Cara Belajar komputer mudah untuk pemula

Belajar komputer mudah untuk pemula terlengkap

Kangkomar.net - Cara belajar komputer mudah untuk pemula, kangkomar kali ini akan membagikan ilmu mengenai cara belajar komputer dari A-Z agar semua sahabat mahir dan paham menggunakan dan mengoperasikan komputer. Pada psotingan kali ini kangkomar akan menjelaskan tentang cara belajar komputer untuk pemula sampai mahir terlengkap. Sebenarnya sudah banyak sekali teknik-teknik belajar komputer yang sudah di bahas oleh para ahli komputer baik secara online maupun secara offline (melalui seminar, kursus komputer dan di sekolah-sekolah saat sahabat bersekolah), tapi tidak ada salahnya jika sahabat membaca artikel kangkomar ini. Untuk menambah pengetahuan sahabat mengenai cara belajar komputer yang baik.



Cara mudah dalam menggunakan komputer, merupakan tujuan utama pembuatan artikel ini, karena sahabat akan benar-benar di pandu sebagai pengguna komputer pemula, sebelum sahabat benar-benar secara bertahap Belajar komputer unutk tingkat lanjut, seperti belajar Hardware komputer, software komputer, cara merakit komputer dan lain-lain tidak ada slaahnya jika sahbaat belajar terlbeih dahulu trik-trik belajar komputer yang menyenangkan agar kegiatan berkomputer sahabat bisa menjadi lebih nyaman dan rileks.

Ketika sahabat baru oertama kali menggunakan komputer, pasti sahabat akan merasa asing dengan perlatan komputer yang sahabat punya, itu merupakan hal biasa, seiring berjananaya waktu, maka sahbat akan terbiasa menggunakanya, berikut adalah langkah-langkah dasar yang harus di perhaitkan agar ketika sahabat mengugnakan komputerr tetap nyaman dan menyenangkan.

1. Gunakan Komputer Pribadi ( Milik sendiri )


Dengan menggunakan komputer milik sahabat sendiri, proses belajar komputer akan jauh lebih mudah dan menyenangkan, karena dengan memakai komputer milikk sahabt sendiri, sahabt akan lebih kosentrasi dalam belajar dan tidak dikejar-kejar oleh waktu. Sahabat juga bisa sesuka hati sahabat dalam menentukan jadwal belajar komputer, bayangkan jika menggunakan komputere oran lain. Pastinya tidak akan sebebas seperti sahabat menggunakan komputer milik pribadi, perasaan takut rusak dan lamanya waktu belajar yang sahabat habiskan pasti akan menghantui diri sahabat.

2. Mengetahui dasar dari Komputer

Kita semua tahu bahwa PC atau Komputer sangat berguna bagi kehidupan kita. Komputer dapat di gunakan untuk berkomunikasi engan komputer yang lainnya ataupun penggunan khusus seperti dalam bidnag sains. Sesuatu ada pasti dengan dasar atau produksi pondasi untuk membangunnya. Sama dengan sebuah komputer yang memiliki pondasi untuk membangunnya. Pondasi atau elemen dasar pada seluruh komputer ada tiga yaitu Hardware, Software dan Brainware. Hardware (perangkat keras komputer) adalah komponen atau bagian pada komputer yang dapat di lihat dan di sentuh secara fisik, seperti contohnya monitor, mouses, keyboard dan lain-lain. Sedangkan software (perangkat lunak komputer) adalaah semua sistem operasi dan aplikasi program pada komputer dan tidak dapat di sentuh secara fisik seperti sistem operasi windows, linux, microsoft office, anti virus, winampa, dan lain-lain dan Brainware adalah user yang mnegugnakan komputer tersebut.


3. Ketekunana dan Kesabaran

Ketekunan dari diri kita sendiri berperan cukup besar dalam memahami dan mempelajrai bagaimana memaksilmalkan kinerja kita dalam menggunakan komputer. Ketekunan dapat embuat kita ahli dalam beberapa bidang. Selain kesabaran, ketekunan juga di perlukan dalam proses awal belajar komputer. Tingkat frustasi bisa saja muncul ketika kita mengalami kesulitan dalam mencarai dan menggunakan sesuatu pada sistem komputer yang kita miliki, tau kita hadapi.

4. Mulai Belajar Shorcut komputer

Shorcut (pintasan) adalah jenis jalan pintas yang sering di gunakan untuk menjlankan suatu perntah pada komputer. Kalau di dekstop, Shorcut berupa icon, sedangkan dalam suatu program, shorcut biasanya berupa keyboard shorcut. Tujuan penggunaanya shorcut ini adalah unutk mempercepat pemberian perintah pada komputer kita, tidak perlu banyak klik sana sini cukup menekan sedikit kombinasi tombol atau sedikit klik, kita dapat memberikan perintah pada komputer dengan mengetahui Shorcut dalam komputer, maka sahabat akan jauh lebih cepat dalam memahami komputer, berikut beberapa contoh shorcut yang kangkomar berikan kepada pembaca setia kangkomar.net.

  • Tombol CTRL + C (Berguna untuk mengkopy atau menyalin file item).
  • Tombol CTRL + X (Berguna untuk memotong sebuah item).
  • Tombol CTRL +V (Berguna untuk mem-paste item).
  • Tombol CTRL + Z (Berguna untuk membatalkan suatu proses terkahir)
  • Tombol DELETE ( Berguna untuk menghapus suatu item).
  • Tombol SHIFT + DELETE (menghapus item yang di pilih secara permanen, itmeyang terhapus tidak di buang ke dalam Recycle Bin)
  • Tombol CTRL + SHIFT sambil menyeret item (Berguna untuk membuat pintas item yang di pilih).
  • Tombol CTRL + A (Memilih semua file). dan masih banyak lagi.

5. Membuat Dokumen Baru

Mulai membuat dokumen baru merupakan langkah untuk memulai berkenalan dengan komputer. Dalam proses belajar mengetik,  sahabat tidak usah panik karena sahabat masih belum terlalu cepat dalam mengetik dokumen, karena seiring berjalnanya waktu dan semakin bertambahnya ilmu yang sahbaat kuasai tentang komputer, maka kecepatan mengetik sahabat akan semakin bertambah, sahabat juga bisa mengasah keterampilan mengetik sahabat dengan mencoba SOftware-software yang di rancang untuk melatih jari-jari sahabat agar lebih mudah dan lebih cepat dalam mengetik seperti Typing master, maxtype lite, TIPP 10 Typing tutor dan masih banyak yang lainnya yang tersedai secara gratis di Google.

6. Terus Berlatih dan Terus Mencoba

Semakin sahabat sering berlatih, maka kemampuan komputer sahabat akan semakin terasah. Guankaan waktu senggang sahabat untuk mengotak atik komputer ke sayangan sahabat. Gunakan fasilitas internet untuk membantuk sahabat dalam proses belajar komputere karena banyak sekali tips dan trik sekaligus ilmu-ilmu baru yang mungkin belum sahabat ketathui dan tersedia secar gratis di Internet.

Semoga dengan beberpa tips belajar komputer untuk pemula ini dapat membuat sahabat lebih cepat dalam proses belajar komputer saya kangkomar pamit, jika ada pertanyaan seputar komputer silahkan sahabat ketikan di kolom komentar di bawah ini, karena satu komentar yang sahabat berikan kepada kangkomar sangat berguna dan berarti untuk kangkomar jadi sampai jumpa dan selamat berlatih komputer sahabat. 

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon