Cara Membackup file Wordpress Melalui cpanel terlengkap

Cara Membackup File Wordpres Melallui Cpanel Terlengkap


Membackup file, adalah salah satu hal penting yang seringkali di sepelekan oleh banyak pengguna website. Mereka kurang memperhatikan betapa pentingnya membackup file-file yang terdapat pada website mereka. Dulu saya pernah mengalami kesalahan dalam mengutak-atik website saya sendiri. Saya orangya suka belajar hal-hal baru dan saa t itu saya mencoba mengutak-atik website saya yang satunya lagi agar tampilannya lebih menarik. 

Saya utak-atik tuh kode-kode seperti php dan teman-temannya dan hasilnya blog saya tambah hancur malah, bukan tambah mernaik tapi tambah membuat mata perih melihatnya. Jujur, waktu itu saya bingung sekali, file backup juga tidak ada dan kesalahan saya yang kedua yaitu utak-atiknya tidak melihat waktu dulu, saya utak-atiknya pada sore hari, dimana pengunjung blog saya ramai pada waktu sore hari. Alhasil saya harus mantengin laptop selama kurang lebih 5 jam hanya untuk mengembalikan tampilan blog saya seperti semula.

Maka dari itu, sahabat harus benar-benar melakukanbackup pada website sahabat secara berkala guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti rusaknya file karena kesalahan pemilik website itu sendiri ( seperti kasus saya), kesalaahan pada hosting yang sahabat pakai atau karena di retas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Mencegah lebik baik dari pada mengobati, mungkin peribahas tersebut wajib di aplikasian oleh semua pemilik website, salah satunya caranya adalah dengan membackup file website tanpa panjang lebar, saya akan memberikan cara secara lengkap mengenai cara membackup file pada website berplatform Wordpress.


1. Membackup Database


Ada dua komponen penting yang harus sahabat backup, yaitu database dan file wp-content, pertama-tama saya akan menjelaskan cara membackup database wordpress terlebiih dahulu, kita dapat melakukan backup database melalui phpmyadmin atau menggunakan plugin wordpress seperti BackWPup.

Cara pertama Backup database menggunakan phpmyadmin

  • Login ke akun Cpanel sahabat
  • Kemudian pilih phpMyadmin pada menu Databases
  • Sahabat akan melihat tampilan pada menu phpmyadmin seperti terlihat pada layar monitor sahabat, pilih database (tempat websit sahaabat berada) yang ingin sahabat backup, lalu pilih tab Export 
  • Setelah itu klik tombol Go untuk mendownload file databasenya.
  • Tunttu sampai proses download selesai dan simpan di folder terserah sahabat cara pertam selsai.

Cara Kedua Menggunakan plugin BackWPup

  • Instal plugin backup favorit sahabat, dalam tutorial kali ini, saya menggunakan plugin Backwpup, sebenarnya masih ada banyak pilihan plugin yang sahabat bisa pilih sesuai dengan selera sahabat.
  • Setelah selesai menginstal plugin backupnya, masuk ke menu Dasboard dan cukup klik tombol Download database backup untuk mendownload database website sahabat.
  • Tunggu sampai proses download selesai dan simpan file yang di download tersebut ke dalam folder yang di inginkan oleh sahabat.


2. Cara membackup file WP-Content


Setelah selesai membackup database, langkah yang kedua adalah membackup file wp-contetn, saya biasanya membakcup file wp-content melalui cpanel dan untuk beberapa website saya yang menggunakan vps, saya cenderung lebih suka menggunakan software ftp seprti Filezilla, caranya adalah sebagai berikut baca dan bisa langsung untuk di praktekan sahabat.

  • Login ke akun Cpanel sahaabat.
  • Pilih file Manager pada menu Files.
  • Maka akan muncul tampilan seperti yang ada di monitor sahabat, silahkan pilih Go untuk melanjutkan.
  • Kemudian pilih wp-contetn sahabat tidak dapat mendownloadnya secara langsung, tetapi erlebih dahulu sahabat harus mengkompresnya, silahkan klik tombol compress yang terletak di samping kanan atas layar monitor sahabat.
  • Kemudian pilih tipe kompresi saran saya pilihlah Zip Archive lalu klik tombol compress file (s) yang terletak di kanan bawah layar monitor sahabat.
  • Tunggu beberpa detik, sahabat akan melihat tampilan seperti yang ada di monitor sahaabt intu menandakan proses compressing selesai, silakan klik tombol Close.
  • Cari file wp-content yang memiliki format  .zip (Letaknya biasanya di bawah kemudian klik tombol Download untuk mendownload file wp-contentnya.
  • Tunggulah sampai proses download selesai kemudian cari file yang telah di download di folder yang sahabat inginkan dan selesai.

Baiklah, dua file penting sudah sahabat backup misalkan website sahabat mengalami maslah yang tidak di inginkan, sahabat cukup merestore saja dua file tersebut, sebenarnya dengan plguin Backwpup sahabat juga dapat membackup wp-contetn, plugin ini memang super, karena sahabat dapat membackup file wp-contetn sahabat secara otomatis dan bisa di kirim langsung ke email atau akun dropbox sahabat keren kan? insya Allah saya akan membuatkan artikelnya jadi tunggu saja updat selanjutnya dari saya semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon