MENGATASI SMARTPHONE ANDROID YANG LEMOT DALAM 7 MENIT

CARA MENGATASI SMARTPHONE ANDROID YANG LEMOT DALAM 7 MENIT




Halo apakabar sahabat semoga sahabat sekalian dalam keadaan yang sehat, jangan pernah bosan untuk berkunjung ke blog saya bila ada kritik dan saran silahkan komen di bawah malah jadi curhat, artikel kali ini adalah tentang pengalaman saya mempunyai smartphone android ketika ponsel saya baru beli kinerjanya cukup menganggumkan dan lama kelamaan tidak saya sadari kinerja smartphone android saya melambat, terkadang saya ingin membanting smartphone android saya tapi dalam hati bilang jangan itu smartphone satu satunya.

Setelah beberapa waktu akhirnya saya menemukan bagaimana caranya mengatasi smartphone yang lemot dan sering ngadat dan akhirnya saya pun ingin membagikan pengalaman saya tentang mengatasi smartphone android yang lemot tidak membutuhkan waktu yang lama paling cuma 7 menit kurang ok langsung saja ke topik pembahasan.


Sahabat pasti sudah pernah membaca artikel dari orang lain tentang hal ini tapi mereka menyarankan untuk update aplikasi ke versi yang lebih baru tapi hasilnya nihil, menurut saya update aplikasi itu tidak penting yang terpenting adalah update os android sahabat ke versi yang baru.

hampir semua smartphone berbasis andoid mempunyai beberapa kelemahan.

Itu hal wajar karna untuk mengembangkan ponsel android yang sempurna tidaklah membutuhkan waktu yang sebentar dan biyaya yang sedikit mungkin pengalaman saya di bawah ini dapat membantu sahabat.


Cara mengatasi smartphone android yang lemot 
1. MEMORY TERLALU PENUH

Cara mengatasi smartphone android yang pertama adalah mencegah penhnya memory internal di smartphone android sahabat.

aplikasi yang terlalu banyak akan memenuhi ruang penyimpanan smart phone android sahabat.

Jadi saran saya agar menghapus aplikasi yang tidak penting sehingga hal tersebut bisa mengurangi terjadinya memory penuh pada smartphone android sahabat.

Banyak aplikasi yang telah di instal menggunakan cache data dalam upaaya untuk mempercepaat smart phone android sahabat tapi ingat hal ini hanya akan bertahan beberapa waktu, jika cache penuh bukan mempercepat kinerja smartphone android sahabat malah akan membuta semakin lemot smartphone sahabat.

Untuk melakukan penghapusan cache sahabat masuk ke pengaturan yang ada di smartphone android sahabat setelah itu pilih hapus cache.

Sekarang sahabat lihat ruang penyimpanan yang tersisa.
Jauh lebih banyak dari sebelumnya bukan ?

Sahabat bisa menonaktifkan aplikasi bawaan android jika tidak di gunakan.

Jika smartphone android sahabat sudah memiliki akses root maka akan mudah menyingkirkan aplikasi bawaan android yang tidak terpakai.

2. KURANGI WIDGET

Widget yang sahabat pasang di layar home sangat berguna bagi sahabat tapi perlu sahabat ketahui  bahwa widget tersebut juga bisa memperlambat kinerja android sahabat, Karena saat data aktif, semua widget yang sahabat pasang akan berjalan bersamaan.

Misalnya sahabat memasang widget cuaca dan widget facebook di layar utama atau home. Saat data aktif maka widget cuaca akan memperbarui ke kondisi cuaca terkini atau bahasa gaulnya update. Sedangkan widget facebook akan memperbarui status facebook terkini juga.

Karena berjalan bersamaan otomatis ram yang di gunakan juga akan semakin besar juga.

Apalagi kalau versi androidnya lebih tua seperti ginggerbread dan jelly bean yang hanya memiliki kapasitas RAM yang pas pasan. pastinya samrtphone android sahabat akan bertambah lemot.

Coba sahabat bayangkan, jika android sahabat adalah seorang manusia yang melakukan banyak tugas dalam satu waktu apakah akan selesai tugas itu dalam satu waktu.
Tentu tidak kan

Apalagi manusia tersebut lebih tua, tentunya dan sudah pasti  memerlukan banyak waktu untuk melakukan tugas tersebut.

Bahkan manusia yang lebih muda pun akan mengalami kesulitan jika harus melakukan tugas dalam satu waktu.

Nah itu lah tadi alasan kenapa widget dapat mempengaruhi kinerja android sahabat menjadi sangat lambat  alias lemot.

Tidak ada salahnya sahabat memiliki banyak widget, teteapiitu akan membuat kinerja smartphone android sahabat menjadi lambat sebaiknya kurangi widget sahabat mulai dari sekarang.

3. TUTUP APLIKASI DAN BEBASKAN RAM

Mebuka aplikasi secara bersamaan tanpa menutup aplikasi yang sebelumnya akan berdampak buruk pada kecepatan android sahabat.

Multi-tasking  memang memudahkan kita untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain tapi terkadang membuat kinerja sahabat menjadi lemot dan melambat.

Lebih baik tutup aplikasi yang sahabat buka sebelumnya, setelah itu barulah membuka aplikasi yang linya.

Untuk membebaskan RAM sahabat bisa menggunakan aplikasi di playstore yang sangat banyak dan dapat di unduh secara gratis.

4. ANIMASI LAYAR DAN TRANSISI

Launcher apa yang sahabat gunakan ?

Bawaan android ataukah kustom launcher dari playstore ?

Berbagai animasi layar dan efek transisi pada suatu launcher mungkin trlihat indah dan menakjubkan.

Tetapi animasi dan efek launcher juga bisa mempengaruhi kinerja android sahabat.
Cara untuk mengatasi smartphone android yang lemot karena animasi layar dan efek transisi,yang sahabt lakukan adalah me non aktifkan animasi layar dan efek pada launcher yang sahabat pakai.

Untuk me-nonaktifkan animasi dan efek transisi kesuluruhan pada androis sahabat bisa melakukan cara seperti di bawah ini.

  • masuk ke pengaturan, gulir ke bawah, pilih about phone.
  • cari software information dan pilih nomor bentukan atau built number dan tekan tujuh kali sampai sahabat melihat Developer options telah di aktifkan
  • kembali ke pengaturan dan pilih opsi pengembang
  • Gulir ke bawah dan Cari skala animasi jendela. set ke "Off"
  • Tekan skala animator dan set ke off juga
Mengapa skala animasi  jendela dan skala durasi animator harus di set ke off ?

ingin tahu rahasianya ?
Berikut adalah penjelasan dari kedua pengaturan tersebeut.

Apakah skala animasi jendela itu ?

Skala animasi jendela adalah lamanya waktu yang di butuhkan untuk memunculkna jendela "pop up" pada android.

Jika di atur ke 10 x misalnya, akan membutuhkan waktu yang lama untuk memunculkan jendela pop up tersebut.

coba kembali ke pengaturan dan kemudian kembali lagi ke opsi pengembang, sahabat akan melihat jendela pop up yang berjalan sangat lambat.

Sekarang, kembali dan set skala jendela animasi ke "off" lalu coba lagi

Jauh lebih cepat kan ?

5. RESTART ANDROID
Ingin perbaikan cepat dan sederhana untuk mengatasi smartphone android sahabat ?

Saya anjurkan untuk melakukan cara yang sangat mudah ini.


Sahabat hanya dengan melakukan restart, smartphone android sahabat akan membersihkan cache yang tersimpan dengan otomatis, dan juga akan menghentikan tugas yang berjalan dengan sendirinya, dengan begitu samrt phone android sahabat akan berjalan dengan cepat.



Semoga artikel saya kali ini dapat membantu sahabat dalam mengatasi masalah pada smartphone sahabat yang melambat alias lemot, sampai jumpa di lain waktu sahabat sampai jumpa.



Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon