Cara membuat daftar isi untuk makalah

Cara membuat daftar isi untuk makalah yang sesuai dengan kriteria guru kita


Kangkomar.net - Cara membuat daftar isi makalah yang sesuai dengan kriteria guru kita di sekolah memang sedikit agak sulit bagi yang belum mengetahui cara dan langkah yang benar, bagaimanakah cara membuat daftar isi untuk makalah yang sesuai dengan kriteria guru kita di sekolah kangkomar akan memberikan gambaran bagaimana cara membuat daftar isi makalah, karena dengan membaca artikel dari kangkomar ini maka di harapkan sahabat kangkomar.net menjadi lebih paham dan lebih mudah membuat dan memahami cara yang benar dan baik dalam membuat daftar isi sebuah makalah yang biasanya di berikan oleh para guru kita di sekolah, tentunya sahabat tidak ingin makalah yang sahabat buat di kembalikan oleh pihak guru karena daftar isi yang salah dan tidak benar, silahkan baca artikel dari kangkomar ini sampai selesai untuk membuat daftar isi sebuah makalah yang baik benar dan tentunya tidak ada duanya.

Dalam pembuatan daftar isi makalah harus lebih teliti terutama dalam hal penomoran, hal ini agar tidak terjadi atau meminimalisir kesalahan dalam penomoran halaman makalah, agar tampak rapih kangkomar sarankan pembuatan daftar isi harus menggunakan aplikasi pengolah kata seperti yang banyak di gunakan seperti aplikasi microsoft word ataupun sejenisnya. Bagi sahabat yang baru membuat makaalah terkadang dalam pembuatan daftar isi suka asal-aslan dan tidak rapih sama sekali, pembuatan titik-titik di buat secara manual dengan hanya asal pencet tombol titik yang ada pada keyboard sehingga hasinya tidak akan rapih.


Pemberian nomor pada judul yang berbeda-beda judul KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI dengan menggunakan penomoran angka romawi berikut adalah contoh penomoran yang baik dan benar.

KATA PENGANTAR............................i
DAFTAR ISI...............................ii

Sedangkan untuk penomoran pada bagian isi seperti bab 1, bab 2, bab 3, dan daftar pustaka, dengan penomoran angka sebagai contohnya silahkan lihat di bawah ini.

Bab 1 Pendahuluan ...............................1
A. Latar belakang ...........................2
B. Rumusan masalah .....................3
C. Tujuan penelitian .......................4
D. Manfaat penelitian.......................5

Bab II Tinjuan pustaka dan pembahasan  ...........6
A. Tinjuan pustaka .....................7
B. Pembahasan ........................8

Bab IV Penutup ........................9
A. Kesimpulan ..........................10
B. Saran ....................................11
DAFTAR ISI ....................................12

Itulah tadi contoh sebuah penomoran pada makalah yang baik dan benar kemudian bagaimana cara membuat daftar isi makalah di dalam microsoft word yang baik dan ber berikut adalah contoh cara penomoran dalam pengerjaan makalah ataupun karya tulis lainnya, di bawah ini adalah langkah yang dapat kangkomar berikan kepada sahabat kangkomar.net selamat mencoba dan bisa langsung di praktekan.


Cara membuat daftar isi untuk makalah

1. Masuk ke aplikasi microsoft word office kemudian sahabat pasti akan menemukan halaman lembar kerja kosong, kemudian aktifkan ruller pada lembar kerja microsoft word dengan cara klik tab ribbon kemudian centang pada ruller, ruller ini di gunakan untuk mempermudah pembuatan titik pada penomoran daftar isi pada sebuah makalah.

2. Kemudian ketikan "DAFTAR ISI" pada bagian atas, kemudian blok judul daftar isi tersebut dan tekan Ctrl + E agar judul di rata tengah, setelah itu buat satu persatu judul bab dan sub judul sampai selesai.

3. Setelah judul telah di tulis semua, lalu sahabat klik pada area ruller sehingga membentuk icon sudut berwarna hitam, kemudian klik double pada tanda tersebut nanti kemudian akan terbuka perintah untuk mengatur tabs.

4. Pada jendela pengaturan tabs, pilihlah pada bagian tabs stop position, pilihlah aligment right, dan juga pilih leader nomor 2, klik tombol set lalu klik tombol ok.

5. Setelah itu arahkan kursor ke judul bab, lalu tekan tombol tab maka secara otomatis titik-titik akan muncul hingga batas tab yang berada pada ruller.

6. Kemudian lakukan langkah yang sama kepada yang lainnya.

Demikian itulah cara membuat daftar isi untuk makalah yang baik dan benar agar makalah sahabat dapat di terima dan tidak harus membuat lagi makalah yang baru karena daftar isi yang salah dan tidak benar,sebenarnya ada banyak cara membuat daftar isi, kangkomar sudah menuliskannya pada artikel kangkomar sebelumnya dan ini merupakan cara membuat daftar isi untuk pembuatan skripsi atau thesis yang memerlukan detail detail khusu dalam pembuatan sebuah daftar isi, kangkomar pamit dan jika ada kritik dan saran silahkan hubungi kangkomar melalui kolom komentar yang ada di bawah ini kangkomar pamit dan jangan lupa bahagia.

1 comments:

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon