Tips menjadi seorang Blogger tamu

Tips ampuh menjadi Seorang Blogger tamu


Kangkomar.net - Cara menjadi seorang blogger tamu yang baik dan yang harus di lakukan menjadi sorang blogger tamu, menjadi blogger tamu (guest blogger) sering di tawarkan oleh beberapa blog ternama yang ada di Indonesia, kesempatan ini seharusnya di ambil oleh para blogger karena menguntungkan yaitu mendapat limpahan trafik, meningkatkan reputasi, mendapat backlink berkualitas, dan dapat meningkatkan persahabtan dengan pemilik blog tersebut.



Dalam postingan kali ini kangkomar menginformasikan tips jitu menjadi blogger tamu, yang merupakan postingan saya yang ke berapa ini kangkomar lupa, kesepuluh tips ini merupakan tips-tips yang kangkomar gunakan saat menjadi blogger tamu berikut ini adalah tipsnya.

1. Ada keinginan

Hal pertama yang di lakukan adalah sahabat harus memiliki keignignana untuk menjadi blogger tamu, keingianan ini akan muncul apabila sahabat memahami keuntungan menjadi blogger tamu. Seberapa besar keingianan sahabat menjadi blogger tamu ? Bila hati kecil sahabat bergetar ingin menjadi blogger tamu, berarti keingianan sahabat tersebut besar dan dapat berbuah manis di kemudian hari, percaya tidak percaya kangkomar sudah membuktikannya.


2. Percaya diri

Banyaka bloggger yang tidak percaya diri menjadi blogger tamu, hal ini kangkomar perhatikan dari beberapa teman blogger contoh pertanyaan yang membuat sahabat tidak percaya diri adalah sebagai berikut.

  • Saya akan mengirimkan tulisan saya suatu hari nanti.
  • Saya lihat-lihat situasi terlebih dahulu.
  • Saya belum memiliki penglaman banyak, malu ah sama yang lain.
  • Waduh kemampuan saya masik cetek, gak pede neh gan.
Sekedar sharing pengalaman, saya percaya diri saat membaca kesempatan blogger tamu di beberapa blog ternama, bagi saya ini adalah peluang untuk memperkenalakna satu tulisan kepada seluruh pembaca yang kita tulis. Saya bergumam dalam hati, "Diterima tau tidak, minggu depan saya akan mengirimkan satu tulisan lagi ke blog tersebut".

3. Baca dengan seksama persayaratan yang di berikan oleh pemilik blog

Agar tidak menyalahi peraturan dari pemilik blog yang kita kirimkan tulisan kita, baca minmal dua kali persayartannya, biasanya persayartan seperti ini : Tulisan oroginal, bukan copy paste, tidak sedang di kirimkan ke blog lain, dan belum pernah di publikasikan (baik di blog sendiri atau di blog milik blogger lain.


4. Amati blog yang bersangkutan

Luangkan waktu sahabat unutk mengamati hal-hal berikut ini pasti akan berguna untuk diri sahabat sendiri.

  • apa saja jenis postingannya yang ada di dalamnya.
  • Apa saja kategorinya
  • Bagaimana gaya penulisannya
  • apa saja postingan terpopulernya
  • apa topik blog tersebut.

5. Tentukan topik tulisan sahabat 

Hal termudah menentukan topik adalah dengan melihat topik dari postingan apa saja yang belum ada di blog tersebut, saya waktu itu melihat bahwa topik mengenai ciri nama domain belum ada, jadi saya putuskan untuk mengambil topik postingan tersebut.

6. Lakukan riset online kecil-kecilan

Selain untuk mencarai referensi, riset online berguna untuk melihat apakah topik yang di ambil tadi sudah di tulis atau belum oleh blogger lain, saat melakukan riset online ini, saya mengamti 10 besar postingna yang muncul di Google. Seanainya topik tersebt sudah di tulis, sahbat masih bisa menggunakan topik tersebut dengan sudut pandang yang berbeda atau menginformasikan perkembangan terkininya.

7. Tulis postingan

Pastikan body tulisan yang sahabat buat tidak mempromosikan bisnis sahabat, selain itu guanakna juga teknik SEO on-page antara lain jumlah kata kunci per paragraf, dan judul gambar, tujuanya adalah agar postingan tersebut (bila dimuat) teranking baik di mesin pencari. Dengan demikian, peluang limpahan trafik pun semakin besar. Jangan lupa, buat biodata sahabat di bagian bawah tulisan dengan menyertakan link ke blog atau postingan sahabat, ini untuk memberi informasi latar belakang sahabat kepada pemili blog dan pembaca bila tulisan itu di muat.

8. Review postingan

Setelah selesai di tulis, review tulisan sahabat 2-3 kali, ini untuk melihat apakah alur penulisan sudah baik dan tidak ada salah ketik sedikitpun.

9. Kirimkan tulisan

Pengiriman ini di lakukan melalui email, lakukan secara santun dan beri keterangan singkat mengenai tulisan sahabat, misalnya saja, alasan mengapa memilih topik postingan tersebut. Seteleah pengiriman, biasanya dalam 1-2 hari pemilik blog akan memberitahukan apakah tulisan sahabat layak di muat atau tidak, jika layak di muat pemilik blog juga akan menginformasikan kapan wwaktu publikasinya, Bagaimana jika tulisan sahabat tersebut di tolak ? Bila di beri kesempatan memperbaikinya, perbaiki dengan segera dan kirimkan kembali. Kalau di tolak lagi, bagaimana ? Tidak ada jalan lain, publikasiakan saja di blog sahabat sendiri.


Demikianlah tips menjadi blogger tamu semoga artikel kangkomar ini bermanfaat untuk menambah wawasan, dan jika sahabat tidak suka tentang artikel saya ini silahkan sahabaat jangan menyebar luaskan postingan saya ini kang komar pamit semoga selalu bahagia terus sahabat kangkomar sampai jumpa.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon