Apa itu Blog, Fungsi Blog, Sejarah Blog, Cara Membuat Blog

Blog adalah bentuk aplikasi web, pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat di akses secara online yang memiliki fungsi utama memuata tulisan-tulisan dan gambar ( di muat dalam posting) paa setiap halaman web. Blog biasanya di kella oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) di buat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.



Fungsi Blog




Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam postingan, dalam perkembangan sekarang, blog bisa di gunakan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpaang di blog, untuk dapat menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung atau visitor.


Sejarah Blog


Media blog pertama kali di populerkan oleh Blogger.com, di miliki oleh perusahaan Pyra Labs yang di sebarluaskan pada agustus 1999. Karena kepopulerannya tersebut, Pyra Labs akhirnya di akusisi oelh pihak Google pada akhir tahun 2002, semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat open source yang di peruntukan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Cara Membuat Blog


Langkah awal sebelum membuat blog, sahabat harus memiliki surat elektronik (Email) Email di butuhkan saat sahabat hendak mendaftar blog baru nantinya, jika sahabat belum mempunyai email, sahabat bisa membuatnya di situs penyedia email gratis saya sarankan sahabat membuat email Gmail supaya mudah dan banyak sekali keuntungan ketika kita menggunakan dan mempunyai email Gmail sendiri.

Untuk memudahkan sahabat dalam membuat email, saya telah menulis artikel tentang bagaimana cara membuat email Gmail dengan mudah dan cepat silahkan baca cara membuat email gmail hanya 5 menit.

Banyak penyedia blog gratis, seperti Blogdetik.com, tumblr.com, weeby.com, dan banyak lainnya, platform blog yang paling populer saat ini adalah Blogger.com dan Wordpress.com karena kemudahan dan fitur yang di tawarkan oleh penyedia blog tersebut.


Saya akan memberikan contoh tutorial bagaimana cara membuat blog gratis di Blogger, unutk mendaftar di Blogger.com, mengharuskan sahabat unutk menggunakan email Gmail sebagai alaamt email, hal   tersebut karena Blogger dan Gmail adalah satu jaringan milik perusahaan Google. Dengan sahabat memiliki akun email Gmail, itu berarti sahabat sudah mempunyai akun Google yang terintegrasi dengan berbagai produk Google, sahabat tinggal masuk ke email Gmail sahabat yang telah sahabat buat tadi.

1. Langkah pertama silahkan kunjungi http://www.blogger.com

2. Log in menggunakan email Gmail dan Password yang telah sahabat buat, kemudian klik masuk, Setelah masuk sahabat akan di arahkan pada halaman Dasbor Blogger.
3. Pada halaman Dasbor Blogger, sahabat dapat segera untuk membuat blog baru di Blogger dengan klik tombol Blog baru.
4. nanti akan muncul jendela halaman untuk mendaftar blog baru, seperti pada tampilan berikut.



5. Isi kolom pendaftaran yang tersedia, Judul isi dengan judul blog yang sahabat inginkan, misal indo blog", Alamat isi dengan alamat blog yang sahabat inginkan misalnya, "indoblog.blogspot.com", Template, pilih template blog yang sahabat inginkan.

6. Setelah itu klik buat blog, maka blog sahabat telah di buat dan siap untuk di gunakan.

Sahabat juga dapat membuat blog di berbagai platform dengan menggunakan alamat email sahabat, seperti wordpress.com dengan mendaftar dan mengisi data lengkap yang di perlukan.




Keunggulan Menggunakan Blogspot


1. Tidak membutuhkan keahlian HTML

Di blogger / blogspot semuanya serba mudah, di sana juga terdapat banyak sekali master dari blogging. Master-master terebut akan membantu sahabat dalam urusan template dan juga akan membantu semua pertanyaan yang selama ini mengganjal di dalam hati sahabat. Blogger telah di desain agar sangat mudah untuk di kelola bahkan oleh orang yang sama sekali tidak mengenal kode pemrograman HTML maupun css. Yang perlu sahabat lakukan hanya menulis membuat artikel. Sedangkan untuk html dan templatenya sudah tersedia banyak seklai pilihan yang beragam. Tidak cukup sampai di sini jika sahabat mencari template lain dengan berselancar ke google atau situs mesin pencari lainnya memiliki sebuah blog di blogger ibarat kata memiliki sebuah situs, perbedaanya adalah blogger itu gratis dan bisa di miliki semua orang.

2. Mudah di gunakan ( User Friednly)

Berbeda dengan platform blog lain dengan blogger semuanya akan bisa sahabat lakukan dengan mudah, saat membuat bloga sahabat bisa mengatur apakah blog shaabat bisa di temukan mesin pencari, mengatur judul blog sahabat, memilih tempalte, membuat artikel, mengisi dskripsi blog dan bahkan sahabat masih memiliki pemikiran alamat bog baru yang lebih baik. Semua itu bisa sahabat lakukan dengan mudah dan tanpa harus menggunakan kode HTML atau kode lain yang sangat sulit bagi orang awan seperti kita.

3. terintegrasi dengan Google Adsense

Seperti halnya yang telah kita keetahui bahwa untuk memiliki sebuah akun adsense kita harus memiliki sebuah situs maupun blog dengan TLD ( Top Level Domain), Pernyataan tersebut tidak berlaku jika sahabat memiliki sebuah blog dengan subdomain blogspot.com, dengan memiliki sebuah blog di blogger sahabat bisa ikut berpartisipasi dalam adsense kemudian mendaftarkan blog sahabat tanpa harus membeli domain terlebih dahulu. Bayangkan jika shabat harus membeli domain untuk adsense, jika akun tersebut di terima oleh adsense rasanya hal tersebut tidak akan menjadi maslah namun seumpama jika sudah membeli domain namun akun tetap di tolak, lantas rugilah kita telah membeli domai tersebut.

4. Di lengkapi dengan JavaScript

Sahabat ingin memiliki sebuah blog gratis yang memberikan kebebasan kepada sahabat untuk urusan tampilan? Blogspotlah jawabanya. Di blogger semua penggunanya di beri kebebsan untuk memasang javascript dalam blog masing-masing, sahabat tentunya pernah melihat sebuah blog yang menampilkan iklan dengan tombol close, nah hal tersebut bisa di laksankan berkat JavaScript, jika sahabat ingin memiliki sebuah blog yang bisa sahabat modifikasi layaknya sebuah situs yang sangat tekenal sahabat bisa mencoba blogspot.com, kemudian carilah beberapa tempalte di internet yang menurut sahabat paling bagus karena tersedia banyak sekali template blogspot di internet.

5. Di perbolehkan memasang iklan

Untuk bisa memasang iklan di blog spot yang sahabat miliki, sahabt tidak memerlukan sebuah akun premium terlebih dahulu. Di blog spot semua akun itu sama dan semuanya di perlakukan dengan sama pula. Jika sahabat menganggap trafik blog sahabat sudah lumayan banyak dan layak untuk di tempati iklan sahabat bisa menempatkan iklan di blog sahabat. sahabat tidak perlu khawatir, tidak akan ada penghapusan blog karena menang blogspot mengijinkan adanya iklan di blog teruslah buat artikel yang bermutu dan dapatkan penghasilan tambahan memalui iklan di blog sahabat.

6. Dapat berganti domain dengan mudah

Ketika sahabat merasa sebuah perubahan alamat blog ke domain tingkat tertinggi (TLD) seperti.com sudah di perlukan sahabt bisa dengan mudah melakukannya, bahkan blogger juga menyediakan tempat bagi sahabat untuk membeli domain kemudian akan secara otomatis terintegrasi dengan blog yang sahabat miliki. Jadi sahabat hanya perlu membeli domain kemudian domain tersebut secara otomatis akan di hubungkan dengan blog sahabat, sahabat tidak perlu mengatur DNS dan segala macam lainnya yang menurut saya sangat mebingungkan dan menjengkelkan. Tinggal beli domain dengan harga yang terjangkau kemudian alamat blog sahabat akan segera berubah menjadi domain yang sahabat ingingkan.

7. Sangat Aman

Pernah dengar dengna situs yang terserang DdosAttack? jika sahabat menggunakan blogspot sahabat tidak akan pernah mengalmai hal tersebut. Kalaupun sahabat pernah mengalaminya dengan segera para profesor ahli Google akan segera memperbaikinya. Sebuah blog yang di kelola oleh raksasa internet Google sepertinya cukup sulit unutk di musnahkan oleh hacker, bahkan Google dengan lantang berani mengatakan bahwa siapa yang bisa menemukan celah keamanan situs Google maka dia akan di bayar dengan bayaran yang tidak sedikit.

Demikianlah penjelasaan saya tentang apa itu blog semoga dapat bermanfaat bagi sahabat yang sedang mencari tahu apa arti dari blog tersebut, kritik dan saran sangat saya harapkan untuk kemajuan kualitas blog saya kedepannya sampai jumpa dan terima kasih telah berkunjung ke dalam blog saya.


1 comments:

avatar

informasi yang menambah wawasan min...
power supply 15v 2a

Terima kasih sudah mau memberikan komentar anda :v

Maaf jika loading kolom komentar sedikit lama karena masalah kode css yang belum terpecahkan oleh kangkomar.net sekali lagi mohon maaf

A. Jangan malu untuk menyatakan pendapat.
B. Terima kasih jika sahabat mau berkomentar dengan baik.
EmoticonEmoticon