Penjelasan Tentang Dashboard Adsense

kangkomar.net - Penjelasan tentang dashboard adsense yang harus di ketahui oleh para publisher adsense, jika kita tidak mengenal lebih dalam tentang adsense kemudian bagaiamana bisa kita mendapatkan pundi-pundi rupiah jika kita tidak saling mengenal bagian-bagian dari google adsense.


Banyak publisher adsense jika di tanya bagian-bigan dari google adsense mereka tidak bisa menjawab, karena sebenarnya mengetahui setiap bagian dari google adsense adalah hal yang harus di lakukan untuk menghindari yang namanya salah paham antara publisher dan pihak dari google adsense, agar kita tidak hanya mengira- ngira menu ini untuk apa dan menu itu untuk apa pada kesempatan ini kangkomar akan menjalaskan tentang dashboard adsense secara lengkap.

Pada kesempatan artikel ini kangkomar akan menjelaskan tentang dashboard adsense yang belum pernah di bahas di blog lain, kangkomar akan menuliskan artikel yang berbeda dari yang lainnya sangat cocok untuk sahabat blogger yang masih pemula dan masih mau belajar adsense karena artikel ini kangkomar buat dengan bahasa yang mudah di pahami dan di cerna oleh blogger pemula, karena kangkomar juga pemula jadi tidak bisa menggunakan bahasa yang terlalu intelektual.


Adsense merupakan program PPC terbaik untuk publisher Indonesia, yang terbaik dalma artian bahwa adsense selalu memberikan BID RPM termahal untuk smeua penayangnya. Pertama kalai kangkomar di terima adsense kangkomar sangat tidak tahu menahu istilah-istilah yang ada di dashboard adsense, saat itu kangkomar hanya mengetahui satu istilah yaitu CPC ( Cost Per Clik ).


Cara memahami istilah - istilah di dashboard adsense

Di tulisan ini kangkomar akan mencoba menjelaskan sebisa mungkin tentang hal-hal yang ada di dalam adsense, dan mungkin sahabat juga belum sadar bahwa hal seperti ini itu sangat berguna untuk menganalisa pendapatan kita sehari-hari.

Pertama kangkomar akan menjelaskan istilah-istilah yang ada pada tab, Performance reports, untuk bisa membaca report ( Laporan) maka setidaknya sahabat harus mengetahui apa itu Estimated earnings, page views, click, page CTR, CPC, dan Page RPM.


Pengertian page views


Page view di sini tidak smaa dengan page views yang di dapatkan dari Google Analytics, karena maksud dari page views pada adsense adalah banyaknya iklan yang muncul di halaman blog saahbat yang di lihat oleh setiap UV ( Uniqe Visitors ).

Artinya bisa saja pengunjung blog sahbat hanya satu orang, asumsi alamat IP dia yang tidak berubah, tetapi jika pengunjung tersebut terus membaca setiap tulisan di blog sahaabt di setiap halaman yang berbeda maka page views akan terus bertambah juga, me-refresh juga akan di hitung sebagai satu page views.

Apa manfaatnya page views yang tinggi ? Menurut kangkomar.net Sangat tidak tepat, selama ini ketika blog memiliki page views yang besar, iklan yang muncul juga beragam, keberagaman iklan yang muncul di blog sahabat itu berakibatkan naiknya bidding untuk CPC.



Pengertian CTR ( Click Through Rate )


Ketika membaca istilah CTR, pikiran kangkomar selalu mengarh dengan game CTR ( Crahs Team Racing ), pada konteks adsense CTR adalah rasio jumlah klik iklan dengan page views, ingat bukan page views keseluruhan blog, tetapi page views yang kangkomar bahasa sebelumnya di atas, 

Cara menghitung CTR sebuah blog adalah Klik di bagi Impresssions di kali 100, semkain tingggi nilai CTR maka semakin baik, artinya blog yang sahabat kelola memeiliki efektifitas menampilkan iklan yang baik, selama klik yang di dapatkan adalah hasil yang natural, CTR yang tinggi tidak akan masalah.

Yang menjadi masalah adalah ketika blogger atau pemilik blog melakukan klik pada iklan di blognya sendiri, meskipun blogger tersebut sudah menyembunyikan IP dan lain sebagaianya, tetapi tetap sistem google adsense yang canggih bisa mengenali pola mana klik valid dan mana klik yang invalid.

Hukuman halusnya, blog tersebut akan terkena smart Pricing dan hukuman beratnya akan di banned, wah jangan sampai kejadian ini harusnya banned membanned.

Pengertian Smart Pricing


Smart pricing adalah fitur yang di desain untuk advertiser agar mereka tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk klik iklan yang di sangka tidak natural atau klik yang di sengaja ( tukar klik ), smart pricing akan membuat nilai bid dari blog yang terkne menjadi rendah.




Pengertian CPC ( Cost Per Click )


Kangkomar kira dari namanya saja sudah sangat jelas, CPC adalah singkatkan dari cost per click atau dalam bahasa Indonesia berarti Harga per Klik, CPC yang di tampilkan di laporan adsense adalah rat-rata dari CPC keseluruhan.

Dengan mengetahui CPC blog sahabat, sahabat bisa memasang harga untuk penawaran jika sahabat ingin memasang iklan langsung, ingat bahwa revenue share adsense dengan publisher adalah 68% untuk publisher dan 38% untuk adsense.

Untuk emngetahui revenue share adsense sahabat, yaitu dengan mengunjungi menu setting >> Account >> Account Information, nilai CPC bisa semkain tinggi jka banyak advertiser yang ingin beriklan di blog sahabat.


Pengertian Page RPM ( Revenue Per Thousan Impressions )


RPM hampir sama dengan eCPM, hanya saja eCPM menghitung page views dari blog, sedangkan RPM menghitung page views dari iklan yang di tampilkan, dengan RPM, sahabat bisa mengetahui pendpaatan blog sahabat dari per seribu iklan yang muncul.

Misalkan sahabat melihat bahwa RPM untuk hari ini adalah 1.0 USD, artinya setiap 1000 kali iklan yang muncul, sahabat kira-kira akan mendapatkan 1.0 USD, dengan begitu sahabat bisa melihat gambaran bagaiamana jika seandainya sahabat memilii impresi yang lebih besar, RPM bukanlah pendapatan ayng sahabat terima, tetapi estimasi pendpaatan jika iklan itu muncul 1000 kali.

Bagaimana cara meningkatkan RPM ? Cara termudah meningkatkan RPM adalah dengan mengurangi unit iklan yang muncul di blog sahabat contohnya, jika sebelumnya sahabat memasang tiga unit iklan, maka untuk meningkatkan RPM sahabat harus merubahnya menjadi satu atau dua.

Konsekuensi dari mengurangi iklan tersebut, pendapatan sahabat akan turun, tetapi RPM meningkat, cara lainnya  untuk menigkatkan RPM adalah dengan mendaangkan trafik organik atau melakukan blok terhadapa iklan yang tidak relevan muncul di blog sahabat.



Pengertian Channels 


Channel adalah fitur paling ampuh dari adsense dengan channels sahabat bisa mengkategorikan iklan ke kategori-kategori tertentu.


Manfaat dari Channel 


Jika sahabat memasang lebih dari satu unit iklan di adsense, sahabat tidak akan mengetahui unit iklan mana yang paling banyak di klik atau memberikan pendapatan terbanyak atau paling sedikit di klik, tetapi dengan channel, sahabat bisa mengetahui itu semua.

Caranya adalah dengan memasukan unit iklan yang di pasang pada blog sahabat paada channel yang berbeda-beda, contoh untuk iklan yang ada pada postingan kangkomar masukan ke channel ngeblog on the post, side bar kangkomar masukan ke ngeblog sidebar banner, dan setelah post ke ngeblog after post.



Dengan begitu, akgnkomar bisa melihat efektifitas unit mana yang terbaik, fitur ini akan semakin berguna untuk blog yang memiliki trafik yang tinggi, karena dengan channel sahabat bisa merubah-rubah posisi unit iklan untk mencari posisi termahal, seperti contoh unit iklan kangkomar di atas, ternyata posisi sebelum postingan merupakan posisis yang terbaik.




Sedikit Tips Rahasia Optimasi Adsense



Ketika kangkomar melakukan A/B testing, pastikan sahabat untuk memebrikan komentar pada tanggal perubahan yang sahabat lakukan, caranya dengan menekan icon komentar, lalu klik tanggal perubahan.



Tips optimasi lain adalah melalui scorecard, perhatikan tips apa yang scorecard berikan, jika score sahabat belum maksimal, maka memaksimalkan scroe dengan mengikuti tips yang adsense beirkan.




Pada adsens scrocard terdapt tiga penilain, pertama adalah revenue, optimization, site - health, dan multi screen.

Untuk menignkatkan score revenue optimization caranya cukup mudah sahabat hanya perlu mengaktifkan iklan contextual dan banner pada setiap unit iklan adsense, untuk site - health dan multi -screen berurusan dengan hosting dan theme yang sahbat gunakan semakin cepat blog dan bagus hosting akan berpengaruh pada site health, sedangkan multi screen adalah bagaiaman lay out blog sahabat beradaptasi terhadapa semua jenis monitor.




Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon