergey Brin pada awal 1996 yang berdaskan analisis matematika hubungan antara situs - situs web dengan menggunakan teknik - teknik pencaarian dasar yang di gunakan pada saat itu. Sistem ini pada awalnya di namakan BackRub karena menggunakan Backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.

Yakin bahwa halaman dengan paling banyak link menuju halaman tersebut dari halaman- halaman yang relevan lainya merupakan halaman-halaman yang paling relevan, Page dan Brin memutuskan untuk mencoba tesis mereka sebagai bagian dari studi mereka ini menjadi fondasi bagi mesin pencari mereka. Mereka secara resmi membentuk perusahaan mereka Google Inc pada 7 September 1998.

Google menjadi populer di antara pengguna internet karena desainnya yang sederhana dan bersih serta hasil pencariannya yang relevan. Iklan di jual berdasarkan kata kunci ( keyword ) sehiingga mereka menjadi lebih relevan bagi para pengguna, dan iklan- iklan tersebut di haruskan menggunakan teks saja agar desain halaman tetap rapih dan loading halaman tetap cepat. Konsep penjualan iklan berdasarkan kata kunci di awali oleh Overture yang dulunya bernama GoTo.com. Pada saat kebanyakan perusahaan dotcom lainya bangkrut, Google secara diam-diam semakin memperkuat pengaruhnya dan mendapatkan laba.

Pada september 2001, Mekanisme peningkatan Google (pagerank) di berikan hak paten Amerika. Hak paten terebut di berikan secara resmi kepada Leland Standford University dan mencatumkan nama Lawrence page sebagai sang pencipta.

Pada Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, pemilik Blogger, sebuah situs web pionir dan pemimpin hosting weblog. Akusisi ini tampak tidak konsisten dengan misi umum Google, namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan informasi dari posting-posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel-artikel di Google News.

Pada masa puncak kejayaanya pada awal 2004, Google mengurus hampir 80 % persen dari seluruh permintaan pencarian di internet melalui situs webnya dan klien-klien seperti Yahoo !, AOL dan CNN. Share Google turun pada februari 2004 agar dapat menggunakan hasil pencarian indepedent mereka.


Karangan Lain Mengenai Sejarah Google


Google Unik namanya, Unik Sejarahnya

Siapa yang tak kenal dengan Google. Bagi semua peselancar dunia Cyber pasti suadah sangat akrab dengan mbah Google ini. Google sangat terkenal dengan mesin pencari di rimba belantara dunia maya, yang perlu di lakukan hanyalah mengetik kata sandi yang di inginkan maka mbah Google akan melacak dan mencari informasi apapun yang diinginkan.

Google dengan dua "o" pun unik, sebab jika data hasil pencarian di temukan, jumlah "o" akan muncul sebanyak Web yang di dapat oleh mesin pencari.

Kata Google berasal dari kata Googlo, Kata itu di cipatakan oleh Milton Sirotta, Ponakan Edwards Kasner seorang ahli Matematika dari AS. Sirrota membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 1 (satu) yang diikuti 100 angka 0 (nol), Oleh karena itu penggunaan  kata Google merupakan Refleksi dari kata Googlo.

Tapi tahukah sahabat, Google tak hanya unik dari asal katanya. Google pun memiliki latar belakang sejarah yang unik. Google lahir dari sebuah pertemuan dua pemuda yang terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1995 lalu. Larry page, alumnus Universitas Michigan, yang seadng menikmati knjungan akhir pekan, Tanpa sengaja di pertemukan dengan Sergey Brin, salah satu seorang murid yang mendapat tugas mengantar keliling Lary.

Dalam pertemuan tanpa sengaja tadi, Dua pendiri Google tersebut sering terlibat diskusi panjang. Keduanya memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda sehingga sering terlibat perdebatan.  Namun, perbedaan pemikiran mereka justru menghasilkan sebuah pendekatan yang unik dalam menyelesaikan salah satu tantangan terbesar pada dunia komputer. Yakni, masalah bagaimana memperooleh kembali data dari set data masif.

Pada januari 1996, Larry dan Sergey mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine yang di beri nama Backrub. Setahun kemudian pendekatan unik mereka tentang analisis jaringan mengankat reputasi BackRub. Kabar mengenai teknik baru mesin pencari langsung menyebar ke penjuru kampus. 

Larry dan sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google.

Gayung pun bersambut, Mereka mendapat suntikan dana dari teman kampus, andy Bechtolsheim, Yang merupakan pendiri Sun Microsystems. Pertemuan mereka terjadi pada pagi buta di serambi asrama mahasiswa fakultas standford, di Palo Alto. Larry dan sergey memberikan demo secara singkat karena Andy tak memiliki waktu yang cukup lama.

Melalui demo itu Andy setuju untuk memberikan bantuan dana berupa sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS. Sayangnya, cek iti tertulis nama perusahaan Google, Padalah saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan sergey dan larry.

Investasi dari Andy menjadi sebuah di lema. larry dan Sergey tak mungkin menyairkan cekselama belum ada lembaga legal yang bernama perushaan Google karena itu, dua pendiri Google ini kembali bekerja keras dalam mencari investasi. Mereka mencari pendana dari kalangan keluarga, teman dan sejawat hingga akhirnya, perusahaan Google pun dapat didirikan pada 7 september 1998 dan di buka secara resmi di menlo park, California.

Misi Google adalah, " untuk mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat di akses secara universitas dan berguna." Filosofi Google meliputi slogan seperti " Dont't be evil", dan "kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan", menggambarkan budaya perusahaan yang santai.

Saat ini Google merupakan sebuah perusahaan berpredikat nomor satu dalam top 100 perusahaan yang paling di minati di Amrekia, dengan jumlah pegawai sekitar 10 ribu orang.

Demikianlah itu sedikit sejarah tentang Google yang wajib sahabat ketahui sekian dan sampai berjumpa di lain kesempatan sahabat salam sukses dari saya, kritik dan saran silahkan ketikan di kolom koment.

1 comments:

avatar

panjang juga ya sejarahnya, dan butuh waktu hingga besar seperti sekarang ...
http://cody.id/produk/lampu-service/

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon