Cara Mengatasi Bug 2 Desember iOS



Peluncuran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus (Foto: REUTERS/Stephen Lam)

Sejumlah pengguna iPhone mengeluhkan perangkatnya mengalami restart terus menerus di hari Sabtu tanggal 2 Desember 2017. Entah itu pagi, siang, atau malam. Keluhan banyak dilontarkan di media sosial Twitter karena mereka bingung dengan layar iPhone yang tiba-tiba hitam dan muncul simbolloading.

Salah satu keluhan disampaikan oleh Sari Kusuma Dewi, salah seorang pengguna iPhone 5s di Jakarta, yang menceritakan pengalamannya kepada kumparan (kumparan.com). Dia bilang perangkatnya mengalami restart terus-menerus hingga membuat baterainya menjadi panas.
Sari mengaku sudah beberapa pekan lalu memperbarui iPhone 5s miliknya ke sistem operasi iOS 11.1.2. Nah, barulah pada Sabtu malam, dia mengalami masalah restart terus-menerus.

"Awalnya semua baik-baik saja. Kemarin malam (Sabtu), baru iPhone saya mengalami mati-nyala terus menerus. Dan ini bikin baterai jadi panas. Pas saya cek, benar itu iOS 11.1.2 yang bermasalah. Di Twitter ramai membicarakan itu. Banyak pengguna iPhone lain yang alami masalah seperti saya," ujar Sari.

Ditelusuri di Twitter, memang sejak Sabtu pagi banyak pengguna iPhone di Indonesia, baik seri iPhone 5, 5s, 6, 7, hingga X, mengalami keluhan yang sama.

Mereka mengeluhkan perangkat yang tidak normal seperti di bawah ini.
Jawaban pun akhirnya muncul ke permukaan. Sejumlah netizen memberikan informasi tentang penyebab iPhone selalu restart ketika dinyalakan.

Bug Notifikasi Lokal yang Pengaruhi Sistem Waktu/Tanggal

Salah satunya menginformasikan bahwa iOS 11.1.2 mengalami masalah "Local Notification" saat membaca tanggal 2 Desember 2017 yang menyebabkan aplikasi pihak ketiga gagal melakukan proses pada pembacaan tanggal.
Ternyata oh ternyata, ada celah yang membuat sistem penanggalan iOS menjadi kacau dan membuat iPhone menjadi restart terus-menerus. Masalah ini kemudian disebutdate bug.

Uniknya, masalah ini banyak dialami para pengguna di tanggal 2 Desember 2017. Dalam sebuah halaman pemberitahuan Apple Support, perusahaan ini memberi petunjuk teknis soal apa saja yang harus dilakukan "jika mengalami restart berulang kali pada saat atau sesudah 2 Desember."

Bug ini akan mempengaruhi kinerja iPhone atau iPad jika ada sebuah aplikasi yang mengirim notifikasi lokal harian atau berulang, yang kemudian itu mempengaruhi sistem tanggal dan waktu di iOS.



Solusi dari Apple

Apple bergerak cepat mengatasi masalah ini dengan merilis update iOS ke versi 11.2 untuk menambal bug yang terjadi pada versi sebelumnya.

Untuk membantu pengguna iPhone menyelesaikan masalah pada iOS 11.1.2, Apple juga memasang artikel dukungan yang menawarkan panduan kepada mereka yang terkena dampak bug. Dalam artikel itu dijelaskan untuk memperbaiki crash setelah update ke iOS 11.2, pengguna bisa melakukan ini:
Masuk ke Settings > Notifications > kemudian atur "Allow Notifications" ke posisi off untuk setiap aplikasi.

Setelah selesai, Apple menganjurkan pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch untuk memperbarui ke iOS 11.2.

Semoga saja masalah ini bisa cepat kamu selesaikan dan tidak mengganggu long weekend yang seharusnya berkesan.

Artikel Asli

1 comments:

avatar

buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
ayuk... daftar, main dan menangkan
PIN BB : 5EE80AFE :)

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon