Pengertian BIOS (Basic Input / Output System)

Pengertian BIOS dan Fungsinya pada Komputer yang perlu sahabat ketahui

Halo sahabat apakabar kalian di pagi hari ini semoga sahabat pecinta indo blog selalu dalam keadan yang bersemangat untuk menyongsong hari jumat yang berkah ini, kali ini saya akan membahas tentang pengertian BIOS dan fungsinya pada komputer secara lengkap akan saya kupas habis sampai akar-akrnya supaya sahabat paham dan tidak keliru tentang pengertian BIOS silahkan sahabat membaca artikel saya di bawah ini semoga bermanfaat dan selamat membaca, terima kasih juga tlah berkunjung ke dalam blog saya.


Pengertian BIOS (Basic Input / Output System)


Basic Input / output system atau sering di sebut dengan BIOS merupakan suatu program yang di tulis di dalam bahasa assembly yang bertuga mengatur fungsi dari perangkat keras atau hardware yang terdapat pada komputer. Berbeda dengan sistem operasi yang berada pada harddisk, BIOS umunya terletak pada chip memori flash atau ROM yang di buat dari bahan Complementary Metal-Oxide Semiconductor atau yang biasa di sebut dengan CMOS. 




Biasanya orang-orang menyebut baterai yang menempel pada motherboard dengan sebutan baterai CMOS. Baterai inilah yang berfungsi menjaga tanggal dan pengaturan lainnya yang telah di setting oleh pengguna agar tidak hlang meskipun komputer di matikan.

BIOS memiliki beberapa tugas penting seperti memuat sistem operasi atau yang biasa di sebut dengan istilah booting. BIOS juga bertuga menyediakan instruksi pada mikroprosessor unutk menyalakan komputer. Salah satu instruksi yang di perintahkan oleh BIOS pada mikroprosessor adalah Power On Self Test (POST) yang befungsi untuk menguji status pengoperasian semua hardware pada komputer.

Instruksi lain yang di berikan kepada mikroprosessor adalah melakukan ativasi chip BIOS yang terdapat pada beberapa komponen lain pada komputer seperti SCSI dan kartu grafis, memeriksa dan mengelola peripheral komputere melalui rutinitas tingkat rendah selama proses starup berlangsung. Selain itu, hal lain yang di lakukan oleh mikro prosessor adalah manajemen clock, hard disk dan pengaturan lainnya.

Fungsi BIOS pada komputer


Salah satu tugas utama yang di lakukan oleh BIOS  adalah mengatur tahap awal prose starup sekaligus memastikan bahwa sistem operasi benar-benar telah di muat ke dalam memory. Selain itu, BIOS berfungsi melakukan hal-hal berikut ini.



1. Menjalankan perintah power on self test (POST) 


Salah satu yang harus kita lakukan sebelum menginstal sistem operasai pada komputere adalah dengan melakukan pengecekan beberapa perangkat yang ada pada komputer. Selain itu, BIOS juga dapat memberikan informasi mengenai spesifikasi perangkat keras yang terdapat pada motherboar.



2. Mengatur Konfigurasi Dasar pada Komputer


Umumnya, BIOS mengatur konfigurasi terhadap perangkat lain berdasarkan fungsinya masing-masing. Pengaturan konfigurasi ini biasanya di manfaatkan oleh beberapa orang terutama gamer untuk meningkatkan kinerja atau performa suatu komputer atau yang sering di sebut dengna overlocking.



3. Memberikan Informasi Dasar pada komputer


Selain menjalankan perintah POST dan mengatur konfigurasi dasar pada komputer, BIOS juga bertugas memberikan informasi dasar mengenai bagaimana interaksi tiap-tiap perangkat yang terdapat pad komputer seperti drive dan memory yang nantinya bertugaas memuat sistem operasi.



Komponen-Komponen pada BIOS


Agar BIOS dapat menjalankan tugasnya dengan baik, maka di buthkna beberapa komponen pendukung antara lain.


1. Program BIOS setup


Program ini berfungsi unutk mengubah konfigurasi komputer seperti tipe har disk, disk drive, manajemen daya, kinerja komputer, dan lain-lain sesuai keinginan pengguna atau user. Umumngya BIOS menyembunyikan detail-detail perangkat yang bisa di bilang cukup rumit, jadi perlu sedikit keahlian  jika kita ingin mengetahui lebih dalam mengenai detail-detail perangkat tersebut.




2. Driver


Fungsi dari driver ini di tujukan untuk perangkat-perangkat keras komputer seperti VGA, input device, processor dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16 bit yang merupakan keluarga dari DOS.




3. Program Bootstraper Utama


Program inilah yang berperan dalam proses booting ke dalam sistem operasi yang telah kita instal sebelumnya.



Bagaimana cara Kerja BIOS

Awalnya BIOS melakukan proses inisialisai di mana dalam proses tersebut pengguna bisa melihat spesifikasi komputer seperti jumlah memory, jenis dan kapasitasa harddisk, informsasi mengenai kartu VGA dan lain-lain.

Selain itu, BIOS juga melakukan pengecekan terhadap device ROM lainnya seperti harddisk, dan melakukan pengetesan terhadap RAM. Setelah semua pengetesan dan pengecekan terhadap perangkat selesai, langkah slanjutnya yang harus di lakukan oleh BIOS adlaha mencari lokasi booting untuk memasuki sistem operasi yang telah terinstall.


Macam-Macam BIOS


Produsen BIOS yang sering kita jumpai adalah American Megatrends Inc. (AMI) sebenarnya terdapat banyak produsen BIOS yang belum kita ketahui. Berikut daftar lengkap mengenai macam-macam BIOS. Abit, acer, ali (acer laboratories), Ame Group, American Megatrends, Ampton, Antec, Amstrad, Aepon, ASus, Award,Biostar,Dell Computer,Computex dana masih banyak lagi sahabat.

Demikianlah mengenai pengertian BIOS (basic input atau output system) yang dapat saya sampaikan artikel ini akan saya perbahauri terus menerus jadi mohon untuk di pantau terus oleh sahabat, semoga artikel saya ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi semua sahabat pecinta Indo blog jika ada hal yang ingin di sampaikan atau di tanyakan oleh sahabat mengenai serba serbi tentang BIOS (Basic Input / Output System) silahkan sahabat bertanya melalui kolom komentar di bawah ini salam semangat untuk semuanya dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon