Cara Blogwalking Yang Benar dan Efektif

Cara Blogwalking yang Benar dan Efektif


Kangkomar.net - Cara blogwalking yang benar dan efektif, dalam dunia blogging dikenal istilah Blogwalking, bagi para blogger sendiri, istilah tersebut nampaknya sudah tidak asing terdengar. Apa itu blogwalking ? Secara bahasa bisa kita artikan Blogwalking (BW) itu sebagai kegiatan "Jalan-jalan" atau bahkan hal ini mengunjungi sebauh blog (blog orang lain), adapun tanda seseorang telah melakukan blogwalking adalah dengan meninggalkan jejak berupa komentar di sebuah postingan, jadi jika seseorang hanya mengunjungi blog tanpa berkomentar, mak itu tidak bisa di katakan blogwalking.



Banyak maksud dan tujuan orang-orang melakukan blogwalking dan berkomentar ke sebuah blog, selain mungkin karena tertarik dengan isi postingannya, sehingga terpanggil untuk berkomentar, atau bertanya dan berterima kasih, ternyata ada tujuan lain kenaoa banyak blogger yang menganggap penting blogwalking ini, salah satunya tujuannya adalah untuk bertukar dan menanam backlink untuk menaikan jumlah visitor dan pagvew blog.

Misal kita berkomentar di postingan blog orang lain, lalu di komentarnya tersebut kita menanamkan backlink yang mengarah ke blog kita, mak dari situ potensi datanya trafik akan bertambah baik dari admin blog yang di komentari, maupun dari visitor lain yang juga ikut berkunjung ke blog orang itu.

Sehingga jelas blogwalking ini bisa berdampak positif secra SEO (search engine optimization), dengan catatan jika kegiatan blogwalking-nya di lakukan dengan benar dan bijak. Bagaimana maksudnya ? Nanti kangkomar akan bahas semuanya, mulai dari kesalahan-kesalahan yang di lakukan blogger saat blogwalking hingga sebaliknya, namun sebelum membahas ke sana, saya akan berikan dulu penjelasan lebih detail tentang apa saja sebenarnya manfaat dari melakukan blogwalking atau berkomentar di postingan blog orang lain.


Manfaat Blogwalking

1. Menanam dan memperbanyak backlink ke blog sendiri

Hal ini lah yang kebanyakan memotivasi para blogger untuk melakukan blogwalking (BW) dengan berkomentar di blog orang lain, maka secara langsung bisa menambah backlink menuju blog sendiri. Walau pada kenyataanya jumlah backlink sudah bukan jadi tolak ukur lagi bagus tidaknya sebuah blog, tapi setidaknya dengan semakin banyaknya jumlah backlink yang menuju ke blog, maka tentunya akan lebih berdampak baik bagi kualitas dan trafik blog itu sendiri.

2. Meningkatkan jumlah visitor dan pageview

Ini adalah efek lanjutan dari nomor satu di atas dengan di tanamnya backlink di kolom komentar maka akan bisa menarik trafik tambahan, baik itu dari admin blog maupun dari visitor lain yang mungkin juga sama-sama berkunjung ke dalam blog yang di komentari tersebut, sehingga dengan bertambahya visitor akan berdampak juga pada tambahnya pageview (tampilan halaman ) jika visitor tersebut membuka lebih dari satu artikel di blog kita.

3. Menambah wawasan dan pengetahuan

Ini adalah manfaat secara tidak langsung bisa sahbat rasakan manakala melakukan blogwalking. Karena dengan berkunjung ke blog orang lain dan membaca isi postingannya, kemudian berkomentar di sana, maka saat itu juga tanpa di sadari, sahbaat sedang mengupgrade pengetahuan dan wawasan sahabat tentang sesuatu hal yang di bahas di postingan blog yang di komentari tersebut.

Selain itu seringkali seorang blogger engalami stuck menemukan ide dalam membuat postingan. Dalamn keadaan seperti ini, blogwalking bis jadi solusi efektif unutk menemukan inspirasu dan ide baru yang bisa di garap langsung untuk menciptakan artikel fresh di blog sahabat.


Kesalahan Blogwalking

Itulah beberapa manfaat blogwalking secara mendetail, tentunya sekali lagi, manfaat tersebut di atas bisa di capai hanya dengan catatan kegiatan blogwalking di lakukan secara benar dan bijak. Masalahnya adalah banyak sekali para blogger yang berkomentar di suatu postingan namun tidak di lakukan dengan benar.

1. Komentar SPAM

Kesalahan yang paling sering di lakukan adalah berkomentar SPAM, melakukan blogwalking dengan komentar spam tentu kurang etis untuk di lakukan, komentar spam ini biasanya tidak berkaitan dengan isi postingan, kerap berisi link-link jualan yang mengarah ke website tertentu. Di sebut spam juga karena biasanya jenis komentar seperti link bukan hanya ada di satu blog, tapi di sebar jadi di banyak blog, bisa ratusan atau bahkan ribuan blog, dan yang melakukannya juga bisa jadi bukan real human, tapi robot atau bot yang di program khusu untuk melakukannya. Kalaupun memang manusia yang berkomentar, pasti dia juga tidak membaca isi postingan, hanya berkunjung dan meninggalkan komentar, hal-hal sejenis ini juga sangat tidak di sukai, baik oleh visitor maupun search engine.

Maka dari itu, sangat penting bagi para admin blog utnuk menyetel moderasi pad form komentarnya, sehingga setiap komentar yang masuk akan melewati proses penyaringan terlebih dahulu, hanya komentar-komentar berkualitas yang nantinya di tampilkan, komentar spam di buan saja jangan di tampilkan.

2. Terlalu membabi buta dalam melakukan blogwalking

Kesalahan di atas adalah berkaitan dengan isis komentar yang kebanykaan tidak relvan sehingga dianggap spam, nah apakah jika berkomentar, relevan dengan isi postingan bisa juga berpotensi spam ? Jawabannya bisa saja.

Salah satu contoh kasus yang pernah saya dengar adalah yang menimpa blog cara ririn beberapa tahun yang lalu, blog tersebut waktu itu merupakan blog yang cukup berkembang pesat dan kerap menjadi rujukan para blogger lain untuk belajar blog. Namun di tengah-tengah kejayannya, blog tersebut tanpa di sankga sebelumnya hilang entah kemana di hapus dari sistem Google (karena masih berplatform Blogger).

Banyak blogger lain yang di buat heran kenapa blog bagus seperti itu bisa kena penalti dan di hapus oleh Google, usut punya usut, diakui oleh adminnya, ternyata penyebabnya adalah karena sebelumnya dia sering bekomentar di blog-blog lain dengan menggunakan akun OPEN ID.

Kita tahu jika blog kita berplatform Blogger, mak cara yang efektif untuk menanamkan backlink blog di komentar adalah dengan menggunakan OPEN ID, dengan OPEN ID, maka nama komentator akan berubah menjadi sebuah link aktif menuju blog si komentator, nah saat itu belau juga mengakui bahwa telah terlalu banyak blogwalking dan berkomentar menggunakan akun OPEN ID dengan interval waktu yang mungkin berdekatan, yang kemudian disinyalir menjadi penyebab blognya di dteksi sebagai SPAM oleh robot Goolgle, padaha; isi komentarnya juga sangat relevan dengan postinganya, yang akhirnya blognya di hapus secar permanen oleh pihak Google.

Itu hanya salah satu contoh studi kasus kasus yang menunjukan bahwa blogwalking juga harus di lakukan secar hati-hati dan benar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Blogwalking yang Benar dan Efektif

Sekarang langsung saja kita masuk ke bagian inti, bagiamaan seharusnya melakkukan blogwalking atau berkomentar di blog orang lain dengan benar dan baik, sebenarnya dengan mengetahui keslaahan-kesalahan blogwalking dan manfaat blogwalking di atas, seharunya sahabat sudah bisa menarik kesimpulan tentang bagiaman seharunya blogwalking itu dilakukan, tapi biar lebih jelasnya kagnkomar berikan urainnya.

  • Baca artikel yang ingin di kometari, pahami isinya.
  • Komenatar Harus Relevan
  • Bekomentar di blog dengan niche yang sama
  • Menyertakan link di komentar (tapi jangan terlalu)

Demikian cara blogwaking yang benar dan efektif yang bisa di terapkan di dalam kegiaatn blogging, sehingga kita bisa meraksna manfaat dan kegiatan blogwalking yang di lakukan, bukan malah sebaliknya. Untuk selanjutnya, sahabat bisa mengoptimalkan dengan cara mencarai rekan blogger untuk saling bertukar link dan saling promo dalam sebuah artikel review sehingga dapat membantu memperbanyak backlink natural yang menuju ke dalam blog masing-masing, terima kasih telah berkunjung kangkomar pamit sampai jumpa.

2 comments

avatar

Saya awalnya aktif berbagi tips di youtube, tapi sekarang saya coba belajar mengembangkan blog. Tips anda bermanfaat terimaksih banyak. Salam dari saya (www.rolisupiawan.com)

avatar

oke terima kasih sudah mampir di blog sedrhana saya gan

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon