Cara Menggunakan RSS Feed di Wordpress

Cara Menggunakan RSS Feed di Wordpress dan Penjelasannya


Setiap website yang menggunakan platform Wordpress secara otomatis meneberbitkan RSS Feed, tahukah sahabat apa itu RSS feed dan bagaimana cara menggunakan RSS feed pada website wordpress sahabaat? Dalam kesempatan kali ini sayaa akan mencoba memberikan penjelasan tentang ap itu RSS, keuntungan apa yang kita dapatkan saat menggunakan RSS, bagaimana cara menggunakan RSS feed pada website wordpress sahabat dan tentunya bagaimana membuat RSS wordpress sahabat ke tingkatan para masta.


Penjelasan RSS (Realy Simple Sydication)


RSS feed sendiri merupakan singkatan dari Realy simple syndication) atau juga ada yang menyebut Rich site summary, atau banyak juga yang menggunakan istilah feed atau news feed untuk menggantikan istilah RSS, saya yakin bahwa sahabat tidak mau melewatkan kabar terbaru dari website favorit sahabat dan akhirnya memasukan website-sebsite favorit tersbut ke dalam bookmark di browser yang kemudian sahabat secara manual setiap kali ingin mengetahui kabar terbaru dari website tersebut.

Namun bukankah akan lebih sedrhana dan mudah bila sahabat meminta ke website favorit tersebut untuk memberi tahu sahabat setiap ada tulisan terbaru ? Inilah yang di lakukan oleh RSS atau feed, yaitu memungkinkan pengguna untuk terus mendapatkan informasi terbaru tanpa harus secara manual berkunjung ke website tersebut. RSS memungkinkan pemilik website atau penyedia konten untuk melakukan sindikasi secara otomatis kepada konten mereka sendiri sehingga bisa di buka di e-mail, feed reader, dan atau perangkat lain yang mendukung RSS feed.

Pada dasarnya RSS feed merupakan sebuah dokumen XML yang terstruktur meliputi kesimpulan atau isi teks lengkap dengan metadata lainnya seperti tanggal tulisan, nama penulis, dan kategori tulisan. Nah RSS feed yang berupa file XML ini kemudian dapat di buka oleeh "Feed reader", ataupun "aggregator" dalam wujud bermacam-macam mulai dari aplikasi web, aplikasi dekstop maupun aplikasi mobile.

Keuntungan dari RSS feeed


RSS feed membuat orang lain lebih mudah untuk berlangganan konten sahaabt dengan menggunaka RSS mereka dapat menerima informasi terkini dari website atau blog sahabat langsung ke browser (kecuali Google Chrome), yang harus menggunakan ekstensi tambahan, feed readers, aplikasi dekstop, dan perangkat lainnya. Orang-orang yang menyukai konten sahabat tidak harus mengingat URL webstie atau blog sahabat karena mereka bisa membawa konten sahabat ke dalam sebuah tempat terpusat yang sering mereka kunjungi dan mereka inginkan konten sahabat menjadi portabael (mudah di bawa ke mana saja) bahkan bisa di akses tanpa harus online ke internet. RSS feed juga sangat embantu dalam membangun loyalitas pembaca konten website atau blog sahbaat, karena para pelanggan RSS feed akan lebih suka berbagi kepada orang-orang di sekitarnya tentang konten yang ia terima dari sahabaat.

Sebagai pembuat konten sahabat juga di haruskan banyak membaca, dan dengan menggunakan RSS feed sahabat bisa lebih menghemat waktu sahabat untuk menerima konten dari website yang menurut sahabat layak di jadikan referensi atas konten yang sahabat buat nantinya, sehingga pada akhirnya juga meningkatkan produktifitas sahabat sebagai pembuat konten dan juga membuat konnten sahabat tidak basi karena selalu mengikuti perkembangan trends yang terjadi saat ini.

Cara Menggunakan RSS feeds


Sekarang sudah tiba saatnya kita masuk ke dalam sebuah inti yaitu cara menggunakan RSS feed untuk sahabat yang belum tahu cara menggunakan RSS feed ini tenang saja saya akan menjelaskannya sampai tuntas dan tidak ada yang tersisa, Sahabat bisa berlangganan RSS feeds menggunakan sebuah feed reader, namun saya sarankan atau merekomendasikan sahabat untuk menggunakan aplikasi "Feedly" aplikasi ini tersedia dalam berbagai bentuk seperti add-on browser serta aplikasi mobile untuk iOS dan Android, aplikasi ini dapat sahabat unduh di google play store maupun di app store atau juga bisa mencarinya sendiri di mesin pencari www.Google.com


Feedly jga memungkinkan sahabat untuk mensingkronisasi RSS feeds langganan di berbagai perangkat yang sahabat miliki, berikut sedikit tampilan petunjuk cara menggunakannya.




Mempromosikan RSS feeds 


Sebagai seorang pengguna Wordpress, konten sahabat sudah otomatis ter-publsih RSS feednya, sahabat dapat mengajak pengunjung webstie sahabat untuk berlanggana RSS feed dengan menambahkan icon RSS di side bar atau di lokasi manapun yang menurut sahabat strategis dan pantas, ini contoh penempatan di website atau blog kangkomar.net.



Sahabat juga bisa membakar RSS feed sahabat menggunaka feed burner untuk mendapatkan data stastistik tambahan terkait dengan RSS sahabat, saya berharap pembahasan saya mengenai RSS feed ini bermanfaat dan menambah pengetahuan sahabat mengenai RSS dan bagaiman cara menggunakannya di Wordpress, jangan lupa untuk berlangganan RSS kangkomar.net untuk mendapatkan informasi terkini seputar WOrdpress for busnies, komputer, tips dan trik aplikasi yang bermanfaat untuk sahabat setia pembaca kangkomar.net, kritik dan saran sangat saya harapkan untuk memajukan kualitas blog kangkomar.net menjadi lebih baik lagi salam sukses dari saya dan terma kaish telah berkunjung ke dalam blog saya sampai jumpa di lain kesempatan.


Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon