Perangkat Keras Komputer dan Pengertiannya

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer Dan pengertiannya 

Halo sahabat selamat malam apa kabar sahabat di malam hari ini semoga sahabat selalu dalam keadaan yang sehat, kali ini saya membahas tentang komputer setelah sebelumnya saya membahas tentang aplikasi android dan tips trik game sekarang saya akan menjelaskan tentang macam-macam perangkat keras komputer dan pengertiannya. Jika sahabat seorang pelajar yang di suruh oleh guru kalian untuk mencari macam-macam perangkat keras di sini tempatnya selamat membaca dan semoga tugas yang di berikan oleh guru kalian untuk mencari apa itu macam-macam perangkat keras dan pengertiannya mendapat nilai yang baik dari guru kalian selamat membaca dan terima kasih telah berkunjung ke dalam blog saya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas mengenai pengertian dan macam0macam perangkat keras komputer atau yang sering di kenal dengan Hardware.

Komputer sendiri telah banyak di manfaatkan oleh banyak orang, secara fisik komputer juga mempunyai komponen-komponen yang di sebut Hardware (perangkat keras).

Dalam dunia komputer, pengertian dari perangkat keras atau hardware adalah komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer.

Hardware sendiri mempunyai sifat yang berbeda dengna software yaitu dapat di lihat, di raca dan berbentuk nyata. Jenis-jenis hardware pada komputer tidak hanya tertuju pada bagian dalam komputer saja, melainkan semua perangkat yang mendukug kinerja komputer itu sendiri.


Berikut ini adalah Macam-macam perangkat keras Komputer



1. Motherboard



Motherboar adalah papan sirkuit yang erfungsi sebagai tempat komponen-komponen kkomputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain-lain. Motherboard senidir berupa papan utama berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berfungsi menghubungkan masing-masing perangkat.


2.Processor


Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (central prosesing unit) bisa di bilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan di jalankan oleh komputer.


3.Harddisk


Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi memperbesar kapasitas data yang di tampung oleh hard disk tersebut.


4. PC Cooler atau Heatsink




PC cooler atau heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang di hasilkan oleh komputer. Mengingat panas pada komputer dapat merusak perangkat hardware lain di dalamnya, maka peranan PC cooler atau heatsink sangatlah penting.


5. Monitor


Monitor merupakan salaj satu peangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang [a;ing umum saat ini adalah monitor CRT (cathode ray tube) dan montior LCD (liquid crystal display).


6. SSD


SSD atau Solid state drive merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu hard disk. SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD juga memiliki fungsi yang sama seperti hard disk, namun sedikit berbeda denan hard disk. Data pada SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang saling terhubung . Chip-chip tersebut memiliki kecepatan dan realibilitas yang lebih tinggi dari USB thumb drive (UFD). Dalam segi harga, SSD lebih mahal daripada HDD meskipun dengan kapasitaas yang sama.

7. VGA Card



VGA atau video Graphic adapter adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi mengelola data grafik yang akan di tampilkan oleh monitor. VGA juga memiliki processor yang biasa di sebut GPU (Graphic processing unit). Biasanya perangkat keras yang satu ini sangat di butuhkan, khususnya bagi para gamer maupun designer.


8. Optical Drive



Optical drive merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data daru kepingan CD atau DVD. Terdapat beberapa jenis optical drive yang harus sahabat ketahui, seperti CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.


9. Power suply






Power supply merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen yang lain seperti motherboard, processor VGA, dan lain-lain. Power supply bisa di bilang jantung komputer, jadi mustahil komputer bisa hidup tanpa perangkat keras yang satu ini.


10. RAM



RAM atau Random acces memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun instruksi yang di lakukan oleh processor. Berbeda dengan hard dik, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika komputer di matikan, data maupun instruksi yang di simpan oleh RAM akan hilang atau di kosongkan kecuali komputer tersebut dalam keadaan mode hibernate atau sleep.


11. Keyboard



Keyboard merupakan papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri terdiri dari deretan huruf dan angka, terdapat berbagai jenis keyboard, antara lain keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabhetik, dan keyboard Numeric.


12. Mouse



Seperti halnya keyboard, mouse juga tergolong sebagai alat input. Mouse berfungsi menggerkana kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin di jalankan perangkat ini di namakan mouse, karena bentuknya yang menyerupai seekor tikus. Terdapat banyak jenis-jenis mouse, antara lain, mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireles.



13. Printer



Sama halnya dengan monitor, printer merupakan perangkat keras yang tergolong sebagai alat output. Printer berfungsi mencetak hasil pengolahan data berupa teks atau gambar di atas kertas (hard copy). Berdasarkan teknologi yang di gunakan saat ini, jenis-jenis printer yang banyak di temui adalah printer Dotmatrix, printer Inkjet dan printer Laserjet.


14 Sound card



Sound card merupakan perangkat keras yang berfungsi mengolah data berupa audio ataupun suara. Pada awalnya, sound card hanyalah pelengkap komputer namun saat ini sound card merupakan perangkat yang harus di miliki oleh pengguna komputer.



15. Scaner


Scaner merupakan perangkat keras yang mempunyai cara kerja yang hampir sama seperti fotokopi. Berbeda dengan cara kerja fotokopi, scanner berfungsi merubah hard file menjadi digital file yang dapat diolah di komputer.

16. Proyektor LCD


Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang biasnya di gunakan untuk menampilkan video maupun gambar dari komputer pada sebuah layar maupun pada bidang yang memiliki permukaan datar. Untuk menampilkan halide logam lalu di teruskan ke dalam prima di mana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau, dan biru pada sinyal video.

17. Modem


Modem mempunyai kepanjangan modulator demodulator, modem sendiri berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital di konversi oleh modem menjadi data yang berbentuk sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar yang berbentuk sinyal analaog, modem akan mengubahnya kembali menjadi data yang berbentuk digital agar dapat diolah oleh komputer.



18. NIC atau LAN CARD



NIC atau Network interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan internet. Saat ini terdapat dua jenis NIC yang di ketahui, antaranya NIC bersifat fisik (contoh NIC Ethernet, Token Ring dan lain-lain) dan NIC bersifat logis (contoh Loopback adapter dan dial-up adapter)



19. Speaker




Speaker merupakan perangkat yang terbuat dari logam, membran, kumparan serta magnet. Speaker mempunyai peranan penting dalam mengeluarkan hasil pemoresesan berupa suara. Speaker dapat berfungsi sebagaimana mestinya jika di dukung oleh perangkat yang bernama sound card.



20. Webcam



Webcam merupakan kamera digital yang di hubungkan ke komputer, kebanyakan webcam saat ini menyatu dengan layar laptop. Webcam juga biasanya di gunakan untuk mengambil gambar maupun video melalui jaringan internet.



Demikian lah pengertian perangkat keras yang dapat saya bagikan kepada sahabat setia indo blog semoga dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke dalam blog saya, jika sahabat mempunyai pertanyaan seputar komputer silahkan sahabt ketikan pertanyaan sahabat melalui kolom komentar di bawah ini selamat malam dan selamat beristrihata sahabat sampai bertemu di lain kesempatan sekian dan terima kasih.


Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon