Mana Yang Lebih baik Blog Spot atau Wordpres

Perbandingan Antara Blogger dan Web Wordpress.org / com


Selamat siang sahabat di hari jumat yang berkah ini semoga keadaan sahabat dalam keaadan sehat, Kembali lagi di blog saya jangan pernah bosan untuk mengunjungi blog saya ya sahabat kali ini saya akan membahas tentang bagaimana yang terbaik untuk sahabat ?. Tidak usah bingung sahabat saya akan kupas satu persatu antara Blogger dan Wordpress sehingga sahabat bisa menilai sendiri mana yang lebih baik di Antara blogger dan Wordpress.

Bingung antara memilih menggunakan Blogger / Blogspot atau wordpress ? Nah, lebih baik simak informasi perbedaan antara Wordpress dengan Blogger / Blogspsot agar sahabat bisa memutuskan mana cms yang sebaiknya di gunakan untuk membuat website atau blog berbagi, Yang jelas setelah membaca artikel di bawah semua kembali pada pribadi masing - masing pembaca karena baik tidaknya tergantung selera dan prioritas fitur yang kita inginkan. saya pribadi lebih tertarik menggunakan blogger karena selain alasan lebih mudah di gunakan juga karena layanannya full gratis dan unlimited, baik space maupun bandwitnya.

Penulis mungkin bisa mengatakan bahwa jika tujuannya hanya untuk membuat company profile atau blog sederhana yang full hanya untuk sharing pengalaman dan info yang berkaitan dengan keahlianmu maka sebaiknya pakai blogspot saja, tapi bila untuk tujuan blogging yang lebih profesional yang mana tujuannya bukan untuk menulis artikel semata tapi juga untuk membangun komunitas, membuat bisnis afiliasi, toko online bersama sa yang bisa di kelola banyak user, layanan membuat group dan lain sebagainya maka sangat di rekomendasikan untuk menggunakan blog berbasis wordpress karena dengan bantuan plug in yang beragam kita bisa membuat jenis website apa saja.

Perbedaan antara Blogspot dan Wordpress


Ada banyak item yang bisa kita bahas sahabat, jika tujuanya h hanya untuk membandingkan antara blogger dengan wordpress, mulai daari artikel, komentar, widget, seo dan lain sebagainya. pilihan sahabat sudah tentu tergantung pada spesifikasi apa yang di iginkan. jika mau yang simple sudah pasti pilih blogspot, tapi jika maunya yang lebih keren dengan banyak variasi maka wordpress lah jawabanya. Nah berikut ini detailnya.


1. Widget / plug in

Blogger menggunakan istilah widget untuk aplikasi ringan tambahan dalam blognya, sedang Wordpress menggunakan istilah plug in. Dari segi jenis, jelas wordpress jauh lebih unggul untuk ini karena hampir ratusan ribu bahkan jutaan developer menyediakan plugin untuk kebutuhan manajemen website / blog wordpres, Baik itu gratis atau pun yang berbayar, Misalnya Plugin tombol share pop up, Berlanganan Newsletter, tombol share melayang di samping dan di bawah artikel, Redirect ke halaman lain dan sebagainya.
Selain itu, Keunggulan wordpress dalam hal plug in ini sangat menonjol jika di lihat dari fungsinya yang beragam, Misalnya saja kita bisa melakukan update jejaaring sosial iklan di tengah artikel, membuat forum online, Buku tamu, Group dan lain lain yang sudah pasti tidak bisa di lakukan jika kita hanya menggunakan Blogger atau Blogspot saja.

2. Soal SEO Friendly Tidaknya

Mengenal SEO friendly tidaknya atau mudah tidaknya blog masuk halaman pertama google antara menggunakan Blogger dengan wordpress sama sekali tidak ada hubunganya, Karena Google selama ini, Selaku pemilik blogger.com, Tidak pernah memberikan klarifikasi mengenai ini bahwa jika menggunakan produk mereka ( Blogspot.com ) akan lebih baik mudah terindeks. Sekalipun mungkin ada beberapa fitur di dalam keduanya yang masing masing punya pengaruh dalam kualitas SEO sebuah Blog, Seperti pada template maupun kategorinya yang juga jadi salah satu penjelasan kami di bawah ini sahabat.

3. Template / Theme

Satu lagi yang menonjol dalam perbedaan antara blogspot dan wordpress ini, Yakni skin atau tampilan blog untuk Blogger menggunakan istilah Template, sedang untuk wordpress menggunakan istilah theme. Mencari template gratisan untuk blospot memang lebih mudah di bandingkan kita mencari theme untuk wordpress karena umumnya di sediakan yang berbayar, Dan kalau pun ada gratis tidak menarik. Tapi ada beberapa perbedaan yang mengunggulkan wordpress dalam hal ini yang mana theme wordpress bisa diupdate ke versi yang telah di perbaharui tanpa harus mengganti yang baru sehingga lebih segar dan menampilkan tampilan yang baru, sedang dalam template blogspot tidak bisa di perbaharui kecuali dengan di ganti yang baruyang mana ini membutuhkan waktu untuk mengedit ulang templatenya, belum lagi menurut banyak master SEO bahwa mengganti template bisa mengakibatkan blog jadi down, terutama dari segi trafiknya.

4. Setting atau pengaturan blognya

Harus di akui bahwa menggunakan blogspot jauh lebih mudah dan simple penggunanya, Ini juga yang jaadi alasan kenapa lebih banyak pemula senang menggunakan blogger atau blogspot, seperti untuk menambahkan kode dalam html templatenya kita cukup melakukan search dan kodenya bisa langsung ketemu karena semua terhimpun dalam satu halaman kode html saja, Sedang wordpress masing - masing di pisahkan satu sama lain antara kode untuk headaer.php, footer.php, plugin dan lainnya, Sehingga untuk mencari pengaturan umum di dalmnya kadang jauh lebih sulit, apalagi kode yang di tampilkan terkadang tidak sama ketika melihat page info-nya dari browser.

5. Jika terjadi Error


Jika kamu tidak punya banyak waktu mengelola blog wordpress lebih baik gunakan blogspot saja karena bisa di bilang pakai blogspot hampir tidak mengenal kata eror dan kalau pun terjadi kesalahan dalam kode templatenya ia masih bisa tetap online dan halaman lain tetap masih bisa di buka. Berbeda jika menggunakan wordpress, ada salah  pengkodean sedikit saja ia bisa langsung error dan terkadang sama sekali tidak bisa di buka dan hanya menampilkan halaman putih saja. Repotnya lagi , Jika masalahnya tidak di temukan dalam blognya langsung maka kita harus masuk ke bagian cpanel hostingnya yang mana pada bagian tersebut butuh pengetahuan yang cukup agar bisa mencari pokok masalahnya.

6. Word Counter 

Dalam Wordpress tersedis penghitung jumlah kata di bawah kolom penulisan artikelnya, sedangkan blogger.com sama sekali tidak menyediakan. Penulis sendiri pernah mengirim saran mengenai ini pada pihak Google tapi sepertinya manajemen mereka tidak tertarik melakukanya, Padahal jumlah kata dalam artikel juga menjadi pendongkrak ranking dari suatu artikel blog.
7. Artikel webnya


 Perbedaan antara Blogspot dengan Wordpress lainya adalah bahwa dengan menggunakan Wordpress berarti kita bisa melakukan paste langsung artikel ms word ke dalam kolom posting artikelnya karena sistem CMS Wordpress bisa langsung menghilangkan kode bawaan dari windows begitu artikel di paste di dalamnya. Adapun dalam blogspot kita harus mempastenya terlebih dahulu ke dalam aplikasi notepad dan baru kemudian di letakan dalam postingan. Karena jika tidak, Kode yang panjang sekali dari sistem microsoft akan ikut terposting dan mempengaruhi kecepeatan browser membaca filenya.

8. Tutorial Pendukungnya

Dari segi penyedian tutorial untuk pengguna blogger mungkin untuk saat ini bisa di katakan lebih sebanding wordpress, ya tentunya menurut versi saya selama bergelut pada dua jenis CMS tersebut. tapi untuk menyiasati ini, Jika seandainya sahabat pengguna wordpress dan tidak memenukan tutorial dari masalah dalam blogmu, maka solusinya adalah dengan mencarinya di blog blog berbahasa inggris karena jangkuannya lebih luas, belum lagi hampir setiap negara ada yang memilih membuat blog berbahasa inggris sehingga lebih banyak lagi tutorial yang tersedia. Ini yang penulis lakukan selama ini dan memang sangat membantu.

9. Layanan Komentar

Mengenai fasilitas komentar dalam blog wordpress maka pengelola atau pemilih webnya di berikan keleluasaan untuk mengatur dan mengedit isi dari komentarnya, Misalnya menghilangkan linkp  dalam komentar kemudian menerbitkanya atau pun menambah dan mengurangi kata kata di dalamny, dan adapun dalam blogspot.com kita hanya bisa memilih antara menerbitkanya atau tidak tapi tidak bisa mengedit tulisannya sama sekali. Selain itu dalam wordpress kita juga bisa menambahkan plugin anti spam seperti Askimet sehingga jika ada yang terdeteksi langsung di kelompokan, berbeda dengan blogspot yang mana sama sekali tidak ada fasilitas seperti itu.

10. Edit Gambar

Wordpress menyediakan fasilitas edit ukuran gambar dalam artikel sesuai keinginan, antara panjang dan lebar gambarnya, sedang dalam blogger kita hanya di berikan pilihan antara ukuran besar, sedang  dan juga kecil.

11. Keterangan Data Statistik Kunjungan blog

Ini salah satu kelebihan menggunakan blogger di mana statistiknya terhubung langsung dengan google karena sama - sama merupakan produk Google langsung. sisi baiknya adalah karena data penelusuran dalam mesin pencaari google di hubungkan langsung dengan blog kita sehinhha lebih akurat dan real time, berbeda dengan Wordpress, karena ia tidak punya mesin pencari sendiri sehingga harus menempelkan plugin statistik sendiri yang mana belum tentu akurat karena tidak bisa membaca algoritma dari google.


Perbandingan lainnya

1. Wordpress menyediakan pengaturan tag heading yang lengkap dalam artikelnya, mulai dari H1 hingga H6 sedang dalam blogspot hanya ada 3 heading yakni Heading, Sub Heading dan Minro Heading.

2. Kategori dalam website wordpress bisa di lengkapi deksripsi sehingga lebih SEO friendly. adapun blogger sama sekali tidak ada fasilitas untuk itu sehingga mau tidak mau kita hanya bisa melakukan optimasi pada artikelnya saja.

3. Lebih banyak master blogger yang menggunakan wordpress, di banding blogspot, lebih banyak pilihan di bandingkan dengan blogspot, lebih banyak di pilih oleh pemula karena lebih mudah pengelolanya.

4. Hosting untuk web wordpress bisa kita pilih antara berbayar atau gratisan sehingga kita lebih leluasa mengatur dan mengisi apa saja dalam blog kita, di banding dengan blogger yang hanya bisa menggunakan gratisan sehingga jika terjadi tindakan spam atau hal yang di anggap merusak maka blog dan akunya bisa langsung di hapus oleh pihak google tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Demikian pengalaman saya semoga sahabat bisa memutuskan akan menggunakan yang mana dan yang lebih baik untuk sahabat dan terimakasih sekali lagi telah berkunjung ke blog saya ini, Tidak ada manusia yang sempurna dan tidak ada artikel yang sempurna karna kesempurnaan itu hanya milik pencipta semata, sekian Kritik dan saran silahkan sahabat ketikan di halaman koment ya sekian terima kasih.

1 comments:

avatar

semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing...
http://cody.id/produk/kawat/

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon