Tips Ngeblog Bagi Pemula ( Cerita Pengalaman Pribadi )

Kangkomar.net - Banyak blogger-blogger besar yang sudah lama terjun di dunia blogging membagikan segelintir pengalamannya ke pada para pengunjungnya, hal inilah yang ingin kangkomar lakkan untuk berbagi pengalaman kangkomar selama ini terjun di dunia blogging, hanya sekedar sharing pengalaman saja tidak ada maksud lain, dan jika ada pengunjung kangkomar.net yang berpikiran bahwa ada maksud lain yang ingin kangkomar sampaikan mohon maaf atas ke lancangan dari kangkomar.net.

Kali ini Kangkomar ingin berbagi sedikit pengalaman tentang blogging kepada anda-anda yang baru pertama kali terjun dan nyemplung ke dunia blogging. Namun tapi but, apa yangKangkomar utarakan berikut ini bukanlah hal yang "harus" dilakukan, ini hanyalah sekedar saran. Kangkomar tidak ingin anda sekalian berpikiran bahwa membuat blog itu ribet dan njlimet. jadi santai saja..


Sebelumnya kangkomar ingin bercerita terlebih dulu sedikit aja. Pada jaman dahulu kala, pada saat Kangkomar pertama kali ngeblog, itu hanya sekedar coba-coba saja. Kangkomar nggak punya pikiran apa itu SEO, SERP, Google PR, Alexa Rank,  pokoknya apapun itu tentang "kebanggaan" suatu blog apalagi sampai berpikiran mendapatkan uang dari kegiatan ngeblog. Tapi lambat laun, begitu Kangkomar sudah agak lama mengenal dunia blogging, ternyata Kangkomar bisa menikmatinya. Apalagi di sini Kangkomar bisa menemukan rekan-rekan blogger yang ramah-ramah, cantik, ngganteng, tidak sombong, dan tentu saja eeeehmm. agak "konslet".

Namun karena blog ini blog yang acak-acakan dan tak tentu arah, ada beberapa "penyedia" duit yang tidak berkenan, jadinya blog kangkomar ini ditolak gosong-gosong dengan beberapa alasan. Mau merenovasi blog ini kok ya terlalu banyak yang harus dibetulin, sedangkan mau kembali ke titik awal kok ya terlalu jauh dan eman-eman.. akhirnya ya dibiarkan saja... hehehe

"Cara membuat blog tampak profesional"

Nah dari ceramah singkat, jelas, dan kenyal kangkomar diatas, kangkomar yakin anda sekalian bisa mengambil sebuah hikmah. Pada awalnya mungkin kita hanya coba-coba saja, tapi setelah sekian waktu kita "terjun" juga bertambahnya pengalaman dan pengetahuan kita, kita pasti menginginkan sesuatu yang lebih. maka dari itu, Kangkomar ingin memberikan saran untuk anda semua sebelum anda memulai kegiatan blogging.. tapi ingat, ini hanya saran bukan kewajiban.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat blog :


  • Tujuan membuat blog.


Anda tentukan sendiri anda membuat blog ini untuk apa. Sekedar coba-coba, tugas sekolah/kuliah, sebagai diary, suka-suka saja, promosi barang/jasa anda, atau ada tujuan yang lain. "Kriteria website yang di sukai Google"


  • Tema Blog


Jika blog yang anda buat adalah blog diary atau blog suka-suka, tidak menjadi masalah apabila tema yang anda usung untuk blog anda adalah tema 'Gado-Gado' alias campuran seperti blog Kangkomar.net  ini. Sekarang anda menulis artikel tentang novel romantis, lalu masalah komputer, setelah itu tentang tempat bermain petak umpet, dan seterusnya.

Namun untuk blog yang memasarkan produk/jasa anda atau mencari uang melalui blog, anda harus mengusung tema tertentu yang lebih spesifik dan lurus. jangan suka berbelok-belok apalagi sampai meliuk-liuk. Semisal jika tujuan anda adalah memasarkan jasa travel, maka anda bisa mengusung tema untuk blog anda berupa pembahasan tempat-tempat wisata menarik dan juga tempat penginapan/hotel. Jangan tujuan anda adalah memasarkan jasa travel namun blog anda malah membahas tentang komputer.


  • Pengunjung Blog


Jika dilihat dari faktor pengunjung blog, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan disesuaikan seperti :

  1. pemakaian bahasa (bahasa gaul atau bahasa baku)
  2. gaya penulisan (menggunakan singkatan kata atau tidak)
  3. ringan dan beratnya pembahasaan suatu permasalahan
  4. dan sebagainya.. (udah jangan terlalu banyak dipikirin ntar bingung)
  5. tips blogger pemula, panduan blogger pemula, blogger, membuat blog baru, cara bikin blog, saran membuat blog, tips membuat blog
"cara mencegah invalid traffik pada adsense alias mencegah bom klik"


  • Template blog

Template blog bisa menentukan betah tidaknya seorang pengunjung di blog anda. Beberapa kriteria pemilihan template seperti :


  1. Warna dasar template : anda boleh memilih warna template sesuai warna favorit anda, tapi setidaknya pilih warna yang tidak mudah membuat lelah mata pengunjung. Untuk tema blog bisnis lebih baik memakai warna dasar putih saja karena kesannya lebih profesional.
  2. Jenis, warna, dan ukuran teks yang terdapat pada template : sama halnya dengan pemilihan warna template, manjakan mata pengunjung blog anda dengan huruf yang enak dipandang. Jangan menggunakan huruf yang terlalu besar juga jangan terlalu kecil sehingga tampak terlalu rapat (jangan sampai pembaca harus memakai mikroskop utk membacanya). Juga jangan menggunakan jenis huruf yang aneh-aneh serta terlalu banyak aneka warna
  3. Template yang ringan : Pilihlah template yang ringan sehingga tidak terlalu lama membutuhkan waktu saat loading. Sebagus apapun tampilan template dan artikel anda, pengunjung akan segera pindah ke blog lain apabila dia terlalu lama menunggu blog anda untuk terbuka.
  4. Jumlah widget : kalau pasang widget jangan terlalu banyak. Loading blog akan semakin berat jika tardapat terlalu banyak widget didalamnya. Terlalu banyak widget juga membuat tampilan blog jadi amburadul. 
  • Artikel Blog

Artikel yang anda buat harus orisinil. Jika anda mengambil ide dari postingan blog lain, tulis ulang menggunakan kata-kata dan gaya bahasa anda sendiri. Jangan langsung dicopy mentah-mentah karena jika itu anda lakukan, siap-siap dilempar panci oleh pemilik asli postingan. Selain itu resiko terbesarnya adalah anda akan dilaporkan dan blog anda akan dihapus oleh Google.

Jika anda mengambil sebuah kutipan, jangan lupa disertakan sumber darimana anda ambil kutipan tersebut.

Sering Bertanya

Pernahkah anda mendengar istilah "malu bertanya, jangan bertanya.." eh salah "malu bertanya, sesat dijalan"?

Anda jangan malu-malu bertanya kepada para blogger senior tapi juga jangan malu-maluin.

Akan tetapi dikarenakan ada sebagian blogger yang memberi syarat-syarat tertentu untuk berkomentar di blognya, alangkah baikya sebelum anda bertanya atau memberi komentar anda baca dulu keterangan yang ditulis di atas kotak kolom komentar. Ibaratnya tiap rumah memiliki aturan masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya, demikian juga blog, jadi kita harus menghormatinya.

Tapi yang terpenting adalah sesuaikan tema blog dengan template blog. Jangan sampai tema artikel blog anda membahas tentang musik Rock atau Underground akan tetapi template blog anda berwarna pink dan bergambar personel boyband Korea.. O_o (Ini bukan diskriminasi penggemar boyband lho ya)

Sebagai tambahan, blog kangkomar.net ini termasuk yang nggak boleh dicontoh. Loadingnya berat, widgetnya banyak, tampilannya amburadul, Sudah pokoknya jauh dari kriteria blog ideal.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memulai kegiatan blogging, namun sekali lagi kangkomar tegaskan ini hanyalah saran, bukan aturan wajib. Jangan takut untuk menjadi seorang blogger. Jadi, Happy blogging aja jangan lupa chek kulkas setiap akhir bulan salam sukses dari kangkomar.net

3 comments

avatar

Waah saya lihat blog kang Komar udah ada iklan adsensenya tuh,,, selamat ya 😁

Oh iya, ada sedikit masukan nih kang, font blognya menurut saya sebaiknya pakai font 16 aja.
Kalau font yg kang pakai ini kayaknya font 14, kasian buat pembaca yg udah berumur, karena hurufnya terlalu kecil.

Demikian saran saya kang.

avatar

sebelumnya saya ucapkan terima kasih sudah mampir di blog ane gan, dan terima kasih juga telah memberi saran yang sangat positif pada blog sederhana saya kang izal, saya pikir2 dulu kalau mau ganti ukuran font gan hehe

avatar

Agent judi Online yang terpercaya & Pelayanan yang memuaskan ..
Banyak pilihan Game yang menarik
Ayo kunjungin Web Kami ya www,updatebetting,co pin bb 7*A*C*D*8*5*6*0

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon