Komputer

Pengertian dan Definisi Komputer 


Halo sahabat kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu definisi dari  komputer ya masih membahas tentang komputer rasanya tidak etis jika kita tidak mengetahui asal-usul dari sebuah komputer oleh karena itu saya akan menjelaskannya kepada seluruh pembaca indo blog semoga artikel yang saya buat dapat bermanfaat bagi sahabat dan dapa menamabh ilmu sahabat tentnag sejarah komputer, jika saya salah dalam menjelaskan definisi tentang komputer mohon untuk di koreksi ya sahabat karena saya juga sama-sama masih belajar. Selamat membaca dan terima kasih telah berkunjung ke dalam blog saya ini sahabat.


Komputer



Kata komputer sendiri berasal dari bahasa yunani "Computare" yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata com berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan putare berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan Dalam bahasa inggris "To Compute" yang artinya menghitung.

Menurut Bamhart Concise Dictionary of Etymology yaitu kata computer sebagai kata unutk "orang yang menghitung" yang di gunakan dalam bahasa inggris pada tahun 1646. Kemudian pada tahun 1897 kata computer sebagai kata untuk "alat hitung mekanis". Dan secara umum definisi komputer pernah di pakai untuk mendifinisikan dengan menggunakan atau tidak menggunakan alaat bantu yang melakukan perhitungan aritmatika. Pada perang dunia ke II, kata komputer sendiri di pakai oleh para pekerja wanita inggris dan Amerika Serikat untuk menghitung jalan altileri. Perang menggunakan mesin hitung. Ada sebuah desain mesin hitung pertama kali yang di sebut dengan mesin analitikal yang di desain oleh Charles Babbage. Dan ada juga slide rule yang merupakan alat mesin sederhan yang bisa di katakan sebagai  komputer.

Definisi komputer secara luas adalah sistem pengolah informasi atau yang mengolah informasi. Ada juga pengeretian yang lainnya tentang komputer yang di apkai selama bertahun-tahun, dan ada juga beberapa kata yang mengandung arti komputer sehingga dalam pengertiannya terdapat pula seperti jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya. Slide rule dan semua komputer elektronik yang kontemporer.

Jadi komputer juga dapat di artikan sebagai "suatu perangkat elektronik atau sekumpulan perangkat elektronik yang bekerja secara otomatis, terintregrasi dan terkoordinasi yang dapat melakukan tuga-tugas tertentu (misalnya menerima, menyimpan, mengelola dan menyajikan data), di kendalikan serta di kontrol oleh instruksi atau program yang tersimpan di dalmnya (mesin).

Menurut pengertian di atas, komputer terdiri dari sekumpulan perangkat serta instruksi atau program yang dalam kenyataaanya satu sama lain tidak bisa di pisahkan, baik di antara perangkat (mesin) itu sendiri maupun antara mesin dengan instruksi atau program. Semuanya merupakan satuan yang saling bekerja sama dan saling tergantung satu sama lain. Karena itu komputer juga merupakan suatu sitem. 

Definisi komputer di atas sudah mewakili beberapa alat khusu yang hanya dapat memperhitungkan satu atau memiliki beberapa fungsi. Dengan pemograman yang benar, sehingga semua komputer dapat mengelola sifat apapun (biasanya di batasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda merupakan hal yang membedakan antara komputer modern) dengan komputer yang lebih awal. Dan di jamin mesin yang akan kita ciptakan dapat meniru alat perkomputerean pada masa depan, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dalam sebuah pengertian dan definisi komputer secara umum adalah alat yang istimewa yang lebih awal atau tes yang berguna mengenali komputer. Pengertian secara umum merupakan salah satu dari persayaratan bahwa komponen suatu mesin harus sama dengna mesin Turing universal. Mesin yang sama dengna Turinguniversal ini merupakan mesin yang di produksi pada tahun 1940 yang berada d  tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Dan mesin ini di kenal sebagai mesin Turing terlengkap. Untuk lebih jelasnya, lihatlah artikel sejarah komputer di bawah ini.

Ada beberapa komputer yang masih menggunakan arsitektur Von Neumann pada tahun 1940 yang di usulkan oleh John von Neuman. Ada beberapa definisi komputer dengan 4 bagian utama yang diarsitekturi oleh Von Neumann, yaitu alat masukan dan hasil (secara kolektif di namakan I/O), memori, unit kontrol dan unit Aritmatika dan login (ALU). Dan pada tahun 1940 teknologi pada komputer digital sudah berganti hingga menjadi lebih canggih lagi.


Komputer Pribadi


Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang banyak di ketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer selain komputer pribadi. Hnya orang-orang tertetnu saja yang memakkai istilah ini secara ekslusif untuk menunjukan istilah yang lebih spesifik dan tepat. Komputer pribadi di perkenalkan pertama kali di indonesia pada tahun 1980 oleh almarhum Eddy Liew, pendiri Dragon Computer & Communication melalui merek Sinclair yang berasal dari inggris.



Komputer Benam


Sekitar dua puluh (20) tahun yang lalu, banyak alat rumah tangga, khusunya panel dari permainan video juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumah tangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik seperti komputer yang memenuhi syarat Turing lengkap di atas (dengna catatan bahwa program dari alat ini seringkali di buat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu di ganti untuk mengubah program mesin). Maksud khusu komputer yang lain secara umum di kenal sebagai "mikrokontoler" atau "komputer benam" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, dari pada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan dapat di ubah untuk berbagai maksud oleh mini komputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.

Demikianlah definis komputer yang dapat saya jelakan untuk sahabt setia indo blog semoga kalian dapat menambah ilmu pengetahuan sahabat setalah membaca artikel yang saya buat dan apabila ada kritik dan saran atau saya salah dalam mengartikan definisi dari sebuah komputer silahkan masukan kritik dan saran kalian di kolom komentar di bawah ini terima kasih dan sampai berjumpa di lain kesempatan sahabat.

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon