Jaringan hub dan switch ini bedanya antara kedua perangkat ini

Jaringan Hub dan Switch ini Bedanya antara kedua perangkat Ini


Kangkomar.net - Jaringan hub dan switch ini bedanya antara kedua perangkat keras ini, jika kita mendengar kata hub dan switch pastilah kita langsung membayangkan sebuah perangkat keras yang sepintas sama dan tidak ada bedanya ini, memang sama-sama berfungsi sebagai jembatan antara jaringan dan komputer.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kangkomar akan menuliskan sebuah artikel tentang apa perbedaan jaringan hub dan switch yang memang di ciptakan oleh penemunya dengan fungsi yang mirip tapi sedikit berbeda, kenapa kangkomar berani mengambil kesimpulan seperti itu karena kangkomar pernah menggunakan kedua jenis perangkat keras ini, jadi kangkomar hafal betul perbedaan antara hub dan switch ini, jika sahabat kangkomar penasaran simak penjelasan berikut ini agar sahabat kangkomar tidak keliru menilai perangkat keras  yang satu ini.


Penemu dari hub sendiri adalah Hubert Schlafly, Hub sendiri berfungis untuk menyatukan sebuah kabel-kabel network atau jaringan dari setiap komputer worstation atau client, server dan perangkat lainnya, seperti kabel modem. Biasanya hub di gunakan untuk jenis jaringan yang memiliki topologi star.

Penemu dari Switch sendiri adalah Almon Brown Stroger, Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja di lapisan data-link, oleh sebab itu sering di sebut switch lapisan kedua (layer 2 switch), cara kerja switch sangat mirip dengan perangkat jaringan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen Lan ke dalam satu jaringan yang lebih besar, tetapi switch memiliki sejumlah port yang banyak sehingga sering di sebut multiport bridge, seperti brdige, switch bekerja atas dasar informasi nilai Mac Addres.

Jaringan hub dan switch ini bedanya adalah secara fisik, switch dan hub memang terlihat mirip, namun sebenarnya prisnsip kerjanya adalah berbeda, banyak sekali yang menyebutkan switch-hub yang seolah-olah nama tersebut menggambarkan satu perangkat yang sama, Hub adalah hub dan switch adalah switch menurut kangkomar keduanya merupakan sebuah perangkat jaringan yang tidak sama, berikut kangkomar tuliskan perbedaan antara hub dan switch sesuai dengan pengetahuan yang kangkomar ketahui.


  • Cara Kerja Lebih simpel Mana ?
Kerja sebuah hub hanya menerima dan mengirimkan sinyal-sinyal listrik melalui kabel yang tersambung, switch tidak hanya mengirim atau menerima sinyal kabel yang tersambung, switch tidak hanya mengirim atau menerima sinyal, tetapi juga memproses informasi pada layer data link, informasi yang di cek berupa mac address dari setiap komputer dan perangkat yang tersambung. Jadi menurut kangkomar yang bekerja lebih simpel adalah perangkat hub.

  • Tingkat kehandalan
Walaupun cara kerja dari hub sangat sederhana, namun kerja dari switch lebih bagus dari hub, mengapa demikian ? hal ini di karenakan switch menggunakan sebuah sistem seleksi terhadapa semua perangkat atau komputer yang terhubung dengan dirinya, yang di seleksi oleh sebuah switch berupa MAC address dari komputer atau perangkat jaringan yang terhubung.

Sedangkan hub tidak memiliki kemampuan tersebut, jadi setiap sinyal yang di terima hub melalui salah satu port yang di milikinya maka akan di kirim secra menyeluruh ke semua port yang ada, ini di karenakan hub tidak mempunyai kemampuan untuk memastikan kemana tujuan sinyal yang di terimanya tersebut, ingat hub hanya untuk menerima dan mengirim sebuah sinyal.

  • Bekerja pada Layer OSI yang berbeda
Hub bekerja pada layer OSI pertama, yaitu layer physical atau lapisan fisik tidak berbeda seperti kabel atau winyal wifi, hanya menyalurkan data saja, switch bekerja pda lapisan kedua pada OSI lyaer yaitu Data link.

  • Sistem keamanan jaringan
Ketika data yang di kirim oleh sebuah hub sampai pada tujuan, pasti data tersebut dalam keadaan utuh, namun tidak dengan switch, data yang terkirim tersebut belum tentu utuh, bukan karena switch tidak mampu mengirim secara utuh melainkan setiap paket data yang dikirim oleh switch pasti di periksa terlebih dahulu untuk memastikan setiap data yang terkirim bersifat aman, jadi untuk data yang di anggap mencurigakan tidak akan sampai pada komputer tujuan.

  • Harga
Telah kita ketahuai sendiri berbagai macam kelebihan dari switch, seperti yang sudah di jelaskan di atas, maka tidak heran harga switch bisa lebih mahal, di bandingkan dengan sebuah hub yang rata-rata harganya sangat terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.
  • Pengaturan atau manage
Hub sama sekali tidak bisa di atur atau di setting, sedangkan switch dengan label manageable bisa di atur untuk memblokir atau mengijinkan komputer mana saja yang boleh tersambung dengna dirinya, switch bisa membagi satu segment jaringan LAN menjadi dua atau lebih jaringan yang sama, hal ini di kenal dengan istilah Virtual LAN atau VLAN.


Demikian adalah penjelasan kangkomar mengenai perbedaan jaringan hub dan switch yang kangkomar ketahui semoga dapat bermanfaat bagi sahabat yang menginginkan informasi mengenai hub dan switch, jika ada kritik dan saran atau ingin menanyakan sesuatu di dalam blog kangkomar yang mengenai tentang artikel di atas silahkan sahabat menulis komentar sahabat di kolom komentar berikut ini, kangkomar pamit dan sampai jumpa.


 

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon