Cara Flash atau Instal Ulang Android Lewat PC dan Tanpa PC

Cara Flash Atau Instal Ulang Android Lewat PC dan Tanpa PC


Halo sahabat apa kabar berjumpa kembali dengan saya semoga sahabat tidak bosan mengunjungi blog saya kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara flash atau instal ulang android lewat pc atau tanpa pc.
Alasan saya dulu untuk menge flash smart phone android saya adalah di karenakan karna rusaknya system software bawaan dari android yang saya miliki ok langsung saja saya jabarkan bagaimana cara flash atau instal ulang android lewat pc dan tanpa pc.

Instal ulang atau flash pada smartphone android adalah suatu upaya yang di lakukan untuk memulihkan kembali fungsi software bawaan android yang mengalami kegagalan system.
Flash smartphone android juga bisa di lakukan apabila sahabat ingin mendowngrade dan upgrade system operasi yang di gunakan oleh perangkat tersebut. Jika software yang rusak maka salah satu gejala bahwa smartphone android mengalami kerusakan dan perlu di instal ulang adalah ketika smartphone android sahabat sering merestart dengan senidirinya berulang kali serta tidak bisa masuk ke tampilan utama. Hal tersebut juga sering di sebut dengan boot loop. Jika smartphone android sahabat mengalami demikian maka segeralah sahabat mengkonsultasikan ke ahlinya atau di bawa ke counter langganan sahabat atau sahabat juga bisa menginstal ulang smartphone sahabat / flasshing sendiri smartphone yang akan sahabat instal ulang sendiri.

Untuk cara flash atau instal ulang sahabat bisa memilih dua opsi yaitu melalui pc atau tanpa pc, sebelum melakukan flashing atau instal pastikan smartphone sahabat sudah di root. karna instal ulang sendiri adalah hal yang cukup rentan jadi lakukan flashing atau instal ulang dengan penuh ke hati hatian ! semoga berhasil. berikut langkah langkahnya sahabat.

1. Cara Instal Ulang atau Flash Android Tanpa pc 

  • pertama, unduh dan instal recovery data file. Sahabat bisa menggunakan aplikasi amon_ra atau clockworkmod
  • Kedua , siapkan custom ROM / fimeware, yang sesuai dan bisa di gunakan untuk tipe smartphone android sahabat.
  • Ketiga, pasanglah memory micro sd untuk tempat sementara custom ROM
  • Keempat,siapkan file custom ROM yang akan di flash. file custom ROM dapat di download di internet.
  • Kelima, jika file custom ROM telah di siapkan, pindahkan pada Micro SD.
  • Ke enam, Restart smartphone sahabat dan masuklah ke recovery mode.
  • Ketujuh, Jika sudah masuk silahkan back up seluruh data data yang ada.
  • Kedelapan, pilih lah wipe data / reset, wipe cache partition dan wipe dalvic cache untuk menghapus ROM secara keseluruhan.
  • Kesembilan, masih dalam recovery mode silahkan untuk melakukan Flashing ROM atau instal ulang dengan membuka Flash zip yang tadi di simpan di micro SD.
  • Tombol untuk perintah ke atas silahkan pilih - volume up serta tombol untuk kebawah -volume down dan tombol yes adalah -home.
  • Terakhir, Restart smartphone dengan memilih dengan memilih opsi reboot system now.

  • Selesai.
2. Cara Instal Ulang Atau Flash Android Menggunakan Pc



  • pertama unduh dan instal Media tek usb Vcom ( Android ) driver pada pc sahabat untuk menghubungkan pc dengan smartphone android.
  • Kedua, unduh custom ROM / firmware yang sesuai dengan tipe smartphone android sahabat.
  • Ketiga, unduh dan instal aplikasi SP_flashtools yang berfungsi sebagai di rectory pembuka android di pc sahabat
  • Keempat, buka aplikasi SP_flashtools. Kemudian pada tampilan aplikasi tersebut pilih scatter_ loading dan carilah file bernama  scatter_emmc.txt. di folder ROM android sahabat jika sudah, tandai kotak yang ada di samping DA DL ALL with cheksum dan pilih download
  • Tunggu hingga proses download selasai. Indikasi proses download akan di tunjukan dengan bar berwarna ungu.
  • Jika proses download sudah selesai sekarang matikan smartphone sahabat. Dan hubungkan dengan Pc melalui usb. Secara otomatis, download bar yang berwarna ungu akan berubah menjadi warna kuning. Hal tersebut menandakan bahwa proses instal ulang sedang di proses. Tunggulah sampai ada tampilan lingkaran berwarna hijau di Flash tool yang menandakan bahwa instal ulang telah selesai.
  • Apabila sudah selesai silahkan hidupkan kembali smartphone sahabat. Jika proses booting agak lama itu adalah hal yang wajar. Tunggu sampai proses itu selesai 
  • finish.
Demikianlah cara instal ulang dan flash android menggunakan pc atau tanpa pc semoga bermanfaat bagi sahabat sampai bertemu di lain kesempatan sahabat.



2 comments

avatar

Mantab gan,
saya juga punya blog Instal Ulang
Salam kenal dan saling tukar referensi

avatar

terima kasih sudah mampir ke dalam blog sederhana saya mas, oke mas salam kenal juga dari kangkomar ya

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon