Cara mengatur huruf di blog

Cara Mengatur Huruf Di Blogspot Dengan Cepat dan Mudah


Kangkomar.net - Cara mengatur huruf di blog, salam sukses dari kangkomar apa kabar sahabat pecinta setia kangkomar.net semoga sahabat kangkomar di berikan kesehatan dan kesuksesan, kali ini kangkomar akan menjelaskan tentanf cara mengatur huruf di blogspot.

Mengganti jenis font blogger, terkadang jenis font (family font) bawaan template blog di rasa kurang sesuai dengan keinginan kita, sehingga kita haru s merubahnya sedikit dengna jenis-jenis font lain agar tampilan blog lebih bagus atau setidaknya sesuai dengan konteks atau tema blog.



Pada kesempatan ini kangkomar terlebih dahulu akan membahasa tentang mengganti jenis font pada css fonts dan bukan dengan Custom font, yang menggunakana javascript dan  biasanya bersumber dari API Google. Penggantian font dengan font csss lain, meskipun sederhana tampilannya, namun cukup aman dan cepat di load, karean browser dan komputer telah memiliki database font-font tersebut.


Pengetahuan tentang jenis font (font family) dalam css


Jenis font di dalam css di nyatakan dengan properti font-family, sehingga dalam penulisaanya deskripsi css font-family di tuliskan seperti contoh sebagaia berikut

p{font-family:"Times New Roman";....;}

atau di persingkat dengan shorthand (di tuliskan dengan font saja):

p{font: Times New Roman";..;}



Ada dua jenis kategori font yaitu:


a. Font famliy : Nama-nama utama (root name) font, misalnya times, arial, courier, dan masih banyak lagi.

b. Generic family : Nama-nama font turuanan, misalnya serif, sans serif, cursive dan masih banyak lagi.

Penulisan font family yang sering kita jumpai dalam css terdiri dari font family dan generic family, keduannya di tuliskan berurutan dengan tujuan apabila sebuah font tidak tersedia dalam database suatu browser, mak browser akan merujuk pada jenis font lain yang telah di tuliskan di belankangnnya.
Contoh penulisan font family:

p{font-family:"Times new roman", Georgia,serif;..;}

Catatan, perhatikan tanda kutip pada time new roman, tanda kutip yang di gunakan pada nama font yang memiliki jarak spasi kososng (white space).

Selalu tuliskan css jenis font dengna aturan seperti di atas untuk berjaga-jaga apabila browser yang di gunakan pengunnjung untuk berkunjung ke blog kita tidak memilik database font yang diinginkan sehingga browser dapat langsung melompat ke jenis font lainnya.

Font pada Template Blogger

Pada dasarnya font di dalam template blogger di tentukan dengan css styling, sehingga harus mengubah jenis font, maka jelas perubahan di lakukan pada css.nya, ada dua cara yang biasanya di gunakan untuk membuat default font pada tmplate Blogger.

  • Menuliskan variable css font untuk bagian-bagian (element) tertentu, misalnya judul blog, deskripsi blog, judul posting, footer posting, footer, judul sidebar, dan seterusnya. Kemudiana menuiliskan variable tersebut pada font  family masing-masing elemn, variable terletak di bagian atas css, biasanya setelah atau dekat dengan <b:skin><![CDATA[, contoh variable-variablenya. <Variable name="dateHeaderFont" description="Date Header font" type="Font"....... Sebagai contoh, jika saya ingin untuk menyatakan jenis font yang di pakai dalam judul posting (header posting), sayaa mengugnakan nama variable (name=) postTitlefont sebagaia perwakilan jenis font pada properti font family nama blog yang telah di tuliskan pada variable, nama variable yang di gunakan sebagai deklarator di tuliskan dengan di awali tanda $:
  • Menuliskan langsung jenis font pada propertynya (font family atau font), contoh .pst h3 (font family:"Georgia, times, serif;..;}.
Demikian point serta cara untuk mengubah atau mengganti jenis font di blogger berigtu mudah dan simple kan sahabat.


Mengubah jenis Font di template blogger atau blogspot


Sesuai dengan dua cara untuk menentukan font pada template Blogger di atas, maka pastinya cara untuk menggantinya pun ada 2, yaitu mengubah font pada variable atau langsung mengubah property font family di setiap elemen, mengubah variable sangat riskan karena ada nilai default dan value yang merupakana aturan general (dasar) pada elemn-elemen utama blog, oleh karena itu lebih baik ganti font langsung pada property font familyny saja.

Cara mencari dan mengubah jenis font family pada setiap elemen css.

  • Pertama kunjungi situs blogspot.
  • Login dengan email dan password sahabat
  • Pilih Template, Edit Html / Template Blogger.
  • Cari elemen css dengan cara menekan CTRL + F, biasanya letaknyaantara <b:skin><!cDATA[ dan ]]></b:skin>.
  • Setiap elemen css di template Blogger memiliki nama yang berbeda seuai yang telah di berikan oleh pembuat template tersebut, tapi secara umum, nama-nama itu hampir mirip dan memiliki deklarator umum yang sama:
misalnya untuk elemen judul posting, biasanya di tuliskan dengan .post h3, .post h2, #post h3, #post h2, .h3, .h2, (h menyatakan header header atau judul / title, berlakk pula untuk judul sidebar, dan lain-lain. dan maish banyak lagi, untuk isi psoting biasanya di nyakana dengan .post demikian dengan sidebar, ada banyak variasi namun dapat di pastikan semua mengandung kata yang sama : sidebar.

  • Setelah elemen-elemen di temukan, selanjutnya carai property font-family atau font yang di belkangnya ada definisi font atau nama variable seperti contoh variable diatas. Ganti dengan jenis-jenis font baru pada bagian tersebut, contoh 
.psot h3 {font-family :Georgia, times, serif;..;}Ganti bagian font yang berwarna biru dengan font-font lain atau biasanya juga di tampilkan dengan nama variable,.post h3 (font-family : SpostTitleFont;}Ganti bagian font yang berwarna biru dengan font-font lain.

  • Sahabat juga dapat menambahakan jenis font baru pada elemen yang belum memiliki aturan font-family.
Misalnya, pada bagian comment blog saya belum ememiliki aturan jenis font khusus, maka saya dapat menambahkan font-family / font di dalam css-nya:

seblumnya #comments {margin:0px 0px 0px 0px; padding:15px 20px 15px 20px; text-align: left; color :#4c4c4c; border: 1px solid #cc;background:#FFFFFF;}sesudahnya#comments {margin: 0px 0px 0px 0px; padding: 15px 20px 15px 20px; text -align: left; color :#4c4c4c; font:"Times New Roman", Trebucket, serif; border 1px solid #ccc; background:#FFFFFF;}

  • Untuk mengetahui jenis font, cek di situs css web safe fonts
  • Setelah selsai mengubah atau menambahkan font, save template.
Demikian artikel cara mengatur huruf di blog, jika ada masalah atau pertanyaan lebih lanjut mengenai font, pengubahan fot, serta elemen cs blog yang belum di ketahuai oleh sahabat silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini kangkomar pamit sampai jumpa.


Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon