Mengetahui Keuntungan dan Kerugian menggunakan script anti copy paste

Kangkomar.net - Mengetahui keuntungan dan kerugian menggunakan script anti copy paste, sebelumnya kangkomar sudah menjelaskan bagaimana cara memasang kode html anti copy paste di blog atau web yang sahabat miliki.

Tetapi sekarang kangkomar akan menjabarkan sebuah keuntungan dan kerugian yang di dapatkan jika sebuah blog atau web memasang kode script anti copy paste, ingin tahu keuntungan dan kerugiannya, tenang jalan masih panjang, jangan terlalu terburu-buru dalam menghadapi segala sesuatu main tenang dan slow saja.


Berbicara keuntungan dan kerugian memang sangat menarik untuk di perbincangkan dan di bahas, ketika menulis artikel ini kangkomar masih ingat ada seorang sahabat yang cerita sampai kesana kemari mengenai hal yang berkaitan dengan copy paste, cerita dari sahabat kangkomar begini, jadi di blog teman kangkomar semua artikelnya di copy paste, yang kangkomar heran semua hampir artikelnya di copy paste, kangkomar berpikir tega amat ini orang mencuri tidak tanggung-tanggung dalam pikiran kangkomar, sampai akhirnya singkat cerita kangkomar menyarankan untuk menggunakan kode script html yang kangkomar tahu, dan akhirnya teman kangkomar memasangnya di dalam blognya tersebut.

Script anti copy paste adalah script atau kode yang di pasang pada sebuah blog atau web untuk melindungi artikel dari para copaser, script ini mematikan fungsi select dan klik kanan pada halaman sebuah blog atau web, menarinya lagi script anti copas mematikan fungsi ctrl+u untuk melihat script sebuah website atau blog tersebut.

Menurut kangkomar sebenarnya pengunjung blog atau web boleh menyalin sebagian atau semua dari isi artikel sebagai bahan informasi yang di perlukannya, jika niatanya untuk di baca di kemudian hari dengan menyalin artikel ke dalam aplikasi microsoft word itu hal yang lumrah dan sah di lakukan, namun jika tujuannya untuk laporan penelitian, jurnal, skripsi, wajib mencantumkan URL alamat sumber dari informasi yang di salin atau di copy tersebut.


( Baca cara membuat Quote di blogspot )

Yang lebih parah jika artikel tersebut sangat menarik untuk di baca biasnya di copy para blogger yang tidak bertanggung jawab, masih mending kalau jika rewrtie, malah ada sebagian dari copaser yang tidak tanggung-tanggung langsung mengambil bahan mentah dan parahnya lagi langsung di terbitkan di blognya, bukannya menghargai karya orang lain malah membajaknya sungguh terlalu.

Untuk menghindari dan melindungi artikel dari orang yang tidak bertanggun jawab, admin blog bisa memasang sebuah script anti copas yang telah kangkomar tulis di artikel sebelumnya, dengan script tersebut artikel sahabat akan aman tidak akan di curi orang lain, tetapi ada kerugian juga karena pengunjung menganggap pemilik blog pelit sehingga tidak mendapatkan returning visitor (kunjungan ulang) oleh pengunjung yang mengunjungi blog yang sudah di pasang kode anti script copas, hal ini sah-sah saja di lakukan oleh para blogger yang mempunyai ketakutan tersendiri ketika sedang blogwalking dan menemui artikelnya, berada di blog orang lain waduh zonk kalau orang jawa bilang kpriwe.

Sebenarnya tidak menjadi masalah jika visitor blg sahabat oraganik, new visitor, yang menjadi masalah ketika pengujung membuka blog sahabat, dan keesokan harinya tidak mau membukannya lagi, mungkin karena mau mendapatkan artikel yang ingin di copas dan tidak bisa sehingga lebih memilih blog orang lain untuk di copas, dan pada intinya arttikel kita selamat he he.

Kerugian yang menurut kangkomar adalah page view menjadi menurun, itu pasti, pengunjung tidak betah berlama-lama di blog sahabat untuk menelusurinya, karena berfikiran ngapain saya buka artikel ini, toh tulisannya tidak bisa di salin, jika kita amati secara seksama situs besar seperti detik, kompas tidak menggunakan script copas, mereka sengaja membiarkannya dan kalaupun ada yang copas dan di posting lagi pasti di mesin pencari kalah dan tidak akan terindex, ini yang menjadi alasan kenapa situs-situs besar tidak ada yang menggunakan anti copas.


Tetapi jika ada blog yang masih pemula seperti kangkomar.net dan peringkat alexanya rendah, visitornya rendah, ketika artikelnya di copy paste di blog yang trafiknya bagus, alexenya ramping pasti cepat terindex di mesin pencari kalau tidak percaya silahkan di buktikan saja apa yang kangkomar berikan informasi ini.

( Baca cara membuat blog mulai dari A sampai Z )

Keuntungan copy paste


  1. Blognya cepat banyak artikelnya namun hampa alias kosong.
  2. Blognya terlihat keren namun tidak memuaskan.
  3. Banyak komentar dari pengunjung, namun sayangnya yang komentara adalah mayoritas dari admin blog yang artikelnya di copas oleh si tukang copaser tersebut.
  4. Mengerti dan memahami betapa sulitnya membuat sebuah artikel, sehingga tidak menutup kemungkinan suatu saat blogger yang suka copas akan lebih bisa menghargai hasil dari karya blogger lain.
  5. Sebagai pengalaman awal menuju proses menjadi blogger yang sejati.




Demikian adalah keuntugnan dan kerugian menggunakan script kode anti copas yang kangkomar ketahui semoga menjadi pelajaran bagi semua sahabat kangkomar.net, jika ada kesalahan atau ingin memberikan masukan di dalam blog kangkomar.net silahkan sahbaat berikan melalui kolom komentar yang ada di bawah ini, kangkomar pamit dan jangan lupa bahagia sahabat.

5 comments

avatar

boleh copas. asal ditulis sumbernya. klau mau copas seutuhnya tanpa edit.
berbagi pahala aja ya kang :)

avatar

iya bener bgt mas fajar, tapi kalau memang mau copas mbok ya pake hati supaya tidak sadis dan seporadis hehe terima kasih sudah mampir mas fajar

avatar

Blog saya buanyak yg ngopas kang, sebel emang, walau udah banyak yg saya dcma namun saat ini saya biarkan saja deh...biat seneng itu copaser..hehe

avatar

sudah seharusnya ada hukum yang jelas terkait copaser ini yang kang chandra biar pada kapok he, hanya bisa bergumam di dalam hati melihat para pencuri artikel ya kang

avatar

haha harus di private ya biar tidak bisa copas...
alat service laptop

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon