Teknik Copywriting Facebook Fans Pages agar Bisnis Anda Laris

Teknik Copywriting Facebook agar Bisnis Laris Manis


Halo selamat sore sahabat apa kabar sahabt di sore hari ini semoga masih dalam keadaan semangat ya sahabat, kali ini saya akan membagikan cara teknik copywriting facebook agar bisnis laris manis dan tidak langsung bangkrut atau gulung tikar dalam waktu yang singkat. Tentunya sahabat tidak mau kalau melakukan usaha dan langsung rugi besar -besarn akhirnya gulung tikar, tentu tidak ingin kejadian ini mengalami usaha sahabat bukan?, semoga artikel saya kali ini dapat bermanfaat bagi seluruh sahabat pengguna facebook maupun bukan pengguna facebook selamat membaca.


Teknik Copywriting Facebook agar Bisnis Sahabar Laris Manis



Copywriting adalah sales dalam bentuk tidak langsung bertatap muka, Copywriting merupakan bagian dari creative advertising di mana membutuhkan keterampilan dama membuat naskah iklan dengan kata yang menggabungkan kreativitas, intelektual, dan seni, agar maksud penjualan suatu produk bisa tersampaikan ke calon pelanggan dengan baik.

Hadirnya coywriting di bidang periklanan adalah angin segar, dengan adanya copywriting, di harapkan bisa berhasil mengomunikasikan pesan kepada target pasar. Copywriting adalah teknik untuk menghasilkan tulisan (juga bisa di tambah selain tulisan) yang menraik minat pembaca.

Copywriting ini sangat penting bagi dunia periklanan, termasuk dalam digital marketing. Ketika pembaca sudah tertarik, maka repon selanjutnya yang di harapkan adalah pembaca tersebut membeli produk. Secara sederhana, Copywriting ini adalah sales dalam bentuk yang tidak langsung bertatap muka. 


Copywriting di katakn berhasil jika memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut.


1. Mampu menarik perhatian klien

2. Mampu menarik minat klien

3. Mampu mempengaruhi kebutuhan dan keinginan klien

4. Bisa meyakinkan klien

5. Dapat memberikan pengaruh kepada klien untuk melakukan seperti pesan dalam iklan.



Facebook masih menyandang status sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbesar, terutama di indonesia. Oleh karena itu, Facebook adalah ladang bisnis yang menggiurkan bagi para pelaku internet marketing.

Pada awalnya, facebook berfungsi sebagai media sosial yang menghubungkan sahabat dengan teman-teman. Sahabat bisa memposting status,foto, dan sebagainya. Akan tetapi melihat perkembanganya, facebook juga memberikan fasilitas fan pages yang bisa sahabat gunakan untuk memasarkan produk.

Pertanyaanya sekarang, bagaimana menjadikan facebook sebagai tempat berbisnis online yang efektif dan efisien?


Pada umumnya pihak yang bertanggung jawab dalam pemenuhan unsur-unsur copywriting seperti di atas adalah tim konten kreatif dari suatu agen periklanan. Jika sahabat belum memiliki budget untuk menyewa jasa agen periklanan, tenang saja! sahabat juga bisa menjadi seorang copywriting untuk produk sahabat sendiri.

Untuk itu, sahabat perlu mengetahui beberapa dasar dari copywriting sebagai penentu kebrhasilan dalam beriklan. Karakter-karakter tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pengulangan

Pengulangan merupakan rahasia berhasilnya sebuah iklan.

2. Konten iklan harus bersifat menjual

Meskipun tujuan iklan hanya sebatas pengingat dan edukasi, akan tetapi konten tetap harus bersifat menjual.

3. Mengefektifkan kata-kata

Pesan iklan harus memanfaatkan kata-kata secara semaksimal mungkin, gunakan kalimat pendek tapi mengena.

4. Mudah di pahami

Kata-kata yang di gunakan mesti mudah di pahami konsumen.

Teknik Copywriting Facebook


Untuk mendulang sukses di facebook, sahabat perlu menerapkan prinsip copywriting berikut ini adalah teknik copywriting facebook yang bisa sahabat terapkan saat berjualan di akun facebook sahabat.


1. Berikan Sugesti


Buatlah pernyataan yang secara tidak langsung di setujui atau di iyakan oleh pembaca. Pastikan bahwa jawabn dari pembaca secara umum adalah "Iya". Jika sugesti sudah berhasil di tanamkan, amaka sahabat tinggal melakukan langkah lanjutan berisi pesan utama yang akan sahabat jual.

Jika sahabat mengalami kesulitan membuat kalimat, sahabat bisa membuat pertanyaan dengan awalan kalimat semacam ini. " Tidakah Anda ingin...?", " Apakah Anda bisa", dan seterusnya.



2. Fokus pada manfaat


Ini adalah salah satu prinsip copywriting yang tidak boleh di lupakan. Beberapa orang mungkin terlalu mementingkan spesifikasi produknya sehingga tidak memperdulikan hal ini. Kemukakanlah manfaat dari produk sahabat. Jadikanlah produk sahabat sebagai solusi, bukan membicarakan kecanggihan fitur.

Kadang oranf tidak mengerti apa manfaat dari produk sahabat. Jika sahabat hanya menuliskan spesifikasinya, sebagai contoh kalimat berikut ini.

"Dapatkan layanan internet dengna kecepatan hingga 50 mbps".

Sekilas hal tersebut tampak biasa saja dan lumrah. Akan tetapi untuk kalimat iklan, hal tersebut kurang tepat sasaran. Kadang orang tidak bisa mengerti apa manfaat dari kecepatan internet 50 mbps di bandingkan dengan 20 mbps.



3. Double Binding


Apakah yang di maksud dengan double binding?

Double binding adalah memebrikan penawaran semu, seolah-olah sahabat memberikan pilihan, padahal sahabat membuat hanya ada satu jawabn yang diiyakan oleh pembaca. Misalnya, "Sebaiknya, rahasia ini diberikan sekarang atau nanti saja?", teknik double binidng ini terbukti efektif.



4. Ciptakan Urgensi


Cipatakan urgensi saat menawarkan produk. Misalnya, dengan memberikan penawaran berbatas waktu atau pemberian bonus untuk 15 pembeli pertama, atau beriklan diskon untuk pembelian dalam jangka waktu tertentu. Dengan memberikan batas seperti ini, mereka akan bersugesti untuk segera membeli,, hal ini berbeda efeknya jika sahabat tidak menciptakan urgensi dalam kalimat promomu.


5. Jelaskan dengan Spesifik


Ketika membuat kalimat penawaran, buatlah kalimat yang spesifik. Orang lebih tertarik kepada hal yang spesifik dan terlihat pasti. Misalnya saja kalimat berikut ini, "Anda ingin kurus?" 
Bedakan dengan, "Anda ingin kurus dalam waktu satu bulan?".



6. Testimoni


Agar orang percaya dengan sahabat, ada baiknya satu dua kali sahabat meminta testimoni dari pelanggan sahabat. Pastikan testimoni terkesan di buat-buat. Sertakan pula biodata singkat dari pemberi testimoni. Untuk penjualan brbasis online yang rawan penipuan, kepercayaan adlah hal utama yang sahabat pertaruhkan.


7. Tampilan visual produk


Dikarenakn pembeli tidak bisa meliihat barang secara langsung, foto atau gambar visula dari produk sahabat sangatlah penting. Hal ini akan membantu calon konsumen untuk mendapatkan gambaran secara nyata.


8. Jangan Memaksa


Orang tidak suka jika dipaksa melakukan sesuatu, sahabat juga begitu bukan? jangan gunakan kalimat yang terkesan memaksa calon pembeli. Gunakan kalimat yang membuat calon pembeli merasa nyaman dan tidak merasa di paksa membeli. Buatlah kalimat yang bernuansa halus.


Manfaat Copywriting


Jika sahabat sudah mengerti tentang copywriting, maka sahabat akan memperoleh beberapa manfaat untuk bisnis melalui facebook sahabat.

1. Jika sahabat memahami teknik copywriting, image atau personal brandingmu akan naik. Hal ini karena sahaba bisa menggambarkan nilai-nilai posotof dari barang yang sahabat jual. Citra yang baik ini akan menarik kepercayaan pihak calon konsumen sehingga menaikan penjualan.

2. Sahabat sebagaai copywriter dari produk sahabat sendiri juga perlu mengetahui dan memahami apa yang di harapkan konsumen dari solusi produk yang di tawarkan.

3. Jika sahabat mengetahui prinsip kerja seorang copywriter, sahabat akan bisa membantu konsumen untuk memperoleh informasi tenang hal yang di perlukan. Misalnya tentang apa manfaat dari produk sahabt dan kepada siapa mereka harus menghubungi jika menginginkan produk atau jasa yang di tawarkan.

4. Sahabat sebagai copywriter, sahabat bisa menuliskan manfaat atau nilai lebih dari produk sahabar sendiri jika di bandingkan dengan produk yang lain.

5. Dengan keahlian dalam menyusun kata-kata copywriter memiliki kemampuan untuk menarik serta mengajak konsumen untuk memakai barang atau jasa yang sahabat tawarkan.

Itu tadi beberapa hal terkait copywriting yang bisa sahabt terapkan untuk bisnis yang sahabat jalankan di media sosial seperti facebook. Dengan mengetahui kriteria, prinsip tenang copywriting, sahabat bis amenggunakanya untuk kemajuan bisnis online yang sedang booming sekarang ini selamat mencoba dan semoga laris manis usaha online shop sahabat.

Belajar adalah kunci utama dari kelancaran berbagai hal. Untuk itu, jangan pernah malas untuk belajar tentang hal ini agar sahabat bisa memiliki kemampuan seorang copywriter yang baik untuk produk sahabat sendiri selamat beristrihat sore dan terima kasih telah mampir ke blog saya sampai jumpa dan salam sukses sahabat.



Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon