Penyebab susah tidur di malam hari dan cara mengatasinya

Penyebab susah tidur ( Insomnia ) dan cara mengatasinya


Kangkomar.net - Banyak orang yang mengeluh susah tidur, memang kedengaran agak lucu, tiudr itu sesuatu pekerjaan yang paling mudah mengapa orang bisa susah tidur. Andaikata orang mengeluh susah bangun tidur rasanya ini lebih bisa di mengerti, namun banyak orang yang mengeluh sulit tirur jika di tanya jam berapa masuk kamar dengan maksud untuk tidur dan jam berapa tertidur jawabanya cukup bervariasi.

Insomnia adalah gangguan psikis meskipun faktor fisik juga berpengaruh bila penyebabnya adalah gangguan psikis yang di perlukan untuk mengatasi adalah tindakan psikis, sementara bila penyebabnya dalah gangguan fisik, secara simptomatis gangguan inilah yang di uapayakan untuk di kurangi, dengan kata lin penyakit insomnia merupaakan ketidak mampuan sesorang untuk tidur selama periode yang seharusnya,di saat orang-orang biasanya tidur dengan lelap pada keadaaan malam haru, ada pula penyakit Insomnia yang di sebabkan oleh penyakit faral farmiliar Insomnia (Baggiby, 1968) yang termasuk ke dalam penyakit yang di picu oleh prion, banyaknya orang yang menderita gangguan tidur di Amerika Serikat berkisar dari 10-38% dari jumlah penduduk.

Penyebabb gangguan  susah tidur atau penyakit Insomnia ini di antaranya adalah depresi, gangguan jiwa atau teman tidur yang mendengkur, sepuluh persen dari jumlah penderita gangguan tidur mengatasi problem tidurnya dengan mengkonsumsi obat. Gangguan sulit tidur alias penyakit Insomnia memang sangat mengganggu, banyak orang yang  memiliki jalan pintas dan tanpa berkonsultasi ke dokter langsung minum obat tidur. Tidur memang bisa jadi lebih puas, tapi ketika bangun badan sahabat akan terasa semakin lemas dan lesu.

Penyebab penyakit Insomnia pada lansia biasanya terjadi akibat dari usia yang semakin bertambah yang membuat pola, tidur menjadi berubah. Hal ini akan meninggalkan resiko dari terjadinya penyakit Insomnia namun tetapi pertambahan dari usia yang bisa menjadi salah satu penyebab yang mutlak dari terjadinya penyakit Insomnia pada lansia. Selain itu perubahan pada pola tidur yang berhubungan degna usia adalah sleep Architecture dan Ritme sirkadium.


Faktor-faktor penyebab penyakit Insomnia


  • Depresi
Depresi adalah penyakit yang seing terjadi pada semua orang tetapi tidak semuanya dan depresi ini di sebabkan oleh berbagai macam hal, yaitu masalah keluarga, ekonomi, persahabatan, pekerjaan dan percintaan. Dan depresi bisa mengakibatkan berbagai macam hal yang nantinya bisa menimbulkan kejiwaan atau kegilaan mengobatinya bisa dengna menggunakan alami yaitu Madu, yang caranya bisa di konsumsi langsung. Minumlah ramuan ini dengan rutin dan teratur agar penyakit yang di alami dapat cepat sembu, depresi ini bisa di anggap sebagai faktor penyebab penyakit Insomnia maka dari itu jagalah diri baik-baik agar tidak mudah mengalmai masalah seperti ini.
  • Penyakit asma
Asma adalaha penyakit yang sering terjadi pada penderita asma tersebut, dan asama pun kakan menyerang pada bagian saluran pernafasan dalam mengobati asma ini ternyata bisa dengan menggunakan bahan yang tidak menumbulkan efek samping gejala asama akan menimbulkan sesak nagas, dan dada yang sesak ini biasnya hadir dengan cara tiba-tiba. Penyebab asma sangat beraneka ragam bisa di akibatkan oleh faktor genetik dan alergi, bagi penyakit apapun yang di akbitkan oleh genetik dalam menyembuhkannya sangat sulit, karena dengna sifat turun temurun ada penyakit yang penyebab mengalami hal ini faktor penyebab penyakit Insomnia lah yang akan terjadi.

  • Penyakit paru-paru
Paru-paru adalah salah satu bagian organ  dalam tubuh yang harus selalu di jaga dengan baik dan benar, karena paru-paru ini meurpakan organ yang bergunan untuk saluran pernafasan dan banyak maslah yang di alaminya seperti flek, kanker dan tumor. Penyakit ini sangat berbahaya sekali untuk di alaminya dan menyembuhkannya jka ingin menggunkan obat dari dokter, sahabat dalam meminumnya harus rutin dan teratur dan tidak boleh terputus, bila sampai berhenti, harus mengulang dari awal lagi penyakit ini bukan sembarang penyakit yang dapat di sembuhkan dengan cepat untuk faktor penyebab penyakit Insomnia pun akan memunculkan penyakit seperti yang tertera di bagian atas tadi.

  • Prostat yang mengalami pembesaran
Faktor penyebab penyakit Insomnia ini adalah mengalami pembesaran di bagian prostat penyakit ini di alami hanya pada pria saja dan tidak di peruntukan untuk wanita kalau begitu bersyukur tuh bagi kalian yang jadi wanita, berjaga jaga agar penyakit ini tidak terjadi pada diri sahabat, yang akan membuat tubuh mengalami kondisi yang buruk dan cepatlah untuk melakukan penyembuhan untuk penyakit prostat minumlah air yang terbuat dari daun sendok pada tiap harinya sampai di nyatakan sembuh total. 


Cara mengatasi Insomnia


Penangan yang di lakukan untuk penyakit Insomnia pada lansia adalah dengan melakukan diagnosa, jika diagnosa sudah di tegakakan, mak di lanjutkan dengan melakukan rencana untuk penangan, cara menyembuhkan Insomnia pada usia lanjut adalah dengan terapi nonfarmakologi. Tujuan yang di lakukan dari terapi Insomnia ini adalah untuk membantu menghilangkan gejala Insomnia dan juga unutk membantu meningkatkan produktifitas dan fungsi kognitif dari tubuh sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas hidup pada mereka yang berusia lanjut.

Salah satu terapi Insomnia pada lansia adalah dengan melakukan terapi relaksasi, terapi relaksasi ini bertujuan untuk membantu mengatasi suatu kebiasaan yang terjadi di usia lanjut yang mudah terbangun di malam hari saat sedang tidur, dan unutk beberapa orang yang berusia lanjut biasanya mempunyai suatu kesulitan untuk bisa  tertidur lagi setelah terjaga. Metode terapi Insomnia dengan relaksasi ini di lakukan dengan meliputi relaksasi otot, guilded imagery, latihan  pda penerapan dengan menggunakan diafragma, yoga dan juga melakukan meditasi.

Sedangkan yang terjadi pada penyakit Insomnia kronik dasarnya dalah suatu keadaan yang di tandai dengan gejala susah tidur dalam jangka waktu yang lama, hal ini adalah suatu keadan yang lebih kompleks terjadi dengan beberapa suatu keadaan fisik dan juga psikologis sebagai salah satu penyebab yang menjadi dasarnya. Penyakit Insomnia kronis di bagi lagi menjadi beberapa bagian yakni adalah penyakit Insomnia kronik primek terjadi gangguan pada pola tidur dengan tidak mempunyai suatu kondisi yang khusus sedangkan pada penyakit Insomnia kronik sekunder terjadi dengan berkaitan dengan kondisi fisik atau psikologis sesorang. 

Yang mendasari penyebabnya adalah suatu hal dasar dan selain karena tidak empunyai kemampuan untuk tidur, maka beebrapa gejala yang paling terlihat adalah keaadn yang terjadi pada kelelhan pada otot, halusinasi, serta penglihatan ganda dan lain sebagainya. Yang paling menarik dalah orang yang mengalamai Insomnia Kronik ini biasanya akan cenderung untuk menunjuka suatu pengingkatan yang sangat menakjubkan dari tingkat kewaspadaanya.

Cara Mengobatai Insomnia Kronik

Cara mengatasi Insomnia kronik di lakukan denga mengidentifikasikan penyebab Insomnia yang mejadai dasar dari terjadinya Insomnia, hal ini akan menghasilkan suatu langkah dalam  melakukan penanganan insomnia kronik, dalam kasus Insomnia kroni  yang di akbitakan konsumsi obat tertentu, maka hal yang bisa di lakukan adlaah dengan mengganti obat yang di resepkan, tujuan adalah unutk membantu serta mengurangi masalah yang terjadi.

Cara mengobati penyakit Insomnia dengan cara alami 

  • Melakukan olahraga yang teratur.
  • Menghindari jenis makanan serta minuma dengan asupan berlebihan saat akan tidur.
  • Lingkungna tempat tidur yang nyaman.
  • Kurangi asupan minuman yang sifatnya adalah stimulan atau bisa membuat sahabat terjaga seperti minuman teh, kopi, dan alkohol.
  • Makanlah makana yang ringan dengan kandungan karbohidrat yang rendah.
  • Mandi air hangat selama 30 menit sebelum tidur.
Demikian artikel saya kali ini yang mebahas Insomnia atau susah tidur semoga berguna dan bermanfaat untuk para sahabat yang membacanya selamat beraktifitas dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kita jangan lupa beristirahat sejenak karena kesehatan itu mahal harganya saya kang komar pamit semoga bermanfaat sampai jumpa.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon