Cara Mengganti Logo Blogger ( favicon)

Cara mudah mengganti Logo Blogger dan Cara menghilangkan Tulisan "Power by Blogger"


Kangkomar.net - Kali ini saya akan membahas tentang logo, seperti yang saya katakan sebelumnya, saat pertma kali membuat blog di blogger semua serba standar dan bawaan dari blogspot. Agar tampil beda dan menunjukan jati diri masing-masing alias loe ya jadi loe gue ya jadi gue bahasa kerennya, kita perlu melakukan beberapa perubahan. Salah satu yang mendasar adalah logo blogger yang selalu terlihat pada browser sahabat. Dalam bahasa blog, logo ini sendiri di namakan favicon.


Cara menggantinya cukup mudah, namun perlu di perhatikan terlebih dahulu adalah mendapatkan logo atau favicon yang sesuai dengan yang diinginkan, ada banyak cara bisa di lakukan, salah satunya dengan menggunakan fasilitas gratis pembuatan favicon dari freefavicon.com

Setelah gambar yang diinginkan telah ada, saatnya merubah masa depan blog sahabat. Langkah yang harus di lakukan cukup mudah sahabat bisa langsung mempraktekannya secara langsung agar nanti tidak ada dusta di antara kita langsung saja kita praktekan.
  • Pertama buka dulu Blogger.com dan login menggunakan akun Blogger sahabat.
  • Kedua pada dasbor blogger, pilihlah "Tata letak" pada menu sebelah kiri maka akan terlihat seperti gambar di bawah.
  • Ketiga klik edit
  • Keempat akan tampil jendela baru klik "Browse" dan pilihlah gambar atau logo dalam format .png dari komputer sahabat.
  • Kelima, klik simpan dan lihat hasilnya.
Perlu di ingat bahwa gambar yang di gunakan harus berformat .png karena kalau format jpeg atau yang lainnya tidak akan bisa karena ukuran pixelnya terlalu besar sahabat juga bisa membuat logo sahabat sendiri menggunakan aplikasi photoshop agar tidak ada yang menyamai logo dari blog sahabat. Sehingga terkesan mewah dan tidak murahan betul tidak sahabat selamat mencoba dan semoga berhasil.


Cara Menghilangkan Tulisan "Power by Blogger"

Kita telah panjang lebar membahas tentang header blogspot, mulai dari cara gampang merubah ukuran Header Blogspot sekarang waktunya kita melakukan modifikasi di bagian bawah blog.

Bagian paling bontot blog ini kadang kala luput dari perhatian kita karena terlalu sibuk mengurusi hal lain seperti SEO dan lain sebagainya atau karena alasan sibuk, padahal bagian ini juga takalah pentinggya dengan bagian header atau sidebar blog. Bagian ini sering di sebut footer atau atribusi. Jika ada yang belum mengerti bagian mana yang saya maksud itu berikut ini contohnya.

Footer atau atribusi memang sering kali sulit di modifikasi lantaran menu pilihannya yang sedikit di bagian dasboard blogspot. Oleh karena itu banyak blogger yang membiarkan saja bagian ini seperti sedia kala (bawaan blogger) tanpa mau mengambil resiko unutk merubahnya.

Ada juga yang beranggapan dengan banyak memodifikasi footer bisa melanggar TOS dari Google. Namun nampaknya hal ini tidaklah berpengaruh, karena di kebijakan blogger sendiri tidak mengatur secara pasti bagian footer ini, itu artinya ada keleluasaan melakukan modifikasi. Jika sahabat berniat melakukan modifikasi pada bagian ini, salah satu cara yang harus di lakukan adalah menghilangkannya terelbih daluhu.  Setelah di hilangkan, barulah kita membuat footer atau atribusi baru yang lebih sesuai dengan keinginan kita. Lalu bagaimanan cara menghilangkan tulisan 'power by blogger'? berikut ini penjelasannya:

  • Pertama-tama copy script di bawah ini.
#Attribution 1 {
height:0px;
visibility:hidden;
display:none
}
  • Kedua, login ke Dasboard blogspot sahabat dan pilih Template setelah itu klik sesuaikan
  •  Setelah di halaman sesuaikan, pilih tab paling bawah tindak lannjut lalu tambahkan CSS dan paste script di atas di dalam kotak isian yang telah di sediakan. Simpan dan lihat hasilnya, tulisan power by Blogger pasti saya jamin menghilang.
Catatan : Script diatas sebenarnya bisa juga sahabat sisipkan kedalam mode HTML. Namun karena banyak yang tidak begitu paham dengan model HTML, saya sarankan menggunakan mode sesuaikan seperti cara di atas. Selanjutnya setelah tulisan power by Blogger hilang, selanjutnya kita akan  membuat footer atau atribusi baru di dalam artikel berikutnya tunggu saja artikel berikutnya yang akan muncul dan tetap setia di kangkomar.net selamat beraktifitas dan salam semangat untuk blogger indonesia.

1 comments:

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon