Rahasia Baterai Laptop Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Halo sahabat selmat sore dan selamat berjumpa kembali bersam saya sahabat kali ini saya akan membagikan tips Cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama yang sudah saya coba terlebih dahulu sebelumnya, sebelum menulis artikel ini saya telah mencoba berbagai cara untuk menghemat baterai yang ada pada laptop saya, dan saya merangkumnya ke dalam sebuah artikel yang semoga saja bermanfaat bagi sahabat semua yang sedang mencari informasi tentang, Bagaimana cara merawaat baterai laptop kita agar tetap awet dan tahan lama.


Pengertian Daya




Daya merupakan bagian terpenting yang harus di jaga dengan baik supaya tetap awet dan tahan lama. Semua perangkat teknologi membutuhkan daya untuk bisa hidup dan digunakan dalam aktifitas sehari- hari, terutama laptop dan smartphone. Di era digital sekarang ini, laptop memiliki peranan penting dalam segala kondisi, baik dalam pekerjaan, tugas kuliah, kebutuhan rumah tangga, dan lainnya.

Baterai pada laptop memiliki peranan yang sangat penting, disisi lain baterai laptop terbilang sangat boros karena harus menyalurkan semua daya pada semua hardware laptop. Berbeda dengan smartphone mungkin terbilang lebih irit dan bisa bertahan hingga satu hari penuh, sedangkan laptop tidak mungkin bisa bertahan satu hari penuh. Dalaam sehari saja, jika di gunakan secara full time maka pengguna pasti akan mengisi daya selama dua kali.


Cara Merawat Baterai Laptop Agar Dapat Bertahan Lebih Lama


setiap baterai tentunya memiliki kapasitas yang berbeda - beda, tergantung dari vendor laptop itu sendiri. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips ke sahabat mengenai cara merawat dan menghemat baterai laptop agar dapat bertahan lebih lama. Ada beberapa tips dan trik ampuh dan jitu untuk menghemat daya, salah satunya adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan pada laptop. Untuk lebih jelasnya, langsung saja sahabat simak metode meng hemat dan merawat baterai laptop berikut ini.




1. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar Laptop



Tingkat kecerahan layar yang tinggi membuat baterai laptop cepat habis, hal ini terjadi karena LED pada layar memang membutuhkan konsumsi daya yang tinggi ketimbang hardware lain. Jika misalnya laptop sahabat terlalu cerah, maka sahabat bisa kurangi Brightnes tersebut supaya lebih redup dan baterai juga serasa lebih hemat. Hal ini sudah sangat umum dan banyak di lakukan oleh para pengguna lapptop, terutama pada laptop yang bersistem operasi windows. Nah, untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah - langkahnya di bawah ini.

=> Klik start => Control panel => Display=> Adjust Brightness. Selanjutnya pada bagian bawah, sahabat bisa setting tingkat kecerahan layar dengan mudah dan  cepat. Cara yang saya berikan ini khusus untuk pengguna sistem operasi windows 7. Dan untuk yang menggunakan sistem operasi seperti windows 8 atau windows 10 kemungkinan caranya sedikit sama tidak terlalu jauh berbeda.



2. Tutup atau Hapus Aplikasi Yang Tidak Pernah Digunakan



Secara tidak sadar, sebenarnya ada banyak aplikasi berjalan walaupun kita tidak pernah menjalkannya. Sahabat bisa melihat hal tersebut, sahabat bisa cek melalui windows task manager. Pada bagian tersebut sahabat bisa tengok aplikasi apa saja yang terus berjalan. Agar baterai lebih awet dan kinerja CPU tidak terlalu berat maka alangkah baiknya sahabat matikan beberapa aplikasi atau hapus aplikasi yang memang tidak pernah di gunakan. Cara tersebut selain menghemat baterai juga dapat meningkatkan kinerja laptop sahabat.



3. Matikan Wifi Jika Tidak Sahabat Gunakan



Untuk menghemat baterai laptop, sahabat bisa coba untuk mematikan beberapa fitur penting yang tidak sedang sahabat gunakan, salah satunya adlah wifi. Wifi memang sangat penting, namun jika sahabat tidak sedang berada pada area wifi maka matikan saja fitur wifi tersebut. Fitur wifi banyak menguras daya karena terlalu sering mencari signal yang ada di sekitara area tersebut.


Sebaiknya sahabat menggunakan aplikasi AVG tuneup untuk mematikan atau mengaktifkan fitur wifi pada laptop sahabat. Gunakan mode airplane pada aplikasi tersebut untuk mematikan wifi laptop. Dan sebaliknya, jika sahabat ingin mengaktifkannya kembali maka matikan mode airplane tersebut.



4. Hindari Penggunaan Laptop Saat Pengisian Baterai



Dari segi perawatan tanpa software, di harapkan untuk menghindari  penggunaan laptop sat pengisisan daya berlangsung. Alangkah baiknya sahabat menggunakan laptop saat baterai sudah penuh dan charger telah sahabat cabut. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan baterai karena terlalu lama di charger. Di sisi lain jika sahabat mematikan laptop dan men-chargernya maka baterai akan lebih cepat penuh ketimbang sahabat gunakan secara bersamaan. 

Kasus mengenai baterai laptop yang sering rusak biasanya sering menggunakan laptop bersamaan dengan mengisi daya baterai.



5. Charging Baterai ! Jangan Menunggu Sampai 0%



Saat sahabat berniat mengisi daya, jangan menungggu saat daya baterai benar-benaar habis atau 0% dan laptop sudah mati. Hal tersebut bukanlah cara terbaik, alangkah baiknya sahabat mulai untuk men-charger laptop saat daya sudah di bawah 20%. Hal ini di lakukan agar baterai lebih awet dan tidak mudah terjadi kerusakan di kemudian hari. Dan pastikan sahabat juga menerapkan tips yang ketiga yakni jangan menggunakan laptop sambil mengisi daya baterai.



6. Charging Laptop Dalam Keadaan Mati


Untuk mengisi daya pada laptop pastinya laptop keadaan mati. Hal ini bertujuan supaya daya baterai lebih cepat penuh, berbeda jika mengisi daya baterai dengan  keadaan laptop yang masih menyala maka pengisian baterai akan memakan waktu lebih lama. Buruknya lagi, jika keadaan lapptop menyala maka baterai akan lebih cepat panas.



7. Gunakan Charging Original



Pastikan baterai yang sahabat gunakan original atau masih bawaan pabrikan laptop itu sendiri. Jangan coba-coba untuk menggunakan charger teman walaupun portnya sama. Bisa jadi menggunakan charger milik orang lain membuat arus listrik tidak stabil dan membuat baterai cepat rusak karena lonjakan arus yang terlalu tinggi. Sahabat bisa lihat pada setiapcharger memiliki standar yang berbeda- beda. Maka dari itu, untuk menghindari hal - hal buruk lainnya, alangkah baiknya menggunakan charger milik sendiri.



8. Cabut Charger Ketika Daya Sudah Berisi 100%



Jika daya baterai sahabat sudah 100% maka langsung saja mencabut charger tersebut. Jika tidak segera sahabat cabut maka akan memperpendek usia batereai itu sendiri. Membuat arus listrik terus mengalir, sedangkan baterai telah teriisi penuh.

Demikian artikel singkat saya mengenai cara menghemat dan merawat baterai laptop dan notebook windows, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin sahabat tanyakan atau sampaikan perihal artikel di atas, silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah ini, terima kasih dan selamat mencoba sahabat, sampai bertemu di lain kesempatan.

1 comments:

avatar

tingkat kecerahan laptop memang berpengaruh, thank min tips merawat laptopnya ini..
alat service laptop

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon