Bahaya Menggunakan Laptop Di atas Kasur

Bahaya Menggunakan Laptop di atas Kasur Berikut Alasannya


Jangan menggunakan Laptop di atas kasur- Laptop adalah sistem komputer yang sifatnya portable, artinya dengan laptop kita bisa mengoperasikan komputer dimanapun dengan laptop kita bisa berpindah-pindah lokasi ketika ingin mneggunakan komputere kita bisa menggunakan laptop di rumah, di kantor, di kafe dan sebagainya.

Meskipun sifat laptop adalah portable atau bisa kita pindah-pindah ke banyak tempat, namun tahukah sahabat bahwa ada salahsatu tempat yang di larang untuk menggunakan laptop. Jika kita tetap mengoperasikan laptop di tempat terlarang ini maka beresiko laptop akan cepat rusak salah satu tempat terlarang untuk menggunakan laptop adalah di atas kasur.

Kenapa Jangan Menggunakan Laptop di atas kasur ?


Mungkin menggunakan laptop di atas kasur adalah salah satu tempat favorit kita, enaknya mengoperasikan laptop di atas kasur adalah bisa sambil tiduran, namun  mulai saat ini juga sebaiknya hal tersebut jangan sahabaat lakukan lagi, alasannya adalah sebagai berikut.


1. Laptop Mengalami panas Berlebih (Overheat)


Alasan pertama kenapa jangna menggunakan laptop di atas kasur adalah laptop akan mengalmai panas berlebih, umumnya bagian bawah laptop di desain sebagai tempat sirkulasi udara, jika kita menyimpan laptop di atas kasur, maka sirkulasi udara ini akan tersumbat. Permukaan akasur biasnya tidak rata sehingga di khawatirkan akan menutup lubang vertilasi udara bawah laptop.

Seringnya laptop mengalami overheat atau panas berlebih tentu saja akan meeperpendek laptop, laptop akan cepat rusak terutama pada motherboard dan keyboard, memang laptop tidak akan langsung rusak, namun lambat laun laptop sahabat akan cepat rusak.


2. Membuat Rusak Hardisk


Seringnya menggunakan laptop di atas kasur sangat beresiko juga akan cepat rusak pada hardisk. Penggunaan hardisk yang tepat adalah di tempat yang rata, ketika hardisk beroperasi maka sebuah piringan di dalamnya akan berputar dengan sangat cepat dan kencang, permukaan kasur sangat empuk sehingga bisa membuat hardisk berguncang, dari keguncangan inilah maka piringan di dalam hardisk menjadi tidak stabil bekerjanya. Hardisk sering berguncang maka sama artinya sahabat membiarkan hardisk cepat rusak, piringan hardisk akan cepat lecet dan  bisa saja hardisk akan rusak total.


3. Permukaan Keyboard Menjadi Tidak Rata


Karena permukaan kasur sangat empuk maka laptop menjadi tidak rata, tidak ratanya laprop bukan saja akan berakibat buruk pada hardisk, namun keyboard juga sahabat tidak bisa melakukan pengetikan dengan maksimal. Sahabat akan sulit berkoordinasi dengna tombol-tombol keyboard, ketika sahabt bergerak di atas kasur, mak pasti laptop juga akan ikut bergerak , permukaan kasur yang empuk bisa terus berguncang seiring sahabat bergerak.


Saya Terpaksa harus memakai laptop di atas kasur?


Lalu bagaimana jika sahabat terpaksa harus memakai laptop di atas kasur? jika terpaksa dan tidak ada solusi lain lagi yaitu sahabat harus menggunakan meja portable laptop, dengan memakai meja laptop portable maka masalah pertama di atas bisa teratasi, artinya laptop sahabat tidak menjadi pans berlebih (overheat).


Namun meskipun telah menggunakan meja portable, masalah nomor dua dan tiga di atas masih belum bisa di atasi, ketika sahabaat bergerak maka kaki-kaki meja portable ini pasti akan ikut bergerak juga, dengnabegitu laptop masih bisa berguncang, selama sahabat mengoperaikan laptop di atas kasur meskipun mungkin menggunakan meja portable, usahaakan jangna terlalu banyak bergerak dulu.


Tips Menggunakan Laptop dari Kangkomar.net


  • Jangan letakan laptop di depan sumber cahaya yang terang, seperti jendela misalnya, dua pantulan cahaya serta intens yang berasal dari monitro laptop dan jendela cenderung membuat mata sahabat akan lelah, dan sinar yang terlalu banyak ddi serap koernea dapat meningkatkna resiko gangguna katarak.
  • Letakan lapto sejajar arah pandang mata, jika tidak ada tempat untuk meletakan laptop secara baik, jangan ragu unutk meletakan sebuah benda berbidang data di pangkuan, seperti bantas kursi, bebrapa buku yang tebal dan besar atau lapisan beberapa koran, hal ini sangat penting di lakukan untuk meminimalisir ketegangan yang terjadi pada otot dan tulang leher.
  • Guanakn plugin mouse agar sahabat dapat menggerakan kursor secara baik, terutama bila bidang sentuh atau trackball sahabat sulit untuk di gunakan.
  • Pastikan mouse dan keyboarad laptop di operasikan setinggi lipatan siku utnuk menghindari pada gangguan pergelangan tangan dan keteganang otot lengan atas.
  • Jika sahabat menggunaka laptop bersamaan dengan mengakses dokumen lain jangna letakan dokumen tersebut di samping lapto, gerkan lehere yang beralih dari monitor yang sejajar garis pandang ke dokumen yang ada di samping laptop dapat memicu gangguan postur leher. Sebaiknya gunakan tangkai penejepit yang di pasang sejajar monitro sehingga sahabat mendapatkan sudut baca yang sejajar dengna sudut pandang ke monitor laptop.
  • Setiap satu jam sekali selama sahabat bekerja di depan laptop sisihkan 5 menit untuk beristirahat dan melakukan peregangan, hal ini di perlukan agar tubuh tidak mengalami ketegangan.
  • Jika laptop harus di bawa seharian, pertimbangkan berat laptop lengkap dengan segala peralatannya, seperti power supply, external drive, atau batere, pastikan bobotnya tidak lebih dari 3,5 kilogram (KG), memabwa beban yang lebih berat dari bobot tersebut memicu cedra pada salah satu atau kedua otot bahu, jika shaabat harus membawanya, pikirkan untuk memeiliki carrier beroda.

Demikian tentang artikel yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat bagi seluruh sahabat setia pembaca kangkomar.net jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran agar saya dapat memperbaiki kekeurangna yang ada di dalam artikel saya ini selamat melakukan aktifitas selanjutnya dan terima kasih telah berkunjung ke dalam blog kangkomar.net.

1 comments:

avatar

thank min postingannya ini ada tipsnya juga saat menggunakan laptop...
solder infrared

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon