Cara memasang komentar Disqus di Wordpress

Cara terbaru memang Disqus Comments di Wordpress


Kangkomar.net - kolom komentar baegitu penting bagi blog, karena dengan adanya kolom komentar pengunjung bisa meninggalkan sebuah komentar tentanf artikel yang kita buat atau juga bisa di gunakan sebagai tempat bertanya, berdiskusi dan sebagian besar blogger dan juga menggunakan kolom komentar untuk menambah teman sesama blogger dan juga untuk meningkat return visitor.

Wordpress hadir dengan kolom komentar yang sederhana dan mudah untuk di gunakan, ketika sahabat menginstal wordpress pertama kali maka sahabat akan bisa langsung memanfatkan komentarr yang sudah ada bawaan default dari wordpres itu sendiri.

 Berhubungan dengan kolom komentar di website atau blog, sahabat pastinya sering melihat blog yang menggunakan kolom komentar dengan nama disqus, nah artikel kangkomar.net kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana memangs disqus coments di blog wordpress anda sebenarnya, secara default wordpress sudah menyertakan kolom komentar, tapi jika sahabat tidak ingin menggunakan kolom komentar default tersebut. Dan ingin mengganti dengan yang lebih menraik dengan disqus comments, sahabat bisa mengikuti langkah tutorial lengkapanya di sini, namun sebelumnya sahabat baca tentang apa itu disqus.




Apa itu Disqus


Disqus adalah platform jaringan komunitas yang di gunakan oleh ratusan ribu situs di seluruh dunia. Dengan menggunakan disqus sahabat mempunyai banyak keuntungan seperti sistem yang lengkap, dan yang terintegrasi dengan sosial media, administrasi yang canggih, moderasi yang mudah dan masih banyak keunggulan lainnya.

Disqus dapat bekerja pada hampir semua jenis website atau blog, dan dapat di instal dengan baik menggunakan potongan kode drop in. Saahabat juga dapat menyesuaikan disqus dengan situs sahbat menggunakan bantuan API yang luas dan java scrpit hook yang mereka sediakan. Dengan disqyus juga memiliki keuntungan mempunyai sistem komentar yang lebih cepat karena tidak menyatu dengan server hosting dari situs yang menggunakan disqus, begitu juga dengan sahabat pengguna Wordpress dapat memanfaatkan disqus coment unutk mengganti sistem komentar default. Ini akan membuat blog atau website blog memuat komentar lebih cepat karena mengambil dari server disqus dan bukan memuat dari database situs sahabat.


Cara daftar Disqus Untuk Wordpress

Untuk melakukan pendaftaran dan memiliki akun disqus, pertama kali silahkan kunjungi website Diqus.com dan klik tombol "Get started" yang ada di halaman depan disqus.

sahabat akan di ahadapakan dengan dua pilihan untuk daftar sign up dan jika sudah melakukan pendaftaran sahabat pilih login. Silahkan pilih sign up dan sahabat bisa menggunakan akun media sosial seperti Facebook, Twitter dan Google +, atau mendaftar untuk account baru dengan mengisi form dengan memasukan "Name", "Email", dan "Paswword".

Selanjutnya klik tombol Sign up dan sahabat akan melihat dua pilihan " I want to comement on site" dan "I want to instal disqus on my site", pilihan pertama adalah untuk pembuatan akun yang hanya sahabat gunakan untuk login dan melakukan komentar di blog-blog yang menggunakan koementar milik disqus. Sedangkan untuk memasang disqus comment di WOrdpress silahkan pilih opsi yang kedua yaitu "i want ti instal disqus on my site".

Setelah langkah di atas sahabat di haruskan unutk memasukan nama situs sahabat, shortname dan categori dan klik "Create site" dan pilih silahkan sesuai platform yang sahabat gunakanyang ingin di pasang disqus, karena tutorila ini unutk Wordpress maka saya memilih WOrdpress dengan klik icon "Wordpress".

Pada langkah berikutnya sahabat akan melihat instruksi cara menginstal plugin Disqus dan menghubuungkan plugin dengan akun Disqus yang sudah sahabat buat, danklik tombol "Configure".

Pada bagian ini sahabat bisa memilih beberapa tampilan pada Apperance scheme, dan mengiis nama website sahabat, URL website, category, description dan languagge. Jika semua sudah sahabat isi sesuai dengan informasi website atau blog sahabat, silahkan klik complete setup dan selamat sekarang sekarang sahabat sudah mempunyai akun Disqus untuk website wordpress.

Setelah selesai langkah-langkah di atas, jangna lupa untuk  membuka email yang sahabat gunakan untuk mendaftar dan lihat pesan baru dari disqus, pesan tersebtu beisi informais dan tombol konfirmasi akun. Klik tombol tersebut agar akun disqus sahabat bisa di gunakan secara penuh.

Cara Memasang Komentar Disqus di Wordpress


Setelah sahabat selesai membuat akun disqus, sekarang saatnya sahabat untuk menginstal plugin disuqus seperti pada instruksi yang sudah di jelaskan pada saat pembuatan akun wordpress sahabat.

Setelah sahabat mengaktifkan plugin disqus, mak akan terdapat menu baru bernama "Disqus" pada menu comment => Disqus, klik menu tersebut untuk melakukan konfigurasi silahkan masukan username atau email yang sahabat gunakan untuk membuat akun dan masukan juga password yang sahabat isi saat pendaftaran disqus, dan dklik Next.

Pada bagian ini akan  muncul nama website sahabat dengan shortname yang sudah sahabat buat tadi, klik pilihan "Select a website" tersebut dan klik tombol "Next", dan selmat sekarang situs wordpress sudah terpasang komentar disqus, sekarang lihat situs web sahabat dengan cara membuka artikel dan sekarang disqus sudah menggantikan kolom komentar default milik Wordpress.



untuk memoderasi komentar (Approve, edit dan delete), sahabat bisa login langsung ke situs disqus atau melalui link moderate di bagian admin wordpress sahabat yang akan di hubungkan ke bagian moderator komentar, atau sahabat bisa langsung mengakses situs disqus dan login, setelah login sahabat klik menu setting dengan icon "gear" dan klik menu "admin" seperti gambar di atas selamat mencoba dan salam sukses untuk kita semua.

Di atas adalah cara paling lengkap untuk cara memasang disqus di qordpress, ikuti tutorila di atas jik shaabat ingin mengganti sistem komentar default miliki Wordpress dengan disqus, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

3 comments

avatar
Anonymous 1:03 PM

masih kurang screenshot gambarnya kk. mungkin d perjelas lagi setiap langkah2nya dengan gambar, tapi keseluruhan sudah bagus.,
kunjungi juga ya transparan.org

avatar

maaf blum bisa menggunakan banyak ss di blog ini karena sedang dalam masa review tahu sendiri ente kalau masang gambar terlalu banyak takut di tolak google adsense mba bro,

avatar

cara buat nya kek mana ya gan
minta saran nya dong
togel singapura

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon