Cara mendapatkan keuntungan dari Blog

Cara mendapatkan keuntungan dari Blog


Kangkomar.net - Menghasilkan uang dari blog bukan cara cepat kaya, di dunia ini tidak ada yang instan, mie instan saja yang katanya instan tidak bisa langsung di makan dengan bungkusnya butuh proses yang harus di lalui secara bertahap, menghasilkan uang dari blog juga seperti itu, untuk menghasilkan uang dari blog tidak bisa hanya dengan waktu sejam dua jam sehari dua hari bisa bertahun-tahun dalam menghasilkan blog yang dapat menguntunkan untuk si pemilik blog, jadi jangan percaya kalau ada yang bilang sejam dapat uang ratusan juta uang dari mana coba sebanyak itu tanpa kerja keras.

Bloger-blogger sukses yang saya tahu juga kebanyakan sudah ngeblog selama bertahun-tahun sebelum akhirnya mereka bisa sukses menghasilkan banyak uang dari blognya. Di sisn saya hanya ingin menekankan bahwa menghasilkan uang dari blog memang bukan hal yagn mustahil, tapi sekali tidak segampang dan bukan sebuah cara untuk cepat kaya.




Blogging hanya untuk orang-orang yang memiliki kesabaran dan ketekunan unutk belajar secra terus menerus sampai bisa menjadikan blognya sebagai sumber penghasilan.

Mengenal dua tipe blogger

Sebelum saya lanjut lebih jauh lagi, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu di ketahui lebih dulu, di dunia ini ada dua tipe blogger, tipe  pertama dalah blogger yang ngeblog bukan karena uang, dan tipe kedua adalah blogger yang ngeblog karena uang.

Kedua tipe blogger tersebut sama-sama bisa menghasilkan uang dari blog, tapi khussu untuk blogger yang ngeblog karena uang biasanya proses untuk sampai bisa menghasilkan uang akan jauh lebih sulit. Alasanya karena banyak hal-hal baru yang harus di pelajari.

Blogger yang ngeblog bukan karena uang dari awal sudah memiliki kehlian menulis yang bagus, sedangkan tidak semua blogger yang ngeblog karena uang memiliki keahlian menulis. Saya pribadi adalah contoh blogger yang dari awal ngeblog tidak memiliki keahlian  menulis sama sekali bahkan tidak bisa menulis yang baik dan benar, butuh waktu yang cukup lama bagi saya sampai bisa menulis seperti sekarang ini. Itulah salah satu alasan kenapa selama ini ngeblog saya tidak banyak pengunjung.

Jika sahabat meras termasuk tipe blogger yang ngeblog karena semat-mata ingin menghasilkan uang, maka perlu di ketahui bahwa banyak hal-hal baru yagn perlu di pelajari. Nah bagi sahabat yang dari awal memang sudah hobi ngeblog, saya yakin menghasilkan uang dari blog bukanlah hal yang susah untuk di lakukan.

Langkah - langkah menghasilkan uang dari blog

Langkah-langkah untuk bisa menghasilkan uang dari blog sebenarnya sama sekali tidak ribet, hanya saja prosesnya membutuhkan kesabaan serta ketekunan tinggkat tinggi, setidaknya ada 5 langkah yang perlu sahabat lewati, langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

  • Menentukan topik dan target pembaca blog
Langkah pertama adalah menetukan topik dan juga target pembaca blog, sebelum sahabat membuat blog, sahabt harus sudah tahu topik apa yang akan di bahas di blog sahabat dan juga menentukan siapa target pengunjung blog sahabat.

  • Membuat sebuah blog
Setelah menemukan topik blog yang cocok, langkah berikutnya tentu saja muliai membaut sebuah blog, jika sahabat benar-benar masih baru belajar ngeblog, saya sarankan untuk membuat blog gratis di blogger.com karena fasilitas yang di tawarkan cukup lengkap dan caa penggunaaanya yang mudah banyak yang menggunakan blogger sebagai jalan utama yang memilih blogger.com untuk memulai sebuah blog.

  • Membuat konten berkualitas
Hanya memiliki blog saja belum cukup untuk bisa menghasilkan uang, berikutnya shabat perlu mengisi blog sahabat dengan konten-konten yang berkualitas, tanpa konten yang berkualitas blog sahabat tidak akan ada pengunjungya, memiliki pengunjung blog yang banyak adlaah salah satu kunci kesuksesan sebuah blog.


  •  Mempromosikan blog
saat ini jumlah blogger di Indonesia sudah semakin banyak yang artinya  persaingan akan semakin ketat juga, hanya bermodalkan konten berkualitas saja belum cukup untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung, sahabat juga perlu mempromosikan blog sahabat melalui media sosial agar semua orang tahu bahwa saahabat memiliki sebuah web atau situs blog.

  • Menentukan metode monetasi yang tepat
Nah yang terakhir adalah proses memanfaatkan blog yang sudah di bangun dengan susah payah supaya bisa menghasilkan uang, proses ini disebut "monetisasi blog", atau bahsa Indonesianya "menguankan blog". Ada banyak sekali metode monetisasi yang bisa di lakukan, sahabat harus bisa menemukan metode yang tepat untuk blog sahabat karena tidak semua blog cocok untuk di monetisasi dengan cara yang sama 

Cara menghasilkan uang dari blog paling populer

  • Pasang iklan
Yang pertama adalah yang paling populer di antara yang paling populer, yaitu dengan  memasng iklan di blog, untuk memonetisasi blog dengan iklan ada dua jalan yang bisa sahabat pilih, pertama adalah dengan mendaftar ke program Advertising Networks atau jaringan periklanan, Kedua adalah dengan menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklann di blog sahabat atau biasa di sebut sebagai Direct Advertising.

Advertising Networks atau jaringan periklanan adalah sebuah program layanan yang meghubungkan antara pemasang iklan dengan para pemilik website atau blog, nah jika menghasilkan uang dari program ini, sahabat hanya perlu mendaftar ke program  jaringan periklanan tersebut, setelah itu nanti sahabat akan di berikan sebuah kode iklan yang perlu di pasang di blog sahabat. Penghasilan yang di dapatkan biasanya di hitung setiap kali ada oarang yang ngeklik iklan di blog sahabat atau biasa di sebut PPC (pay per click).

Salah satu program advertising networks yang paling populer di Indonesia adalah Google adsense.

  • Paid Review
Paid review atau paid posts adalah metode monetisasi di mana kita mendapatkan penghasilan dengan mereview produk atau jasa milik orang melalui postingan di blog ktia. Pada dasarnya tidak ada bedanya dengan Direct advertising, hanya bedanya jika Direct Advertising iklannya berupa sebuah banner iklan, sedangkan paid review iklannya dlam bentuk postingan review.

Salah satu blogger Indonesia yang cukup sukses menerpakan metode monetisasi ini adalah priangga pemilik dari blog www.priangga.web.id

Ada banyak sekali cara yang bisa di lakukan untuk menghasilkan uang dari blog, semua metode-metode yang sudah saya tulis di atas adalah metode yang sudah terbukti, dan percaya atau tidak, selain yang sudah saya tulis di atas, masih banyak cara - cara lain yang bisa di lakukan, dari cara yang bener sampai cara yang tidak bener. 

Saran saya, jika memang sahabat baru belajar ngeblog, maka jangan jadikan uang sebagi fokus utama, soalnya saya yakin tidak butuh waktu lama sahabat bakaaln memutuskan untuk berhenti ngeblog.


Untuk di awal-awal lebih baik fokus belajar ngeblog dahulu, meskipun tidak menghasilkan apa-apa, ngeblog masih memiliki banyak manfaat yang jauh lebih dari uang, dari mengingkat kemampuan menulis, jadi lebih melek teknologi, dan yang paling penting bisa membantu orang lain melalui tulisan yang kita buat itu sudah menjadi suatu kepuasan tersendiri bagi saya kangkomar pamit sampai jumpa di lain kesempatan sampa juma.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon