Akibat dari terlalu sering mengganti template blog khusus untuk ( Pemula)

Kangkomar.net - Akibat dari terlalu sering mengganti template blog khususnya untuk para blogger pemula yang sangat gemar mengotak atik template  blog mereka sendiri, perlu sahabat ketahui hal ini mendatangkan dampak buruk untuk blog kita jika terlalu sering mengganti template blog khususnya bago para blogger jangka panjang alias bagi sahabat yang sudah memantapkan langkah untuk terjun kedunia blogging sebaiknya menghindari penggantian template blog terlalu sering apa lagi kalau template yang kita gunakan adalah template blog gratisan, kangkomar akan memberikan pengetahuan sekedar sharing pengalaman kangkomar mengenai dampak yang kangkomar dapatkan dari seringnya kangkomar mengganti template blog.



Kenapa kangkomar menuliskan artikel ini untuk para blogger pemula karena ada banyak jenis blogger dan mereka semua memiliki pemikiran yang berbeda-beda ini tentu akan mengelompokan blogger kepada kelompok tertentu misalnya ada blogger yang hobinya menulis dan menulis dan juga ada blogger yang hobinya mengotak-atik template blog mereka sendiri. 


Bukannya kangkomar sok tahu dan sok menggurui tapi kangkomar tidak ingin sahabat mengalami hal yang kangkomar alami, ketika kangkomar mengotak-atik template blog kangkomar, kangkomar tidak memiliki keahlian sama sekali dalam masalah mengotak-atik template blog, terutama ilmu html, karena semua template menggunakan format html ini akan menjadi sebuah senjata makan tuan ketika kita salah mensetting dan akhirnya blog lebih tepatnya tampilan blog kita akan hancur dan tidak karuan tampilannya.


Jadi saran kangkomar sebaiknya jangan terlalu sering mengganti template blog apalagi kalau kita tidak memiliki ilmu programing karena ini akan mempunyai dampak yang sangat merugikan bagi kita, nanti kangkomar akan jelaskan di bawah ini, sebelum mengotak-atik template ada baiknya sahabat menyalin semua file ke dalam notepad yang ada di komputer tau laptop sahabat, kenapa harus menyalin atau bahasa kerennya membackup file template yang akan kita edit ?.

 Karena hal ini untuk berjaga-jaga apabila kita salah dalam melakukan setting template blog, jadi kita tidak di bayang-bayangi perasaan takut karena blog kita akan hilang dan tampilannya rusak, karena kangkomar pernah mengalami hal ini seluruh tampilan blog kangkomar menjadi hitam semua dan akhirnya mana mungkin pengunjung datang ke blog kangkomar kalau tampilannya hitam pekat kaya kabut di malam hari.

Seiring zaman berubah dan semakin mudahnya akses internet diman saja, dunia blog semakin menjamur dan membanjir, karena banyak blogger baru atau newbie seperti kangkomar yang mulai membuat sebuah blog.

Baik hanya sekedar menulis, iseng ada juga yang demi kepentingan sebuah materi atau mencari sebuah penghasilan, mengganti template b blog bukanlah hal yang tidak boleh dan aneh, karena hampir semua blogger pasti pernahmelakukan hal ini, namun jika mengganti template blog terlalu sering, ini merupakan kebiasan yang harus di pikir ulang dan bisa jadi harus segera di hentikan, karena sahabat telah elkaukan beberapa kesalahan ynag mungkin akan berakibat buruk terhadap blog sahabat sendiri percaya atau tidak percaya kangkomar sudah mengalami hal itu.

Berikut adalah alasan-alasan yang kangkomar rasakan saat sering mengganti template untuk blog kangkomar.net alasan itu antara lain adalah hal sebagai berikut :

  • Template blog tidak SEO friendly
  • Template blog tidak mobile friendly
  • Template blog tidak fast loading
  • Template banyak menyumbangkan error
  • Template blog tidak responsive.
Jika template yang sahabt gunakan adalah memiliki kriteria yang kangkomar sebutkan di atas, maka mengganti template blog menjadi wajib menurut kangkomar, jika sahabt ingin terus dapat bersaing di dunia blogging, tapi jika template blog sahabat masih baik dan tidak bermasalah, maka kangkomar rekomendasikan tidak perlu sering-sering mengganti template blog sahabat.

Mengganti sebuah template blog bukan hanya sekedar urusan mengganti niche tampilan blog, tapi sahabat akan mencopot dan memasang kembali beberapa kode-kode  yang sifatnya telah tertanam di dalam kode html template blog sahabat. Dan tenttunya ini harus di persiapkan terlebih dahulu, memasng widget blog dan merapihkan kembali tampilan blog agar sesuai dengan template yang baru di pasang, tentunya ini akan memakan waktu yang tidak sebentar, jika tidak maka tampilan akan semakin berantakan.

Akibat dari terlalu sering mengganti templati blog


1. Waktu terbuang sia-sia

Beberapa template blog sudah di sertai dengan beberapa fungsi yang berbeda-beda antara satu template dengan template yang lain oleh pada designernya, beda tmplate maka berbeda pula fitur yang akan di bawanya, dan ini semua tentunya sudah di perhitungkan oleh para pembuat template.

Bukan hanya sekedar tampilan yang di utamakan oleh mereka para designer template blogger, tapi kangkomar kira mereka sudah memperhitungkan bagaimnaa fungsi template tersbut ketika di gunakan oleh para blogger. Rasa bosan dan iri dengan tampilan blog lain, harus kita singkirkan jauh-jauh terlebih dahulu, para blogger pemula dan tidak terlepasa daripara blogger lainnya juga pasti memilik perasaan ini.

Jika sahabat terlalu lama melakukan pencarian tentang template blog yang SEO, responsive dan lain-lainnya atau terlalu sibuk memikirkan tampilan blog sahabat dan hanya sibuk mengganti-ganti template blog, maak kapan waktu sahabat membuat postinga artikel yang bisa di baca oleh pengunjung coba pikirkan matan-matang.


2. Blog terlihat tidak niche dan tidak memiliki ciri tersendiri

Masalah profesinal atau bukan, itu tidak teletak tentang bagaiaman sahabat mengganti template blog, tapi menurut kangkomar adalah tentang bagaiamana sahabat membuat tampilan blog yang sederhana namun mudah untuk di gunakan dan tentunya fungsinya untuk memudahkan pengunjung blog kita betul atau tidak. 

Fungsi sebuah widget di dalam blog kita adalah bukan hanya menjadi sebuah pajangan penghias sebuah blog semata, jika sahabat hanya memilih mempercantik tampilan blog, sedangkan kualitaas konten artikel sahabat di kesampingkan, bagaimaan ada pengunjung yang akan datang ? pengunjung datang bukan karena tampilan blog sahabat tetapi ada faktor lain yaitu karena kualitas konten yang baik dan bermanfaat bagi para pengunjung blog sahabat.

Jika sahabat sering mengganti template blog, maka pengunjung akan menganggap sahabat tidak memiliki ciri khas dan di anggap tidka profesional, karena tidak memiliki pendirian, dan tidak hanya itu saja sahabat pengunjung datang kembali karena pengujung berharap akan mendapatkan informasi dan ilmu baru, tapi setelah pengujung datan, ternyata pengujung tidak menemukan apa yang mereka cari, inilah penyebab utama blog sahabat menjadi sepi pengunjung.

3. Trafik blog turun drastis

Pernahkah sahabat membandingkan dlaam satu hari, minggu, bulan ada berapa pengunjung yang datang ke dalm blog sahabat ? Atau membandingkan hari ini mendapatkan page view berapa  ? Meningkat atau malah turun drastis ?. Jika sahabat ingin sukses dengan kegiatan blogging, maka sahabt harus memperhatikan hal ini dengan teliti dan cermat, faktanya, sukses dalam dunia blogging di tentukan oleh hal di atas, bukan karena templatea atau tampilan blog yang kurang niche dan profesional (menurut pandangan pemilik blog sendiri).




4. Merusak kualitas SEO dan SERP blog

Pada intinya semua kode-kode penting blog yang berfungsi untuk emningkatkan hasil search engine ada di dalam template HTML blog sahabat sendiri, jika kita sering mengganti-ganti template, maka sudah dapat di pastikan ada sebagian kode-kode tersebut yang terkadang lupa kita tanamankan kembali ke dalam template blog yang baru kita ganti karena kangkomar sudah mengalami hal ini. Seperti yang kangkomar sebutkan di atas, beda-beda blog yang maka beda pula susunan tag html-nya, karena ini mencirikan bagaiamana designer template blog tersebut membuatnya.

Yang perlu shaabt ketahui adalah, setiap kali sahabat mengganti template blog, maka butuh sekitas satu minggu untuk googlebot meng crawl kembali terhadap keberadaan konten dan blog sahabat, dan tentunya ini akan menjadikan blog shaabt menjadi turun di dalam hasil pencarian search engine, dan akibat yang fatal adalah trafik blog akan turun baik secara signifikan dan lebih parahnya lagi akan anjlok karena tidak ada yang berkunjung ke dalam blog kita.

5. Blog berantakan

Bukan hanya menata ulang kembali tampilan blog, agar sesuai dengan template yang baru di gunakan di dalam blog, hal ini akan memakan waktu yang tidak sebentar, jika sahabat tidak memilik cara yang efisien dan ilmu yang memadai saat mengganti template blog. Blog dan beberapa kode html nya akan sedikit berantakan, karena kita mencopot dan memasang kembali beberapa meta tag konten, open graph sosmed, widget, java script, kode css, dan beberapa kode penting yang harus kita lakukan dengan benar dan menata tata letaknya dengan rapih agar dapat berfungsi dengan baik pada template blog yang baru.



Demikian itu adalah akibat dari terlalu sering mengganti template blog yang terlalu sering yang dapat kangkomar bagikan kepada sahabat pembaca kangkomar.net semoga bermanfaat dan kita menjadi lebih bijak lagi dalam menyikapi hal ini kangkomar pamit sampai jumpa dan salam sukses dari kangkomar.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon