cara menginstal windows8, windows7 dan windows10 dengan Flashdisk

Cara  mengisntal Windows8, Windows7 dan Windows10 dengan flashdisk (Update)

Kangkomar.net - Cara menginstal windows8, windows7, dan windows10 dengan flashdisk (update) di jaman yang serba digital seperti ini sudah banyak sekali yang menggunakan netbook, dan rata-rata orang sudah memiliki laptop atau netbook masing-masing untuk menunjang pekerjaan, tugas kuliah, dan lain sebagainya.

Kangkomar pada kesempatan yang berbahagia ini akan memberikan pengalaman kangkomar mengenai upgrade sistem operasi dengan menggunakan flashdisk, karena kangkomar mempunyai netbook yang tentu hal ini tidak ada optical drive yang di bawa oleh netbook tersebut, sehingga ketika kangkomar ingin mengupdate sistem operasi dari awal kangkomar menggunakan sistem operasi windows7 dan ingin mengupdate sistem operasi ke sistem operasi yang lebih di atasnya yaitu windows8.

Kankomar mencari informasi kesana kemari pada waktu itu dan akhirnya menemukan sebuah cara untuk menginstal windows8, windows7 dan windows10 dengan flashdisk dengan mudah cepat dan tidak memerlukan yang namanya optical drive, karena kita di sini akan menginstal sistem operasi menggunakan flasdisk tentu yang kita butuhkan adalah flashdisk dengan ukuran minimal 4 GB, tetapi masalahnya adalah sekarang sudah tidak ada atau jarang toko yang menjual flasdisk dengan ukuran 4GB, rata- rata teman kangkomar kemaren mencari banyak menjawab sudah tidak ada ukuran flashdisk 4GB dan adanya 8GB dengan harga yang terjangkau dan kapasitasnya lega lebih besar lebih baik.

Pada pengalaman kangkomar menggunakan aplikasi yang bernama rufus, kangkomar mendownloadnya di Internet yang sangat banyak tersedia di Google, ada banyak aplikasi yang dapat membuat flashdisk kita bootable untuk di gunakan menginstal sebuah laptop, atau komputer.

Perlu di ingat sahabat seberapa besar kapasitas flashdisk yang kita gunakan tergantung kita akan menginstal sistem operasi apa ke dalam netboo kita misal kita akan menginstal windows10 tentu kapasitasnya tidak sedikit lebih terbaru sistem operasinya maka kapasitas dari sebuah sistem operasi tersebut akan semakin besar.
Langkah membuat flashdisk Bootable untuk menginstal windows

  • Pertama, silahkan sahabat mengunduh aplikasi  rufus di sini.
  • Kedua, setelah proses mengunduh selesai buka aplikasi rufus dan instal aplikasi rufus tersebut ke dalam netbook atau laptop sahabat.
  • ketiga, Masukan flashdisk sahabat kemudian buka aplikasi rufus, flashdisk yang kita masukan akan secara otomatis terdeteksi oleh aplikasi rufus.
  • Keempat, klik gambar CD drive untuk memilih lokasi file ISO windowsnya, kemudian klik Open.
  • Kelima, secara otomatis rufus akan mengubah file system dari FAT32 menjadi NTFS, sahabat bisa merubah nama drive tersebut pada New volume label kemudian klik start.
  • Keenam, akan muncul notifikasi bahwa semua data yang terdapat pada drive tersebut akan diformat, jadi pastikan bahwa sahabat sudah membackup semua data yang penting, selanjutnya klik OK.
  • Ketujuh, proses ini akan menghabiskan waktu kira-kira 20 menit, aplikasi ini sangatlah cepat tetapi semua itu tergantung berapa besar ukuran sistem operasi yang akan kita instal nantinya dan yang tidak ketinggaln adalah kecepatan dari sebuah flashdisk yang di gunakan.
  • Kedelapan, Finish sekarang flashdisk sahabat sudah siap untuk di gunakan menginstal sebuah sistem operasi.
Kita sudah selesai di dalam tahapan membuat flashdisk yang bootable untuk melakukan instalasi sistem operasi sekarang yang kita lakukan adalah mensetel pengaturan yang ada di dalam BIOS, agar booting pertama kali dari flashdisk bukan sebuah piringan hardisk ataupun Dvd, hal ini di lakukan agar nanti device yang pertama kali dibaca pada saat booting adalah flashdisk yang sahabat buat bootable tadi yang sudah tertanam sistem operasi yang sudah ada.


Cara Setting BIOS supaya booting dari flashdisk sahabat

  1. Jangan mencabut flasdisk yang sudah sahabat buat menjadi bootable tadi,  saran kangkomar biarakan dalam kondisi terpasang pada komputer atau laptop sahabat.
  2. Restart komputer atau laptop sahabat, kemudian tekan tombol DEL (Delete) untuk masuk ke dalam BIOS, tombol yang paling umum di gunakan untuk masuk ke menu BIOS adalah DEL, F1, F2, atau Fn+F2, tergantung manufaktur komputer atau laptop motherboard sahabat.
  3. Silahkan pilih Boot dan pindah menggunakan tombol 🔽🔼⇧⇩⇦⇨
  4. Gambar berikut menunjukan bahwa device yang berada di urutan teratas adalah HDD, jadi komputer atau laptop sahabat akan melakukan booting pertama kali dari HDD.
  5. Agar komputer sahabat melakukan booting pertama kali dari flasdisk, sahabat perlu menempatkan removable devices berada di urutan teratas, caranya dengan memilih removable devices, kemudian geser menggunakan tombol +/- sampai berada di urutan teratas seperti gambar di bawah ini.
  6. Kemudian tekan F10 untuk menyimpan pengaturan yang kita lakukan di dalam BIOS.
  7. Finish.
Sekarang sahabat dapat melakukan Instalasi sistem operasi seperti kebanyakan atau seperti menggunakan hard drive atau dvd sangat mudah bukan, jika sahabat masih bingung kangkomar akan menuliskan sebuah artikel yang bertuliskan langkah-langkah menginstal windows tenang saja tapi bukan sekarang pada kesempatan yang berbeda nantinya, kangkomar pamit jika ada salah kata atau ada kesamaan tulisan silahkan sahabat mengkomplain ke dalam kangkomar secara langsung melalui kolom komentar di bawah ini kangkomar pamit dan sampai jumpa.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon