Penjelasan Tentang Dasar Halaman Admin Pada Wordpress

Pengetahuan Paling Mendasar Tentang Halaman Admin Wordpress

Bila sahabat termasuk orang yang familiar dengan wordpress (selanjutnya akan di sebut WP), maka saya sarankan untuk berhenti melanjutkan membaca tuliasn ini dan boleh membaca artikel saya yang lainnya di blog kangkomar.net, itupun bila masih berkenan. Karena kali ini saya akan mencoba untuk membahas dasar-dasar mengenai wordpress, yaitu penjelasan singkat mengenai menu-menu yang ada di wordpress dan sub-sub menunya, dan di postingan ini yang saya bahas adalah wordpress yang berbahasa inggris tapi bahasannya pake bahasa indonesia.


Berikut ini Penjelasan tentang Penjelasan Dasar dasboard Wordpress

  • Pertama adalah Dashboard. apa itu dashboard ? dashboard merupakan tempat mengelola website wordpress oleh sang pemilik itu sendiri kalau boleh saya gambarkan dasboard merupakan ruangan khusus seperti dapur untuk mengolah suatu masakan menjadi enak dan lezat, atau bahasa daerahnya itu "back-end", dan di dasboard ini lah semua pilihan tersedia, mulai dari memasukan konten baru, editing themes, hingga pengaturan plug-in bagaimana kah cara mengakses halaman dasboard ini? sahabat cukup mengetikan Url www.namadomainsahabat.com/wordpress-admin pada browser sahabat, lalu masukan username dari password yang sudah sahabat buat sebelumnya di insta;asi fantastico maupun softtaculous.

  • Kedua adalah Post, post ini merupakan menu yang berfungsi untuk mengelola konten berupa tulisan yang kita akan atau sudah kita buat, kita bisa membaut tulisan di submenu " Add new", dan dapat menambahkan tag baru di "post tag", serta juga dapat menambahkan kategori untuk mengelompokan tulisan kita di sub menu "Categories", dan submenu "Edit" untuk mengatur postingan yang sudah kita buat sebelumnya.

  • Ketiga adalah media. menu ini di gunakan ketika kita ingin menambahkan file suara, gambar, maupun video, submenu "Library" di gunakan untuk mengelola file-file yang sebelumnya sudah kita upload terlebih dahulu, sedangkan submenu "Add new" di gunakan untuk meng-upload media yang ingin kita gunakan di website kita sendiri.

  • Keempat adalah Links, di gunakan untuk menambahkan link website atau blog teman sahabat yang nanti akan muncul di blogroll dalam website / blog wordpress sahabat. Sama seperti submenu "Add new" dan  "Edit" di menumenu sebelumnya, kedua submenu tersebut juga ada di dalam menu links ini dan memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengelola link-link yang sudah ada (untuk submenu edit) dan untuk menambahkan link baru (untuk submenu Add new). bedanya adalah di menu ini terdapat link category yang di gunakan untuk menambahkan atau menghilangkan kategori/kelompok link-link nantinya, sangat berguna untuk memisahkan link-link sesuai dengan kelompoknya.


  • Kelima adalah Pages, yaitu menu yang di gunakan untuk menambah atau menghilangkan halaman statis yang ingin ditampilkan di website atau blog sahabat, submenunya pun masih memiliki fungsi yang sama dengan menu-menu sebelumnya, yaitu untuk menambahkan dan mengeloa halaman yang sudah ada.

  • Keenam adlaah Appeareance, Appereance adalah menu yang secara umum di gunakan untuk mengatur tampilan website yang akan di lihat oleh pengunjung website atau blog sahabat, terdiri ata beberapa submenu yaitu:

  1. Themes, untuk memilih dan mengaktifkan tema tampilan website atau blog yang ingin sahabat gunakan.
  2. Widgets, untuk menambahkan dan mengautr fitur-fitur yang ingin sahabat tampilkan di sidebar (ada di samping kiri atau kanan dari isi website atau blog sahabat.
  3. Editor, untuk mengedit  kode, php maupun , css dari themes yang sudah terinstal di dalam website atau blog sahabat, saya sarankan bagi para pemula yang tidak mengusai bahasa pemograman web untuk tidak merubah suatu apapun dalam submenu ini, karena akana sangat mempergaruhi tampilan dari websit atau blog sahabat sendiri.
  4. Add new themes, untuk menambahkan tema ke dalam website atau blog sahabt, akan ada dua pilihan untuk menginstal tema di sini yaitu instal langsung dari direktori themes yang ada dis itus wordpress.org atau juga bisa menginstal dengan cara mengupload file.zip thmesnya (biasanya di dapatkan dengan mengunduh atau mendownload dari situs-situs penyedia themes wordpress gratisan). 

  • Ketujuh adalah Plugins, berfungsi untuk mengelola plugins, terdiri dari submenu "installed" untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan plugins yang terinstal dalam wordpress sahabat. Kemudian ada "Add new" untuk menambahkan plugin baru, dan ada submenu "editor" untuk mengedit kode plguin (butuh pengetahuan mendalam tentang bahasa pemograman web).

  • Kedelapan adalah Users. menu ini berfungsi untuk mengelola pengguna website atau blog sahabat, jadi wordpress sahabat bisa di kelola oleh lebih dari satu orang,  Submenu "Authors and Users" akan menampilkan daftar pengguna yang terdaftar di dalam sistem wordpress sahabat dan sebagai admin sahabat dapat mengatur tingkat kewenangan dari pengguna, apakah sebagai admin, editor, ataupun hanya sebagai kotributor, selain itu ada submenu "Add new" untuk menambahkan pengguna, dan juga ada submenu "Your profile" untuk mengedit data-data akun kita sebagai pengguna di dalam website atau blog sahabat.

  • Kesembilan adalah Tools, di dalamnya terdapat submenu "export" yang sangat berguna bila kita ingin memindahkan isi website atau blog yang satu ke instalalsi website atau blog yang lain, asala keduanya masih berplatform sama yaitu wordpress maka submenu ini akan berguna sekali sahabt, selain itu juga ada submenu "import" yang memungkinkan untuk mengimpor database blog kita yang lama, dan yang terakhir adalah submenu "Upgrade" sangat berguna untuk menjaga instalasi wordpress sahabat tetap uptodate karena di submenu ini kita bisa mengupgrade instalasi wordpress ke versi yang paling baru secara otomatis, selain itu kita juga bisa mengupgrade versi plugin bila rilis versi terbarunya telah di keluarkan oleh pihak yang terkait.

  • Kesepuluh adalah menu setting, di menu ini banyak sekali pilihannya karena menu ini di gunakan untuk mengkonfigurasi keseluruhan website kita, mulai dari pengaturan nama website atau blog kita hingga pengaturan teknis plugin yang terinstal di dalam website atau blog sahabat. Sehingga saya pikir postingan ini akan terlalu panjang bila saya membahasnyasecara detail satu persatu-, jadi saya berniat akan membahasnya di lain kesempatan yang berbeda tunggu postingan saya yang berikutnya ya.


Penutup


Mudah-mudahan penjelasan dasar di atas membuata para pembaca kangkomar.net justru malah tidak puas dan berusaha mencari informasi dalam lagi, baik di tulisan-tulisan lain dalam blog ini maupun di sumber-sumber lainnya. Dan doakan saya untuk bisa membahas menu-menu diatas satu persatu secara lebih mendetail, terutama di bagian mennu setting karena di sanalah kunci berhasil atau tidaknya sahabat mengelola website atau blog wordpress sahabat tercinta sampai bertmu di lain kesempatan sampai jumpa. Kritik dan saran saya harapkan untuk memajukan kualitas blog kangkomar.net kedepannya agar menjadi lebih baik lagi di kolom komentar berikut ini.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon