Macam-Macam Jaringan Komputer (Terlengkap)

Macam-Macam Jaringan Komputer, Fungsi dan Penjelsannya (Lengkap)



Secara umum jenis jairngan komputer dapat di kelompokan ke dalam lima kategori yaitu berdasrkan jangkaun geografis, distribusi sumber informasi atau data, media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, serta berdasarkan topolohi yang di gunakan.

Macam-Macam Jaringna Komputer Berdasakan Jangkauan Geografis



Jenis jaringan komputer jika di lihat berdaskan jangkauan geografisnya dapat di bagi menjadi tiga (3) yaitu LAN,MAN,WAN yang sudah sering kita lihat di beberapa penjelsannya di buku-buku pelajaran, melihat lebih dalam lagi mengenai tiga (3) jaringan tadi sahabat bisa melihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.


LAN (Local Area Network)

Local Area Network (LAN) merupakan jaringan komputer yang cakupan wilayahnya relatif kecil, seperti kantor,pabrik, sekolah, ata warung internet (warnet). Luas jaringan LAN tidak jauh atau kurang dari satu kilometer persegi.

Jaringna LAN umumnya menggunakan teknologi IEEE 802.3, yaitu Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data pada kisaran 10 MB/s, 100 MB/s, atau 1000MB/s. MEski kebanyakan jaringan LAN menggunakan teknologi Ethernet, tapi tidak sedikit pula yang menggunakan teknologi nirkabel (wireles) seperti Wifi.



MAN (Metropolitan Area Network)


Metropolitan Area Network atau bias di singkat (MAN) adalah jaringan komputer yang memiliki cakupan area yang lebih luas dari jarignan LAN yaitu mencakup suatu kota. Jaringan MAN di bekali denga kecepatan transfer data yang tinggi, jaringan ini merupakan gabungan dari beberapa jaringna LAN. Area yang dapat di jangkau oleh jaringan LAN sekitar sepuluh sampai lima puluh kilometer.

Jaringna MAN yang hanya memeiliki satu atau dua kabel dan tidak di lengkapi dengan elemen switching membuat jaringan komputer ini menjadi lebih sederhana (simple).



WAN (Wide Area Network)


Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan komputer yang memeiliki cakupan area geografis yang luas. Jangkaun are WAN bisa meliputi sebuah negara bahkan benua, pada umumnya, jaringan WAN di gunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal. Dengan jaringan ini pengguna komputer dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain yang berda di lokasi berbeda, baik itu yang berbeda kota, negara, maupun berbeda benua.


Macam -Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi / Data



Jenis jaringna komputer jika di lihat berdasrkan distribusi datanya maka dapat di bedakan menjadi jaringan terpusat, jaringna terdistribusi dan unutk mengetahui lebih mendalama tentang macam-macam jaringan komputer berdasarkan distribusinya simak penjelasan mengenai keduanya sahabat bias membacanya langsung di bawah ini.


Jaringan Terpusat

Jaringan komputer terpusat adalah jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server. Komputere client memiliki tugas atau fungsi sebagai perantara dala mengakses sumber data atau informasi yang berasal dari komputer server.

Di dalam jaringna ini terdapat terminal bisu yang di kenal dengan istilah dumb terminal, di sebut teminal bisu karena terminalini tidak memiliki alat pemroses data.



Jaringan Terdistribusi


Jaringna komputer terdistribusi adalah jaringan komputer yang merupakan hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat. Dari hasil perpaduan tersebut, jaringan ini memungkinkan beberapa komputer server dan komputer client yang saling terhubung unutk membentuk suatu sistem jaringan tertentu.


Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data Yang Digunakan



Macam-macam jaringan komputer jika di lihat dari media transmisi data yang di gunakan dapat di bedakan menjadi jaringan berkabel atau sering di sebut Wired Network dan jaringna Nirkabel atau Wireless Network, untuk penjelasan lengkapnya sahabat bisa lihat dan membacanya di bawha ini.

Jaringna Berkabel (Wired Network)


Jaringna ini di sebut jaringan berkabel karena media transmisi data yang di gunakan berupa kabel. Kabel tersebut di gunakan untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lain. Selain dapat saling bertukar data atau informasi, kompute tersebut juga dapat terhubung (dapat mengakses data atau informasi) dengan internt. Media transmisi (kabel) yang biasa di gunakan dalam wired network ini adalah kabel UTP.



Jaringan Nirkabel (Wireless Network)



Wireless Network tidak menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya, tetapi menggunakan gelombagn elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik ini di gunakan untuk mengirimkan sinyal data antara komputer satu dengan komputer yang lain sehingga dapat saling bertukar informasi meskipun tanpa kabel. Media transmisi yang biasa di gunakan dalam wireless network ini adalah wireless adpater.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer


Macam -macam jaringan komputer berdasrkan peran dan hubungan tiap komputere dapat di bedakan menjadi jaringan client server dan jaringan peer to peer, lebih jelas mengenai pengertian jaringan client server dan peer to peer bisa sahabat lihat di bawah ini




Jaringan Client Server


Jaringna komputer Client Server merupakan jaringan komputer yang teridir dari satu atau lebih komputer server dan beberapa komputer client, umumnya suatu jaringan client server terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Dalama jaringan ini komputer server bertugas menyediakn sumber daya data atau informasi, sementara komputer client hanay dapat menggunakn sumber daya data tersebut.



Jaringan Peer to Peer


Jaringan komputer Peer to peer merupakan jaringna komputer yang menempatkan komputer server dan komputer client pada kedudukan yang sama. Kedudukan yang sama di sini maksudnya adaldh keduanya dapat menyediakan sumber daya data juga dapat menggunakaanya. Pada satu waktu, komputer server dapat menjadai komputer client pengguna sumber daya data), dan komputere client juga dapat menjadi komputer server (penyedia sumber daya dataa).

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasrkan Jenis Topologi yang di gunakan



Topologi jaringan adalah suatu bentuk atau struktur jaringan yagn menghubungkan antara komputer satu dan komputer lain dengan menggunakan media kabel maupun nirkabel (wireless). Berdasarkan jenis topologinya, jaringna komputer di bedakan menjadi:


Topologi Bus


Topologi Bus adalah topologi jaringan komputer yang hanya menggunakan sebuah kabel jenis coaxial di sepanjang node client. Pada umumnya, ujung kabel coaxial tersebut di beri T konektor sebagai kabel end to end. Jaringna ini biasa di gunakan pada instalasi jaringan berbasis Fiber optic yang di gabungkan dengan topolohi star unutk menghubngkan node atau client. Topologi ini adlah jaringan komputer yang sederhana di bandingkan dengna jenis topologi jaringan lainnya.


Topologi Star


Topologi Star adalah topologi jaringan komputer yang menggunakan switch atau hub untuk menghubungkan client satu dengan clien yang lain. Bentuknya yang menyerupai bintang bersinar sehingga jaringan ini di sebut dengan topologi bintang.



Topologi Ring


Topologi Ring adalah topologi jaringna komputer yang menghubungkan satu dengan komputer lain dalam satu rangkain melingkar menyerupai cincin. Jaringan inin menggunakan LAN card unutk menghubungkan antara kompute yang satu dengna komputer yang lain.



Topologi Mesh


Topologi Mesh adalah topologi jaringan komputer yang di gunakan dalam hal pemilihan rute yang banyak. Jaringan seperti ini berfungsi sebagai jalur backup pada saat jalur lain mengalami masalah.



Topologi Peer to Peer 


Topologi Peer to Peer adalah teknologi jaringna komputer yang di gunakan dengan menghubungkan dua buah komputer. Jaringan ini umumnya menggunakan satu kabel untuk menghubungkan antar komputer guna proses pertukaran data.



Topologi Linier


Topologi Linier adalah topologi jairngan kompute yang menggunakan satu kabel utama untuk menghubungkan tiap titik sambungan pada tiap komputer. Topologi jaringan ini di sebut juga topologi bus beruntu, karena mirip topologi bus yang berdet.



Topologi Tree


Topologi Tree adalah topologi jaringan komputer yang menggabungkan antara topologi star dan topologi Bus. Jaringna ini di gunakan untuk interkoneksi antar sentral dengna hirarki yang berbeda-beda. Susunanya adalah dua buah topologi star di hubungkan dengan topologi Bus, sehingga sebuah struktur hirarki seperti pohon yang bercabang.


Topologi Hybrid


Topologi Hybrid adalah topologi jaringan komputer yang terbentuk dari gabungan dari beberapa topologi jaringan.


Demikian sedikit pembahasan mengenai macam-macam jaringan komputer yang ada, semoga bisa bermanfaat bagi sahabt yang membutuhkan, jika ada pertanyaan b silahkan sahabat berikan pada kolom komentar. Atau jika ada kritik dan saran boleh juga di sampaikan pada kolom komentar dengan sopan. Artikel ini akan terus saya update seiring informasi yang saya dapat, jadi saran saya tetap pantau terus artikel ini di indoblog supaya selalu dapat ingo terbaru. Saya ucapkan terima kasih telah berkunjung sampai jumpa dan salam semangat untuk seluruh sahabat.


1 comments:

avatar

terima kasih sudah tertarik dengan tulisan di dalam blog saya mas rangga salam kenal mas

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon