cara berbagi data, file gambar, musik, video di windows 10

Cara berbagi data, file gambar, musik, video di windows 10


Kangkomar.net - Cara berbagi data file gambar, musik di windows 10 dengan mudah dan membutuhkan pengaturan yang tidak rumit dan tidak membutuhkan keahlian khusus untuk bisa berbagi file musik, gambar, dan lain sebagainya. Cukup dengan membaca artikel di dalam kangkomar.net sahabat dapat mengetahui cara dan trik melakukan sharing data file musik, gambar, video dan lain sebagainya dengan mudah.

Windows 10 hadir dengan tampilan yang sangat beda dengan versi sebelumnya, terdapat fitur-fitur yang memanjakan bagi pengguna windows sendiri mulai dari penyimpanan data awan, mengunduh game dengan mudah di market windows, mengunduh file musik dengan mudah dan menonton video menjadi lebih mengasikan dengan menggunakan sistem operasi windows 10.

Pada kesempatan kali ini kangkomar akan menjelaskan tentang cara, berbagi data file musik, gambar, video dan lain sebagainya di dalam windows 10, terkadang para pengguna baru yang baru saja hijrah dari sistem yang terdahulu akan sedikit kikuk dengan tampilan menu, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan navigasi di dalam windows 10 sendiri, jika sahabat berada di dalam suatu jaringan komputer yang berbasis LAN, maka sahabat akan lebih mudah berbagi data file musik, video dan lain sebagainya antar pengguna.

Persayaratan yang harus di penuhi adalah sahabat harus menggunakan sistem operasi windows 10, dan yang akan di bagi file dari sahabat bebas menggunakan sistem operasi berapapun asalkan dengan satu syarat yaitu terdapat di dalam satu jaringan internet, jika sahabat masih bingung kangkomar akan menggambarkan ilustrasinya agar mudah di pahami dan di cerna oleh sahabat.

Yang di maksud di dalam satu jaringan di sini adalah kita mengibaratkan berada di dalam suatu kompleks pasar jual beli yang ada di daerah-daerah atau kita berada di pusat berbelanjaan, para penjual di sini kangkomar akan menggambarkan sebagai komputer server atau yang membagikan file dan para pembeli adalah sebuah client yang dapat dengan mudah mengakses dan bertanya harga, dan saling tawar- menawar tanpa adaanya perantara dari pihak ke tiga.

Salah satu keunggulan dari windows sendiri adalah dapat membantu meringankan pekerjaan kita sehari-hari misalnya adalah dengan membagikan file atau folder antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, kemampuan ini memang telah lama dan biasa di gunakan pada windows generasi sebelumnya, tidak ada salahnya, melalui artikel ini kangkomar berbagi pengalaman tentang cara berbagi file musik, video dan lain sebagainya di sistem operasi windows 10, hal ini kangkomar harapakan dapat membantu sahabat yang berada di ruang satu kantor atau perusahaan di dalam jaringan yang sama dapat membagikan file secara langsung antar laptop ke laptop tanpa harus susah-susah mengirim via email.


Cara Berbagi file musik, video di windows 10

Cara berbagi file musik, video dan lain sebagianya di dalam windows 10 ini memang tidak ada bedanya dengan sharing data pada umunya, yang harus sahabat lakukan adalah mengatur komputer dalam hal ini (Komputer 1 dan Komputer 2) network dan conection sudah dalam keadaan tersambung ke jaringan baik melalui wifi atau kabel jaringan.

Caranya adalah arahkan kursor dan klik ikon windows yang ada di pojok kiri bawah => Setting => Network & Internet => Change advanced sharing options, dan partikan koneksinya Turn On dan Allow dari pilihan yang tersedia di halaman ini, kemudian lakukan pengaturan terhadapa komputer 1 dan komputer 2 seperti artikel yang akan kangkomar tulis berikut ini silahkan langsung di praktekan dan semoga berhasil.


Komputer 1 (Server)

  • Pertama, buka file explorer dengan cara klik kanan pada taksbar di atas folder, kemudian pilih folder, file, drive yang akan sahabat sharing.
  • Kedua, klik kanan => Share with => Advanced sharing => Klik tab sharing => Advanced sharing.
  • Ketiga, centang share this folder, sahabat bisa mengedit nama folder yang akan di bagikan dengan mengganti nama folder di bawah share name, sahabat juga bisa membatasi jumlah maksimum user atau client yang dapat mengakses folder atau file yang di bagikan dengan mengganti limit the number of simoultaneus user to, kemudian pilih Apply.
  • Keempat, Masih di dalam menu windows yang smaa, klik permission, di windows ini sahabat di arahkan untuk menentukan group atau user komputer yang bisa mengakses data yang kita bagikan, secara default yang muncul adalah everyone, jika ini yang sahabat pilih maka siapaun bisa mengakses data yang kita bagikan, hhal ini harus di perhatikan karena dengan hal ini jikalau komputer kita berada di jaringan publik akan sangat riskan terhadapa keamanan data yang sahabat bagikan. Untuk menghindari hal ini sahabat sebaiknya kangkomar rekomendasikan untuk membatasi hak akses terhadapa user atau pengguna yang dapat mengakses data yang sahbat bagikan, jika sahabat ingin membatasi pada pengguna tertentu saja, maka pilih Add => Advanced => Klik find now. Di sini akan muncul user komputer dengan kapasitasnya masing-masing, di siini karena kangkomar hanya menginginkan user tertenu saja yang dapat mengkases data yang kangkomar bagikan maka kangkomar  kangkomar memilih akun kangkomar selakuk pemilik dari komputer yang kangkomar akan bagikan, klik OK maka akan muncul user kita yang berhak mengakses folder dari komputer lain, klik OK maka nama user kita akan muncul di kotak permission, kemudian klik dan sahabat centang hak akses folder dan terakhir klik Apply dan OK.
  • Kelima,  di folder yang sahabat ingin bagikan, klik kanan pilih properties => Klik tab securty =>Pilih username kita ( jika tidak ada, lakukan cara yang smaa seperti langkah nomor 4) => Centang full control => OK.

Langkah demi langkah yang kangkomar berikan ini memang sudah selesai untuk emnguji hasil pengaturan yang sahabat lakukan, sahabat membutuhkan komputer lain dalam hal ini Komputer 2 (Client) yang terkoneksi di jaringan yang sama baik LAN maupun WLAN.



Pengaturan komputer 2 (Client)

  • Pertama, buka windows explorer.
  • Kedua, klik network, jika sahabat berhasil amak akan muncul nama komputer tempat folder atau file ata yang kita bagikan, klik pada nama komputer 1 (Server) maka akan langsung keluar secara otomatis windows securty, masukan username dan password akun yang kita pakai di komputer 1.
  • Ketiga, data yang kita bagikan di komputer 1 (server) berhasil kita akses di komputer 2 (Client).
  • Keempat, Finish.
Demikianlah artikel tentang cara berbagi file musik, video dan lainnya di windows 10 semoga artikel yang kangkomar bagikan ini dapat memberikan manfaat dan memberikan sumber inspirasi bagi sahabat yang sedang mencari dan melakukan pengaturan cara membagikan file data di dalam windows 10, jika ada kritik dan saran silahkan ketikan di kolom komentar yang ada di bawah ini kangkomar pamit dan sampai jumpa jangan lupa berbahagia.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon