Menggali Lubang Rezeki dari NgeBlog

Kangkomar.net - Saya percaya bahwa hidup, mati, jodoh, dan rezeki sudah di tentukan, ini memang rahasia tuhan, tidak ada satupun manusia mengetahui apa yang sudah di tulis, tetapi karena manusia tidak mengetahui apa yang telah tertulis maka wajib baginya untuk berusaha agar hidupnya bahagia di dunia dan di akhirat nanti, meskipun ajal sudah di tentukan waktunya manusia tetap wajib menjaga kesehatan dan kebugarannya, demikian pula tentang rezeki tak elok rasanya jika manusia hanya duduk santai di rumah  sambil menunggu datangnya rezeki, kita mesti harus kerja keras di sertai doa yang tidak putus agar mendapatkan rezeki halal dan barokah.

Perkembangan teknologi yang cukup cepat memungkinkan manusia menjemput rezeki dengna meamnfaatkan internet, jalan dan cara mendapatkan uang dan barang menjadi semakin beraneka ragam salah satunya adalah dengan ngeblog, yaitu menulis artikel yang menarik dan bermanfaat di blog kita sendiri sahabat.

"Ngeblog memang tidak seberat mengayuh becak, memecah batu, atau mengayuh perahu. Ngeblog tidak mengharuskan pelakunya berpanas-panasan dan berdesak-desakan serta memerlukan gelar berderet-deret, namun demikian jangna under estimate terhadapa hasil yang di perolehnya, pekerja kantoran atau lapangan bisa ternganga, tidak percaya tapi nyata terhadap penghasilan seorang blogger yang sudah sukses. "Orang hanya diam di rumah, pakai sarung, dan sehari-hari hanya menghadap komputere saja bisa menafkahi keluarga?" begitu barangkali yang ada dalam pikiran saya.



Seorang sahabat saya rela dan berani mengundurkan diri dari sebuah perusahan tempat dia bekerja, padahal gajinya lumayan besar dia membulatkan tekad untuk menjemput rezeki dari ngeblog, kebetulan tekadnya itu di dukung kerja keras dengan membuat 100 blog, bukan main saya sendiri belum mengetahui blognya saya meyakini bahwa sahabat tadi tidak berniat mencari uang  dengan cara membabi-buta, artikel yang di terbitkan di blognya tidak asala jadi tetapi memberikan manfaat bagi orang lain.



Dengan artikel ini saya tidak menganjurkan sahabat mengikuti langkah sahabat saya dan mengajukan pensiun dini dari kantor atau tempat sahabat bekerja. Saya hanya ingin sahabat bisa memanfaatkan blog untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa kehilangna idealisme . Tetaplah menulis artikel untuk konsumsi manusia, bukan hanya semata-mata untuk memuaskan mesin pencari. Sahabat dapat memanfaatkan blog untuk menjemput rezeki dengna baik dan benar berikut beberapa cara di anataranya cara menggali Lubang rezeki dari Ngeblog.


1. Mengikuti lomba Blog


Mengikuti giveaway, lomba blog, blog competition atau apapun istilahnya sangat bermanfaat, selain berguna untuk mengupdate blog juga untuk mendapatkan trafik, membuat blog dan pemiliknya semakin serta mendapatkan hadiah baik uang maupun barang . Untuk mendapatkan keuntungan tersebut memang tidak mudah, setiap pesrta berusaha sekuat tenaga agar artikelnya menarik dan medapat penilain yang baik dari juri atau penyelenggara blog. Kini lomba blog semakin banyak dengan hadiah uang atau barang  yang bagus-bagus, penyelenggaranya bukan hanya blogger tetapi juga perusahaan dan instansi. Karena sainganya banyak maka dalam mengikuti lomba blog tidak boleh terjun bebas dengan menulis artikel ala kadarnya. Setiap mengikuti lomba blog saya selalu menganggapnya sebagai operasi baru. Dengan prinsip itu saya selalu berusaha untuk menampilkan artikel yang baik. Soal kalah atau menang, itu adalah urusan juri yang menilai alhamdulilah saya juga sering mendapatkan hadiah uang atau barang karena memnangkan, lomba blog atau giveaway.



2. Menjadi publisher / penayang iklan


Salah satu situs yang memberi kesempatan kepada blogger untuk menayangkan iklan adalah Google Adsense, Blogger akan mendapatkan sejumlah fee jika iklan yang di pasang di blognya di klik oleh pengunjung. Cara ini kelihatannya sangat mudah, Blogger cukup memasagn kode iklan di sidebar, header, atau di body artikel. Namun sesungguhnya memerlukan tehnik tertentu agar iklan tersebut menarik perhatian pengunjung dan mereka mau klik iklan tersebut. Peningkatan trafik blog perlu di upayakan agaar semakin banyak kemungkinan pengunjung yang klik banner iklan penerbitan artikel yang meraik agaar kedudukan di SERP bagus, kesabaran, an ketekunan sangat di perlukan. Usahakan agar iklan yang di tayangkan di blog tidak bertentangan dengan norma yang berlaku.


3. Menulis review produk dan jasa


Blog yang bagus banyak diincar oleh penjual produk dan jasa  mereka menawarkan kerjasama dengan pemilik blog dengna imbalan uang atau barang. Blogger bisa menulis review produk dan atau jasa mereka sesuai kesepakatan bersama. Kesepakatan ini meliputi syarat dan ketentuan penulisan atau pemasangan gambar dan besaran fee yang akan di terima. Pemilik produk atau jasa bisa berhubungan langsung dengan Blogger atau melalui agensi yang di tunjuk. Meskipun ada iing-iming uang atau melalui barang tetapi dalam menjalankan kerjasama tersebut blogger jangan sampai  kehilangan idealisme. Tetap tampilkan artikel yang menarik dan bermanfaat agar kredibilitas blogger tetap terjaga saya pernah menolak tawaran menulis review yang berkaitan dengan judi dan minuman keras.

Selain menulis review prouk dan jasa dalam negri para blogger juga dapat mengikuti hal serupa di situs mancanegara. Dulu saya sering menerima job dari situs luar negri, sesekali menulis review mendapat imbalan sekian USD yang berlangsung di kirim ke akun paypall. Sayangnya kebijkan mereka berubah fee dapat di nikmati setelah mencapai $100. Akhrinya saya memutuskan untuk tidak mengikuti job review situs itu lagi harap di ketahui bahwa jika menulis artikel harus berbahasa inggrias walau blognya sendiri berbahasa Indonesia.


4. Program afiliasi


Berbeda dengan penayang iklan, blogger yang mngikuti program afiliasi baru akan menaptkan fee jika ada produk yang terjual. Salah satu contonhya adala menjadi afiliasi dari Amazon.com, blogger membuat blog yang berisi produk yang di jual di Amazon, jika ada pengunjung yang klik link afiliasi yang di tanam pada artikel lalu dia membeli produk tersebut di Amazon maka blogger akan mendapatkan fee. Hasilnya baru dapat di ambil jika fee yang terkumpul sudah memenuhi jumlah tertentu untuk mengikuti afiliasi Amazon blognya harus berbahasa Inggris.


5. Menjual produk


Dengan memanfaatkan blog para blogger juga bisa menjual produk karyanya pasang saja produk tersebut di blog lengkapi dengan gambar, harga, dan cara memesannya namun lebih bagus lagi jika blogger membangun online store agar lebih tampak profesional produk tidak selalu berupa barang tetapi juga bisa berupa e-book, artikel tutorial, plugin, atau theme saya juga pernah membeli theme kepada blogger loch, untuk promosi sebaiknya ada juga e-book atau theme yang di berikan secara cuma-cuma.


6. Sesekali hadir dalam suatu acara brand dan aktif dengan berbagai kompetisi yang biasanya di adakan


Biasanya, brand kerap mengadakan lomba review usai acara, nah blogger bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menulis sebaik-baiknya, peserta yang ikutan juga tidak begitu banyak, sebanyak-banyaknya bisa 50 orang. Bahkan ada dalam suatu acara, cuma sekitar belasan blogger yang berhasil memenangkan review ini, biasanya jadi incaran brand terkenal. Mereka berkesempatan besar diunang lagi dalam suatu acara atau mendapatakn job review, atau bisa juga blogger menjadi di kasih job handling blogger kalau sewaktu-waktu bikin acara lagi, di tawari job mengurus sosial media dan sebagainya. Jadi, menghadiri acara brand itu berguna sekali untuk networking, dan wahana kia bersilahturahmi dengna teman-teman seperjuangan di ranah perbloggingan.

Itulah beberapa cara menjemput rezeki dengan memanfaatkan blog sekali lagi, kerja keras, ketekunan, kesabaran dan doa yang tak terputus-putus sangat di perlukan. Untuk mendapatkan penghasilan sebesar $2 dari Google Adsense saja mungkin memerlukan beberapa hari bahkan berminggu-minggu sebaiknya blogger membangun lebih dari satu blog seperti yang di lakukan oleh para blogger yang memonetize blognya tentu saja blog tersebut harus di promosikan dan optimimasi agar keberadaanya di dunia maya di perhitungkan orang dan mendapat posisi yang layak pada search engine result page ( SERP).

Selain menjemput rezeki dengan memanfaatkan blog, kita juga bisa memanfaatkan pengetahuan dan ketrampilan ngeblog untuk mendapatkan penghasilan tambahan, menyelenggarakan workshop, kursus online, menjadi pembicara di seminar, radio, televisi, membuat web, dan menulis artikel pesanan orang lain adalah cara yang bisa di lakukan oleh blogger.

Dalam menjemput rezeki tentu ada rambu-rambu yang wajib di perhatikan menghasilkan segala cara untuk mendapatkan uang, barang, atau ketenaran tentu sangat diak di anjurkan prinsipnya, lebih baik menjual martabak untuk mendapatkan martabat dari pada menjual martabat untuk mendapatkan martabak.

2 comments

avatar

Bagus artikelnya
Salam

avatar

terima kasih pak de salam sukses juga dari kangkomar pakdhe

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon