plugin untuk mengetahui statistik blog wordpress

Macam-macam plugin untuk mengetahui statistik blog Wordpress


Kangkomar.net - macam - macam plugin untuk mengetahui statistik blog wordpress, kali ini kangkomar akan membahasa tentang wordpress setelah tadi membahas tentang blog sekarang kita kembali ke dunia wordpress. Cara mengetahui statistik pengunjung blog bisa kita lakukan dengan berbagai macam cara, tapi kali kangkomar akan menampilkan beberapa plugin wordpress untuk mengetahui statisktik blog, di samping juga memberikan daftar penyedia layanan penghitung pengunjung blog lainnya yang berbasis website.


Plugin wordpress untuk mengetahui statistik pengunjung blog

Langsung saja kangkomar bahas penggunaan beberapa plugin saja terlebih dahulu, karena blog memang sepiat untuk ngeblog, ada beberapa plugin yang kangkomar rekomendasikan kepada pembaca kangkomar.net, sekedar ingin membandingkan mana yang paling bagus, dan senagaja kangkomar buat berbeda jadinya.




Plugin pertama pastinya adalah wordpress.com stats yang sudah ada sejak tahun 2007 di layananan gratis wordpress, Sekarang wordpress.com stats menjadi bagian dari jetpack, sebuah  paket plugin yang wajib di instal di wordpress menurut kangkomar pribadi. Berikut adalah tampilan statistik pengunjung salah satu blog orang lain.

Kelebihan wordpress stats adalah tampilannya yang sederhana, selain jumlah pengunjung juga ada daftar kata pencarian (keyword), daftar posting yang di akses dan juga daftar URL yang tidak di klik pembaca blog kita sangat membantu bukan.

Semua laporan itu tersedia untuk satu hari, satu minggu atau juga bulanan atau bahkan sepanjang masa sejak kita menggunakannya pertama kali tergantung setting yang kita konfigurasikan di awal.



Ini adalah plugin yang tampilannya relatif simple dan bisa di atur berdasar kesukaan kita, namun sayangnya tampilannya tidak bisa di tentukan "Esok, hari ini, minggu ini, atau bulan ini, melainkan selalu berkelanjutan seperti 24 jam yang lalu, 7 hari yang lalu atau 30 hari yang lalu. Meskipun demikian, Wassup memiliki kemampuan untuk update secara berkala, dengan selalu me-refresh laporan pengunjung blog yang ada dalam tempo yang kita tentukan.

Di samping ada juga rekap top stats yang menyajikan data seperti kata kunci dan halaman yang sering di kunjungi, tapi tidak kurang menarik bagian ini, kelebehian lainnya yaitu kemudahan melihat halaman apa saja yang di buka oleh seroang pengunjung karena datanya yang di tampilkan satu baris.



Wp Slimsat memberikan data yang sangat banyak kepada kita, namun kalau sudah terbiasa dan bisa membuat setting yang pada untuk menampilkan lapora informasi yang di hasilkan bisa menjadi sangat informatif plugin yang satu ini. Report statistik bisa kita pilih untuk menampilkan overview stat yang menampilkan data pengunjung blog secara keseluruhan, tampilan konten saja yang membantu kita memahami mana konten yang paling sering diakses di blog kita, tag populer, kategori populer, link outbond yang sering di klik dan masih banyak lagi.

Selain konten, kita juga bisa melihat secara detail visitor dan traffic source, pada setiap view itu ada banyak widget yang bisa kita atur sendiri tampilannya seperti kita membeli plugin profesional.


Google analytictor adalah sebuah salah satu plugin yang di kembangkan oleh develper plugin SEO Ultimate yang juga saya sangat rekomendasikan, videousermanual.com
Plugin ini langsung menampilkan statistik Google analytic dalam dasbord kita secara langsung. Jadinya kita tidak perlu sering-sering mengakses Google Anlytic secara langsung karena ringkasannya sudah ada di dasbord wordpress kita sangat kangkomar rekomendasikan menggunakan plugin ini.



Cara mengetahui statistik pengunjung blog dengan tool berbasis web

Selain menggunakan plugin, kita juga bisa menggunakan layanan lain yang berbasis web yang biasanya kita hanya perlu menambahkan sebauh tracking di blog, baik dengan menggunkana widget atau juga dengna tracking code sederhana saja. Dalam kategori ini mungkin Google Analytic adalah salah satu toolg yang merupakan standar dalam anlytics. 

Banyak juga layanan utnuk mengetahui statistik pengujung blog lainnya, seperti sitemeter dan juga Histats, namun kali ini kangkomar untuk tidak membahasnya sekaligus, takutnya artikel ini menjadi terlalu panjang dan yang akhirnya tidak terbaca semua oelh para pengunjung kagkomar.net jika ada kritik dan saran yang ingin di sampaikan kepada kangkomar silahkan berikan di kolom komentar atau di kolom hubungi kami kangkomar pamit sampai jumpa.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon