Apa Itu Youtube, Sejarah Youtube,Fitur-Fitur Youtube, Dan Cara Memanfaatkan Youtube

Apa Itu Youtube, Sejarah Youtube, Fitur-Fitur Youtube, Dan Cara Memanfaatkan Youtube Untuk Menghasilkan Uang



Youtube adalah sebuah situs web design video yang di buat oleh tiga mantan karyawan perusahaan Pay Pal pada Februarui 2005, situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video mereka sendiri. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi adobe Flash Video dan HTML 5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna Youtube, termasuk video filem, video televisi, dan video musik. Selain itu ada pulaa konten pemula seperti blog video, video orisinil pendek, dan video pendidikan.

Kebanyakan konten di Youtube di unggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS,BBC,HULU, VEVO, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program  kemitraan dari Youtube, pengguna tidak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna yang terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang di anggap berisi konten ofensif hanya bisa di tonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih, pada November 2006, Youtube, LLC di beli oeleh perusahaan Google dengan nilai us$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.


Sejarah Perusahaan Youtube


Youtube di dirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim yang sebelumnya merupakan karyawan pertama Pay Pal, Hurley belajar desain di indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan karim belajar ilmu komputer di Univesty of IIIinois at Urbana Champaign.

Menurut cerita berulang-ulang di terbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide Youtube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah menglaami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Franscisco. Karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementar Chen berkomentar bahwa ide Youtube tercetuskan setelah pesta makan "tampaknya di perkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada mencipatakan cerita yang mudah di cerna oleh konsumen", Yotube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang di danai oleh investasi senilai $11.5 juta dari Sequoia Capital antara bulan November 2005 dan April 2006. Kantor pertama Youtube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran jepanf di San Mateo, California.

Nama domain www.youtube.com aktif pada 14 februaru 2005 dan situs ini di kembangkan pada bulan-bulan berikutnya. Video pertama di Youtube berjudul Me at the zoo, video ini menampilkan pendiri pendamping jawed Karim di San Diego Zoo, video ini di unggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs Youtube.

Youtube menwarkan uji beta pada bulan Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada november 2005, pertumbuhan situs ini meroket dan pada bulan juli 2006, perusahaan ini mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video di unggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan videi setiap hari, menurut data yang di kumpulkan perusahaan riset pasaar comScore, Yooutube adalah penyedia video daring utama di di Amerika serikat dengan pangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video di tonton pada bulan Mei 2010. Youtube mengatakan bahwa sekitar video berduarasi 60 jam di unggah setiap menit dan tiga perempat materialnya berasal dari luar Amreika Serikat. Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulannya.

Di perkirakan bahwa pada tahun 2007 Youtube mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi internet tahun 2000, alexa menempatkan Youtube sebagai situs ketiga yang paling banyak di kunjungi di internet, setelah Google dan Facebook.Pemilihan nama www.Youtube.com Memunculkan masalah dengan situs bernama, www.utube.com pemilik situs tersebut adalah Universitas Tube & Rollform Equipment, mengajukan tuntutan hukum terhadap Youtube pada bulan november 2006 setalah situsnya di banjiri pengunjung yang ingin mencari Youtube, Universal Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonLine.com pada bulan Oktober 2006, Google Inc mengumunkan bahwa mereka telah membeli Youtube dengan ilai $1,65 miliar dalam bentuk saham. persetujuan  ini di rampungkan pada 13 november 2006 Google tidak memberikan informasi rinci mengenai biaya operasi Youtube dan pendapatan Youtube tahun 2007 di tulis "tidak material" dalam pengisisian formulir wajib bulan Juni 2008, sebuah artikel majalah forbes memperkirakan pendapatan Youtube tahun 2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan iklannya. 

Pengunjung Youtube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk menonton video di Youtube, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang di habiskan warga Amerika Serikat biasa untuk menonton televisi.


Fitur-Fitur Youtube


  • Playback
Menonton video-video youtube di komputer atau smartphone pribadi membutuhkan pugin Adobe Flash Player yang terpasang di penjelajah web, plug-in adobe Flash player adalah bagian perangkat lunak yang paling lazim terpasang di komputer pribadi dan mencakup 75% video di internet.

Pada bulan Januari 2010 Youtube meluncurkan versi uji coba yang memanfaatkan kemampuan multimedia tertanam di penjelahan web yang  mendukung standar HTML5, hal ini memungkinkan video di tonton tanpa Adobe Flash Player atau plug-in lain. Situs youtube memiliki halaman yang memungkinkan penjelejah web beralih ke uji coba HTML , hanya penjelajah yang mendukung video Html5 degnan format H.264 atau WebM yang dapat memutara video dan tidak semua video di Youtube dapat di putar.

  •  Platform
Beberapa telepon pintar atau Smartphone dapat mengakses video Youtube, tergantung penyedia dan data plan-nya. Youtube mobile di luncurkan pada bulan Juni 2007 dengan protokol RTSP tidak semua video Youtube tersedia di situs versi telepon genggam.

Sejak Juni 2017, video-video Youtube dapat di tonton di produk-produk Apple, konten Youtube harus di transkode ke standar video apple, H264, selama beberapa tahun video Youtube dapat di tonton di apple TV, iPod Touch dan iPhone pada Juli 2010, Youtube versi perangkat bergerak di luncurkan kembali dengan arsitektur HTML5, sehingga tidak perlu memakia adobe Flash plyaer dan dapat di jelajahi dengan kontrol layar sentuh. Versi perangkat bergerak ii juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk platform Android, pada bulan September 2012, Youtube meluncurkan aplikasi pertamanya di iPhone, setelah apple menghapus Youtube dari aplikasi bawaanya di iPhone 5 dan sistem iOS 6.

  • Pengunggahan
Semua pengguna Youtube dapat mengunggah video dengan batas durasi masing-masing 15 menit, pengguna yang memiliki jejak rekam baik dengan mematuhi panduan komunitas Youtube diizinkan menggunggah video berdurasi 12 jam, tetapi akunnya perlu di verifikasi (biasanya melalui telepon genggam), Saat Youtube di luncurkan di tahun 2005, pengguna bisa saja menggunggah video panjang, tetapi batas waktu 10 menit di berlakukan pada Maret 2006 setelah Youtube menemukan bahwa kebanykan video melebihi panjang durasi waktu tersebut berupasa acara televisi dan filem yang tidak di izinkan. Batas 10 menit tersebut di tambah menjadi 15 menit pada Bulan Juli 2010 ukuran berkas di batasi hingga 2 GB untuk unggahan dari situs web Youtube atau 20 GB jika pengguna memakai penjelajah versi terbaru.

Youtube menerima video yang di ungggah dengan sebagian besar format kontainer, termausk AVI, MKV, MOV, MP4,DivX, FLV, dan .ogg dan masih banyak fromat lainnya sehingga video bisa di unggah dari telepon genggam, video pindai progresif atau terikat bisa di unggah, tetapi untuk kualitas video terbaik, Youtube menyarankan agar video pindai terikat di deinteriace sebelum di unggah semua format video di Youtube memakai pemindain progresif.


Cara Memanfaatkan Youtube Sebagai Sumber Penghasilan




Mungkin yang kita tahu Youtube hanya di gunakan untuk unggah, menyimpan, maupun sstreaming video, padahal bagi orang tertentu Youtube di jaidkan sumber penghasilan yang sangat luar biasa bahkan hingga milyaran rupiah, salah satunya adalah RealAnnoyingOrange yang mampu menghasilkan banyak uang dan puluhan milyar hanya dengan mengunggah video di Youtube. Kita pun bisa mengikuti jejak orang-orang yang sukses dengan youtube sahabat cukup mempunyai komputer atau laptop bahkan Smartphone dan koneksi internet dan yang terpenting adalah mempunyai video yang akan di unggah ke Youtube, video bisa sahabat ambil dari hobi sahaabat atau yang lain sesuai yang kita inginkan dan bisa menarik youtubers unutk menonton video kita karena semakin banyak youtuber yang menonton video kita semakin profit tinggi. Berikut ini langkah-langkah cara mendaftarka dan memanfaatkan Youtube sebagai sumber penghasilan Pribadi.

1. Mendaftara Akun Youtube

Youtube merupakan salah satu produk unggulan dari Google dan juga di hubungkan menjadi satu dengan produk Google yang lain seperti Gmail, Blogger, Google adsense, Google plus, Google Drive dan lain sebagainya, hal ini tentu akan lebih memudahkan kita yang sudah memiliki akun Google, misalnya sahabat sudah mempunyai akun Gmail, sahabat bisa langsung login ke Youtube menggunakan email dan password akun Gmail sahabat, jika belum mempunyai alamat email Gmail silahkan ikuti langkah membuat email Gmail dalam #5 menit.

2. Membuat Video

Kita harus membuat video yang bisa menarik para youtubers, oleh karena itu kita harus tau video yang paling sering di cari atau di tonton oleh para pengguna youtube.

3. Mengunggah Video di Youtube

Mengupload video memang hal utama yang harus sahabat lakukan dari videolah kita bisa mendapatkan uang, sebelumnya sahabat sudah harus menyiapkan video yang akan di upload yaitu video yang telah di buat tadi, yang terpenting video tersebut original tidak mengandung hak cipta orang lain, misalnya sahabat mengunakan backsong lagu Brunomars atau One directon yang di lindungi hak cipta, karena akan mempersulit pendaftaran di Google adsense nantinya.

4. Daftar video ke Google Adsense

Penghasilan utama dari Youtubers adalah Google adsense, untuk itu setelah mengupload beberapa video buatan sahabat lalu yang harus sahabat laukan adalah mendaftarkan dan membuat akun Google Adsense, tapi kalau sahabat sudah memiliki akun adsense sahabat tinggal menghubungkan saja dengan Youtube dan siap untuk mencari uang dari video Youtube sahabat sendiri. Jika sahabat masih awal di Youtube dan Google adsense, silahkan mendaftar langsung melalui youtube, karena sekarang mendaftar Youtube lebih mudah di terima atau di approve.

5. Perbanyak pelanggan atau pemirsa Youtube

Setelah semua proses di atas di lakukan yang tidak kalah penting bagaimana kita bisa menarik penonton sebanyak-banyaknya karena dari situlah kita kana mendapat penghasilan, cara menarik minat penonto ada berbagai cara bisa dengan memmbuat channel kita sendiri atau promosi di jejaring sosial (facebook, twitter, Google + dan masih banyak lagi).




Demikianlah penjelasan saya tentang Ap itu Youtube, sejarah Youtube, fitur-fitur Youtube dan cara memanfaatkan Youtube untuk menjadi sumber penghasilan, sejarah youtube saya ambil dari sumber www.wikipedia.org jika ada yang ingin bertanya lebih lanjut atau ingin memeberikan komentar kritik dan saran silahkan sahabat juga bisa melakukanya melalui halaman komentar di bawah ini semoga bermanfaat bagi sahabat yang sedang membutuhkan referensi tentang Youtube saya ucapkan terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa.






1 comments:

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon