mengenal fungsi bagian dari microsoft word untuk pemula

Kangkomar.net - Mengenal fungsi bagian-bagian menu microsoft word khusu untuk pemula, microsoft word merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata yang biasa di gunakan untuk membuat domuen berbentuk surat kabar, membuat tabel pada dokumen, membuat laporan, membuat surat dan lain-lain, berbeda dengan versi microsoft word sebelumnya pada micosoft word 2007 memiliki program lebih lengkap dan beberapa keunggulan yang membantu sahabat mengerjakan kegiatan menulis misalnya membuat document, surat, famplet, kartu nama, brosur dan lain-lain dengan lebih baik dan benar.


Kali ini kangkomar akan membahas fungsi dari bagian-bagian tools dalam microsoft word, tools tersebut memudahkan kita dalam mengetahui kegunaan dan fungsi dari setiap tombolnya, tenang saja kangkomar akan membahasnya satu persatu agar sahabat yang baru mengenal produk dari microsoft ini akan kangkomar jelaskan sedetail mungkin agar sahabat kangkomar.net paham dan tidak kebingungan menggunakannya.

Penjelasan :

  1. Tombol office, adalah tombol perintah standart seperti untuk membuka dokumen, menyimpan, mencetak, menutup dokumen dan sebagainya.
  2. Quick acces toolbar merupakan toolbar yang berisikan perintah customize quick acces toolbar.
  3. Customize quick acces toolbar adalah tombol yang di gunakan untuk memodifikasi perintah-perintah microsoft word pada quick acces toolbar
  4. Menu bar adalah bagian berbentuk tabulasi yang berisi sejumlah perintah sesuai dengna kelompoknya yang terdiri dari group perintah tab home, tab insert, tab page layout, tab references, tab mailings, tab review dan masih banyak lainnya.
  5. Pengatur jendela microsoft word di antaranya adalah Minimize adalah tombol utnuk meminimalkan jendela, Maximize adalah tombol untuk memaksimalkan jendela, Close adalah tombol untuk menutup jendela
  6. Lambang tab adalah ciri atau tanda posisi tab baris atau paragraf
  7. Ruler adalah agian fasilitas untuk mengatur margin atau tabulasi
  8. Roller adalah bagian fasilitas untuk menggulung halaman kerja secara horisontal dan vertikal.
  9. View Ruler adalah bagian fasilitas untuk mengatur garis mistar secar horisontal dan vertikal
  10. Status bar adalah bagian fasilitas yang berisi nomor halaman, zoom dan masih banyak lainnya
  11. Halaman kerja microsoft word adalah media kerja berwarna putih yang tampak pada saat microsoft word 2007 di aktifkan
  12. Mengatur tampilan halaman kerja adalah bagian fasilitas untuk mengatur penampilan halaman kerja, seperti print layout, full screen reading, web layout outline, dan draft.
  13. Zoom in-out adalah bagian fasilitas untuk mengatur media tampilan halaman kerja, tombol plus untuk memperbesar dan tombol minus sebalinya.


Elemen - elemen penting pada jendela microsoft word simak penjelasanya di bawah ini silahkan baca agar dapat menambah dan memberi wawasan lebih kepada pembaca kangkomar.net

  • Menu Bar

Pada umumnya tampilan menu bar berisikan menu tool dan fitur lainnya yang memiliki masing-masing fungsi, menu bar dapat di bilang sebagai menu horisontal yang ada pada blog, dan dari setiap menu memiliki sub-sub menu yang lain, emanu bar terdiri atas berbagai macam seperti Home, Insert, page layout, References, Mailings, Review, dan view berikut penjelasan lebih lanjutnya.

1. Home

Tab menu home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali sahabat membuka lembar kerja microsoft word, menu home terdiri dari toolbar standart, yaitu font, tool bar formating dan paragraf, style serta editing berikut dengan cipboard.

2. Insert

Tab menu insert biasa di gunakan untuk memasukan instruksi-instruksi dalam dokumen menu insert terdiri atas beberapa menu di antaranya menu pages, tables, ilustrations, link, header dan footer, text, symbol.

3. Page layout

Pada menu tab page layout di gunakan untuk mengatur tata letak data, seperti memberi warna pada background, mengatur spasi antar baris, membuat kolom dokumen atau mengatur identitas, tab page layout terdiri dari beberapa menu di antaranya menu themes, page setup, page background, paragraf, arrange.

4. References

Tab menu references di gunakan untuk memasukan perintah seperti untuk menulis catatan kak, menyisipkan gambar, atau membuat citasi. References terdiri dari table of contens, footnotes, citations dan bibliography, captions, index, table of authorities.

5. Mailing 

Menu tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label, mailings terdiri dari menu create, start mail merge, wrtie dan insert fileds, preview result, finish.

6. Review

Menu tab review berguna untuk mengecek keslaahan tata bahasa serta memproteksi dokumen, review terdiri dari menu proofing comments, tracking, changes, compare, protect.


7. View

Menu tab view di gunakan utnuk menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetaknya, dan menampilkan garis bantu pada lembar kerja, menu view berfungsi untuk mengatur tmapilan layar dari dokumen yang kita kerjakan.


Demikian itulah penjelasan kangkomar mengenai fungsi dan bagian dari microsoft word untuk pemula jika sahabat masih mengalami kebingungan dalam menentukan bagaimana cara mngatur lebar halaman cara membuat surat masal dan lain sebagainya akan segera kangkomar buat khusus untuk sahabat pembaca setia kangkomar.net dan tetap bertahan di kangkomar.net nanti artikel berikutnya segera menyusul sampai jumpa dan salam sukses dari kangkomar.net

1 comments:

avatar

bermanfaat untuk belajar min...
solder uap

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon