Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Google Play Store 2017

Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Google Play Store 2017


Kangkomar.net - Play store tiba-tiba tidak bisa di buka atau tidak bisa masuk play store di Smartphone android sahabat ini merupakan salah satu masalah yang saya hadapi ketika saya baru 2 hari membeli smartphone galaxy tiba-tiba play store tidak bisa di buka setelah di root saya juga tidak tahu kenapa, tapi terkadang di root atau tidak kadang juga play store tidak bisa di akses secara tiba-tiba. Padahal setelah saya cek aplikasi, RAM, dan koneksi internet semua baik-baik saja masih dalam batas wajar seperti itu untuk penggunaan RAM, dan ketika play store yang tidak bisa di buka maka hal ini harus segera teratasi mau tidak mau.

Biasanya ketika playstore tidak bisa di buka maka akan muncul "Unfortunately, the process com.google.process.gapss has stopped", nah buat sahabt yang kebingunang mengatasi cara ini saya akan membagikan caranya dari akar sampai ujung maka silahkan sahabat simak artikel saya di bawah ini agar semua maslaah yang sahabat hadapi dapat teratasi dengan baik dan cepat selamat membaca dan selamat mencoba, ada dua cara yang akan saya jelaskan dan yang akan saya bagikan kepada sahabat di rumah, di kantor, maupun di manapun sahabat berada.

Berikut ini adalah cara pertama memperbaiki playstore yang tidak bisa di buka secara tiba-tiba di Smartphone Android semoga cara ini berhasil di Smartphone android sahabat dan apabila cara ini belum berhasil saya masih mempunyai cara yang kedua jangan khawatir karena ada banyak jalan menuju negeri China:

  1. Pertama sahabat buka setting atau pengaturan di smartphone android sahabat.
  2. Kedua, cari dan buka manajer aplikasi.
  3. Ketiga, apabila sudah terbuka aplikasi manager maka akan terdapat 3 tab (di download , berjalan, dan semua), maka sahabat arahkan dengan cara menggeser sampai terbuka di "semua").
  4. Keempat, klik pada opsi dan pilihlah "reset preferensi aplikasi".
  5. Kelima, klik "reset aplikasi", perlu sahabat ingat setiap Smartphone pengaturannya sedikit berbeda tidak semua pengaturan di Smartphone sama apa bila sahabat bingung dapat sahaabt tanyakan ke pada saya melalui kolom komentar yang ada di bawah.

Cara ini sendiri cukup aman karena saya sudah membuktikannya saya rekomendasikan untuk sahabat coba tanpa beresiko aplikasi sahabat akan hilang jadi aman untuk di coba jika sahabat mengalami kesulitan dapat menanyakannya kepada saya melalui kolom komentar yang ada di bawah.

Kemudian kita lanjut ke cara yang kedua yaitu cara mengatasi tidak bisa masuk Google Play store (tidak bisa masuk play store) ketika sahabat bingung tidak bisa masuk Google play store karena saat membuka aplikasi muncul pesan-pesan error seperti Conection time out, no conection (tidak ada koneksi), check your conection (periksa koneksi) dan lain sebagainya.

Padahal koneksi internet di smartphone Android sahabat tidak ada maslaah karena sahabat tetap bisa browsing, download, Bbm-an, menonton Youtube ataupun melakukan aktifitas-aktifitas online yang lainnya, saya akan membagikan beberapa cara memperbaiki error di atasa yang akan kangkomar.net bahas pada cara kedua ini, mulai dari yang sangat mudah sampai cukup sulit karena  smartphone harus di root berikut adalah cara yang kedua silahkan di coba apabila mengalami kesulitan silahkan tanyakan kepada saya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.


Cara mengatasi tidak bisa masuk Google Play store


  • Conect (hubungkan melalui Wifi) - Restart
Buka Google play store melalui koneksi wifi, kalau bisa conect Google Play store maka sumber masalahnya terdapat di operator seluler, coba juga restart Smartphone sahabat karena biasanya masalah aplikasi di Smartphone Android dapat di perbaiki cukup dengan melakukan restart (atau mencabut baterai bila memungkinkan untuk di lakukan).

  • Memperbaiki jam dan tanggal
Jam ataupun tanggal yang tidak sesuai akan membuat server Google playstore menolak untuk terhubung dengna device Android oleh karena itu pastikan jam, tanggal, time zone di smartphone Android sudah sesuai dengan region negara di daerah tinggal sahabat. Rubah setting tanggal di menu Settings > System > Date dan time (setelan > Aplikasi >Sistemn> Tanggal dan waktu), kemudian rubahlah secara manual atau sahabat bisa menggunakan settingan otomatis yang di berikan oleh operator seluler yang sahabat gunakan.


  • Hapus data aplikasi Google play store

Cara memperbaiki Google play store yang biasnya paling ampuh dan langsung mengatasi masalah inti adalah dengan menghapus cache, data dan menguninstall update yang ad di aplikasi Google play store. Caranya adalah masuk ke menu settings > Apps > All (setelan > Aplikasi), cari daftar yang tampil nama Google play store dan Google play store services akan terlihat beberap tombol seperti gambarr, tekan delet cache (hapus cache) delete data (hapus data) untuk kedua aplikasi Google play store dan Google play services. Kemudian buka kembali Google play store dan maka saat membukanya sahabt akan di minta memasukan atau memilih akun yang di gunakan untuk masuk atau login ke playstore dan sahabat harus memasukan email dan kata sandi lagi seperti ketika pertama sahabat menggunakan Google Play store, "Perlu di ingat sahabat harus masuk dengan email Gmail Google".


  • Edit hosts file untuk memperbaiki error tidak bisa masuk Google play store

Di beberapa tipe Handphone (Smartphone) android (tablet) maupun Custom ROM yang tetanam setting tambahan yang menetukan alamat IP addres dari Google Play Store yang dapat membuat maaslah tidak bisa masuk ke Google play store saya mempunyai cara memperbaiki Google bila kondisinya seperti di atas adalah smartphone Android sudah di root, hal ini wajib di lakukan karena akan mengupdate host file Android yang lokasinya di file system. Gunakan aplikasi file explorer seperti ES File Explorer, Rootexplorer, dan lain-lain kemudian masuk ke folder /system/etc, bua file hosts, lalu hapus baris yang mengrahkan ke server Google mudah bukan, bila sahabat masih kebingungan silahkan sahabat bertanya melalui kolom komentar yang ada di bawah ini.

Demikianlah cara mengatasi Google play store yang tidak bisa di buka di smartphone Android semoga bemanfaat dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar di blog saya, demikian informasi yang dapat saya sampaikan mohon maaf jika dalam penyampain ada kesalahan atau ketidaklengkapan, terim akasih dan semoga bermanafaat dan pesan saya satu lagi jangan lupa kunjungi terus web saya untuk mendapatkan bertia dan informasi seputar dunia teknologi.


Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon