Cara custom domain

Cara custom domain di wordpress.com


Kangkomar.net - Cara custom domain di wordpress.com, kali ini kang komar akan mencoba menjelaska sesuatu yaitu cara custom domain di wordpress.com bagi sahabat yang masih kebingungan ingin mensetting domain sahabat ke dalam domain TLD ( .com, .net, .id, .web.id dan lain sebagianya di dalam platform wordpress kangkomar akan menjelaskannya sampai akar hingga ujungnya jadi sahabat tepat sekali datang dan mampir ke blog kangkomar.net untuk mengatasi cara custom domain di wordpress.com.



Dengan ngeblog di Wordpress.com berarti kita telah stuju untuk mematuhi TOS yang di buat oleh pihak Wordpress, ada ribuan bahkan jutaan blog yang numpang di wordpress.com. Tidak mungkin mereka memantau satu - persatu blog secara manual, jadi pemantauan pasti di lakukan oleh robot. Robot ini sendiri kadang-kadang salah dalam mengidentifikasi blog yang melanggar TOS dengan blog yang tidak melanggar TOS. Oleh karena itulah, kadang terjadi sesuatu istilah yang di sebut suspend blog tanpa kejelasan mana yang di langgar, dan tidak ada pemberitahuan hal mana yang melanggar dan di langgar oleh pengguna wordpress tersebut namanya juga numpang ya kita harus menerima segala resiko yang ada bukan begitu sahabat.


Menggunakan custom domain akan lebih aman, selain mendapat prioritas keamana dari proses suspend sepihak (ini dugaan awal kangkomar saja, kita kan harus membayar  kalau menggunakan custom domain TLD), kita juga dapat memindahkan konten kita dari satu hosting ke hosting yang lain, jadi tidak tergantung di wordpress saja.

Kangkomar sarankan sahabat bisa membeli paket nama domain sekaligus domain mapping dengan biaya $18 per tahunnya, tapi saya pribadi tidak menggunakan cara ini, karena saya lebih suka mendaftar langsung di registrar yang sudah terkenal, seperti GoDaddy, Name, Dynadot dan Niagahoster.

Jika sahabat menemui kendala dalam hal pembayaran sahabat dapat memanfaatkan jasa reseller domain lokal (Yang sekaligus berjualan web hosting), seperti Hostingcera dan Rumahweb atau juga Niagahoster, mereka menerima pembayaran melalui transfer antar semua bank jadi kita tidak akan di repotkan dengan perihal pembayaran antar bank.


Nama Domain


Pertama yang harus kita lakukan adalah mendaftarakan nama domain yang kita inginkan pada umumnya, saya mendaftar di situs registrar maupun reseller domain, kita akan di sambut dengan halaman pertama dengan domain name search bar. Di sini kita akan di suruh memasukan nama domain sesuai dengan yang di tentukan oleh sahabat, Jika nama domain available alias belum di miliki orang lain, mak nama domain tersebut dapat kita order, untuk keperluan domain maaping ini, shabaat cukup beli domain saja, tidak perlu membeli web hosting.

Setelah proses pembayaran selesai, maka kita akan mendapatkan usernamae dan password untuk akses domain manager, di domain manager ini kita bisa merubah data personal, name server, dan DNS record, dan lain-lain. Sementara abaikan saja dulu fitur yang lain, fokus dulu ke name server hapus name server default, dan ganti name server ke:

ns1.wordpress.com
ns2.wordpress.com
ns3.wordpress.com

Dan setelah melakukan penggantina name server tadi sekarang urusan masalah custom domain telah terselesaikan alias sudah rampung dan tinggal kita ke proses selanjutnya yaitu proses domain mapping.

Domain Mapping


Selanjutnya adalah menghubungkan domain yang telah kita daftarkan tadi dengan blog atau web kita yang ada di wordpress.com, dari dasbord wordpress, klik store => Domain, dan masukan nama domain kita yang sudah sahabat tentukan di atas ke Add a domain, lalu klik tombol Add domain to blog.

Di halaman selanjutnya, sahabat centang di i already own  . . . lalu klik yes! start mapping my domain, isi data-data yang di perlukan, dan lakukan pembayaran domain dan selesai.



Silahkan sahabat tunggu beberapa jam tinggal dulu dan beraktifitas seperti menulis artikel atau melakukan hal lain terlebih dahulu sebelum mengetes nama domain sudah ready ( siap ) atau belum biasanya proses ini memerlukan waktu yang sedikit lebih lama sampai memakan waktu berjam-jam jadi saran kangkomar sahabat bisa melakukan tugas yang lain seperti makan, nonton telivisi, atau nonton bareng pacar sembari menunggu custom domain kita di seting oleh penyedia jasa domain yang kita sewa.

Demikian itu cara custom domain yang dapat kangkomar jelaskan semoga bermanfaat untuk semuanya kangkomar pamit, kritik dan sran sangat kangkomar harapkan untuk memajukan kualitas blog dan artikel kangkomar dan terima kasih telah berkunjung ke dalam blog kangkomar sampai jumpa dan sampai bertemu di lain kesempatan.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon